Pengaruh Konsumsi Buah Terhadap Perkembangan Kognitif Janin

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020
Bagikan sekarang

Perkembangan janin di dalam kandungan tentu sangat bergantung pada setiap makanan yang ibu konsumsi. Agar janin bisa tumbuh dengan baik, dibutuhkan asupan makanan dengan gizi yang seimbang. Salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan oleh dokter adalah buah-buahan. Menurut sebuah penelitian, rutin konsumsi buah saat hamil akan membantu perkembangan kognitif otak pada janin.

Buah-buahan dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada janin

konsumsi buah kognitif janin
Sumber: Educate Truth

Sebuah studi lanjutan dari penelitian oleh tim dari Universitas Alberta yang telah dilakukan pada tahun 2016 memaparkan ibu hamil yang makan lebih banyak buah dapat mempercepat perkembangan kognitif pada janin yang dikandungnya.

Pada studi sebelumnya, ditemukan bahwa konsumsi buah saat hamil dapat mempengaruhi kemampuan kognitif bayi hingga satu tahun setelah kelahiran.

Meski temuan tersebut menjadi kabar baik, sayangnya penelitian belum menunjukkan keunggulan konsumsi buah untuk perkembangan kognitif janin secara spesifik jika dibandingkan dengan makanan lainnya.

Oleh karena itu, penelitian lanjutan pun dilakukan untuk memastikan pengaruh buah terhadap keadaan kognitif janin.

Penelitian dijalankan dengan melakukan uji coba pada sekumpulan tikus hamil. Hasilnya, tikus-tikus yang lahir dari induk yang diberi asupan jus sari buah menunjukkan performa yang lebih baik pada tes memori.

Asam folat pada buah berpengaruh pada perkembangan otak janin

Anda tentunya sering mendengar anjuran pada ibu-ibu hamil untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat. Ternyata, manfaat buah untuk membentuk otak janin juga tak lepas dari kandungan asam folatnya.

Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang larut dalam air, zat ini memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan janin.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika merekomendasikan ibu hamil untuk meminum dosis harian suplemen asam folat selama setidaknya satu bulan penuh pada awal kehamilan.

Hal ini dilakukan karena trimester pertama adalah masa paling penting yang akan berpengaruh terhadap perkembangan janin ke depannya.

asam folat

Beberapa manfaatnya antara lain membentuk sel darah merah dan mencegah cacat lahir pada bayi. Tidak hanya baik untuk ibu hamil, asam folat yang bisa ditemukan dalam buah juga dapat melindungi kesehatan tubuh dari berbagai penyakit seperti beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Begitu juga dengan pembentukan kognitif pada janin. Produksi sel darah merah yang baik nantinya akan membantu tabung syaraf bayi untuk berkembang ke otak dan sumsum tulang belakangnya.

Kurangnya asupan folat bisa saja menimbulkan masalah ketika anak tumbuh seperti kelainan pada sistem metabolisme, keterlambatan kognitif, serta masalah perilaku dan psikologis.

Hal ini didukung dengan sebuah penelitan di Belanda yang menunjukkan bahwa anak-anak usia antara enam sampai delapan tahun dari seorang ibu yang kekurangan asupan folat saat hamil memiliki volume otak yang lebih kecil dan mendapat skor lebih rendah pada tes bahasa dan visual.

Buah yang baik untuk perkembangan otak janin

Semua buah sebenarnya sama baiknya dalam menjaga kesehatan dan membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Namun, ada beberapa buah yang berkhasiat lebih baik dalam mendukung perkembangan kognitif janin yang sebaiknya Anda konsumsi, berikut di antaranya:

  • Jeruk. Tidak hanya menjadi sumber vitamin C yang baik, buah jeruk ternyata mengandung folat yang akan mencegah cacat tabung saraf yang dapat menyebabkan kelainan otak.
  • Alpukat. Buah alpukat mengandung colin, sebuah komponen yang masih berhubungan dengan folat dan vitamin B kompleks. Komponen ini memiliki peran penting dalam perkembangan otak dan saraf bayi.
  • Bluberi. Dikenal dengan kandungan antioksidannya, jika dikonsumsi dengan cukup buah bluberi akan melindungi jaringan otak janin dari kerusakan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 42 Minggu

Kini usia kehamilan Anda sudah memasuki usia 42 minggu. Bagaimana perkembangan janin 42 minggu kehamilan? Cari tahu semua informasinya di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Perkembangan Janin, Kehamilan November 2, 2018

Di Dalam Kandungan, Bisakah Janin Kedinginan Atau Kepanasan?

Mandi air panas memang dapat membuat tubuh ibu hamil jadi lebih rileks. Namun katanya, tubuh yang kepanasan saat hamil juga bikin janin kepanasan. Benarkah?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri
Perkembangan Janin, Kehamilan Oktober 27, 2018

Tahap Perkembangan Janin Dalam Kandungan di Setiap Minggu Sampai Hari Kelahiran

Bagaimana perkembangan janin di dalam kandungan setiap minggunya? Berikut penjelasan seputar perkembangan bayi di dalam kandungan yang perlu diperhatikan.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M

Calon Ayah, Sering-Sering Ajak Bayi Bicara Sejak di Dalam Kandungan, Yuk! Ini Dia Manfaatnya

Bayi sudah bisa mendengar suara dari sekitarnya sejak dalam kandungan. Itu kenapa penting bagi ayah mengajak bayi bicara terus. Apa manfaatnya?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri

Direkomendasikan untuk Anda

pergerakan janin

Cara Mengenali dan Menghitung Pergerakan Janin dalam Kandungan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang April 25, 2020
mencegah autisme saat hamil

Bisakah Mencegah Autisme Sejak Anak dalam Kandungan?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang April 2, 2020
buah untuk perkembangan janin

Konsumsi Buah Selama Kehamilan Memengaruhi Perkembangan Otak Janin

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal tayang Maret 29, 2020
janin melihat cahaya

Janin Sudah Bisa Melihat Cahaya Sejak Trimester Ketiga

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu
Tanggal tayang Januari 14, 2020