7 Manfaat Makan Buah Kiwi Saat Hamil yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/03/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kehamilan merupakan suatu hal yang menarik. Menunggu kedatangan si buah hati, tentunya Anda sebagai orang tua akan mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik untuk kesehatan si kecil. Bukan hanya itu saja, asupan gizi ibu juga menjadi hal yang sangat diperhatikan. Untuk meningkatkan kesehatan Anda selama masa kehamilan dan janin, rutin makan kiwi saat hamil ternyata memberikan banyak manfaat bagi ibu dan janin yang dikandung.

Anda dapat makan kiwi saat hamil dengan kulitnya sama seperti apel, tetapi kebanyakan orang lebih memilih untuk memotongnya setengah kemudian langsung menyendokkan isi buahnya saja. Atau alternatif lain dapat dengan mengupas kulitnya dan memotong irisan buahnya.

Bagaimana pun cara Anda makan kiwi saat hamil, yang lebih penting adalah mencuci kiwi sebelum mengonsumsi. Karena pada kulit kiwi terdapat berbagai macam bakteri atau bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu perkembangan janin.

Apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah kiwi?

Siapa yang tidak tahu buah kiwi? Buah yang satu ini merupakan salah satu buah dengan banyak kandungan nutrisi. Berikut adalah daftar kandungan nutrisi buah kiwi yang baik untuk kesehatan kandungan calon ibu.

1. Asam folat

Asam folat merupakan salah satu tipe vitamin B (B9) yang penting dalam perkembangan sistem saraf dan pertumbuhan sel. Kurangnya konsumsi folat selama masa kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir, seperti spina bifida.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, wanita hamil direkomendasikan mengonsumsi 400 mikrogram asam folat per harinya. Konsumsi folat sebaiknya dimulai satu bulan sebelum hamil sebagai pencegahan kecacatan pada otak dan tulang belakang bayi. Nah, buah kiwi ternyata merupakan sumber asam folat yang alami dan aman dikonsumsi.

2. Vitamin C

Vitamin C juga memiliki peranan penting selama masa kehamilan. Ini karena vitamin C bisa meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus memicu produksi kolagen, yaitu protein yang menjaga kulit tetap lentur dan kenyal. Ibu membutuhkan kolagen dan vitamin C untuk mencegah selulit pada perut ibu.

Kiwi adalah salah satu sumber vitamin C yang baik. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas dan memiliki efek antimikroba sehingga mencegah pertumbuhan bakteri, virus, ataupun parasit.

3. Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang penting untuk pembekuan darah dan mempercepat penyembuhan luka. Berdasarkan MedlinePlus, vitamin ini juga memiliki peranan dalam menjaga kekuatan tulang.

Mengonsumsi vitamin K yang cukup selama masa kehamilan sangat penting karena perdarahan akan sering terjadi selama proses melahirkan. Kehilangan darah yang berlebihan karena lamanya waktu pembekuan dapat membahayakan nyawa.

4. Gula alami

Kiwi memiliki komponen gula alami yang membantu mengendalikan keinginan Anda akan makanan manis yang tidak sehat. Dengan indeks glikemik yang rendah, kiwi tidak menyebabkan terjadinya lonjakan insulin. Mengendalikan gula darah merupakan hal yang penting, mengingat banyak kasus diabetes gestasional selama kehamilan.

5. Baik untuk pencernaan

Sebagai ibu yang sedang hamil, tentunya Anda mengetahui bahwa sembelit (susah buang air besar) dan wasir sering terjadi selama masa kehamilan. Kiwi merupakan sumber prebiotik yang baik. Prebiotik mengandung enzim, serat, dan komponen phenolic. Sehingga mengonsumsi kiwi baik untuk mencegah konstipasi, diare, maag, mual, dan nyeri perut.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kiwi kaya akan antioksidan, yang membantu melindungi DNA dan RNA janin dari bahaya. Antioksidan ini bertugas melawan radikal bebas dalam tubuh dan mampu melawan penyakit sehingga ibu hamil dan bayinya akan tetap sehat. Antioksidan juga memiliki fungsi untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, khasiat ini jadi satu alasan lagi untuk makan kiwi saat hamil.

7. Penyeimbang hormon

Kadar hormon yang naik turun sering terjadi selama masa kehamilan. Suatu saat Anda merasa sangat emosional dan meledak-ledak, tapi tiba-tiba Anda menjadi tenang seketika. Gejolak emosi ini disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang.

Depresi, lelah, dan stress tidak baik untuk ibu yang sedang hamil. Makan kiwi saat hamil dapat mengatasi masalah tersebut karena kiwi punya khasiat menyeimbangkan hormon pada ibu hamil.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Akibatnya pada Janin Jika Ibu Merokok Saat Hamil?

Merokok saat hamil adalah ancaman nomor satu untuk kesejahteraan anak. Ada hubungan antara ibu perokok dan anak berbibir sumbing. Masih kurang seram?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kehamilan & Kandungan, Perkembangan Janin, Kehamilan 31/05/2020 . Waktu baca 8 menit

Benarkah Bahan Kimia Kosmetik Tingkatkan Risiko Autisme pada Janin?

Studi temukan bahwa bahan kimia tertentu dalam kosmetik bisa meningkatkan risiko autisme. Namun, benarkah demikian? Yuk, baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gangguan Saraf, Health Centers 28/05/2020 . Waktu baca 3 menit

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Bukanlah hal yang mustahil jika Anda ingin segera kembali hamil setelah mengalami keguguran, tapi ketahui dulu beberapa hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesuburan, Kehamilan 18/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 9 menit
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit
tanda istri hamil

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 6 menit