home
close

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Optimalkan Program Hamil Ibu dan Ayah dengan Konsumsi Asam Folat

Optimalkan Program Hamil Ibu dan Ayah dengan Konsumsi Asam Folat

Asupan nutrisi untuk si Kecil yang sehat perlu direncanakan sebelum masa kehamilan. Ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan janin yang sehat. Perencanaan tersebut memastikan Ibu dan Ayah menjaga dan memberikan asupan nutrisi penting yang masuk ke dalam tubuh, terutama asam folat, selama program hamil.

Asam folat perlu dikonsumsi Ibu dan Ayah, sehingga mendukung pembentukan DNA yang sehat pada janin. Yuk, ketahui apa peran asam folat dalam program kehamilan Ibu dan Ayah.

Pentingnya asam folat bagi Ayah untuk program hamil

asam folat untuk program hamil

Ayah dan Ibu memiliki andil yang sama besar dalam menentukan masa depan janin, sebelum memasuki masa kehamilan. Masa depan janin ditentukan dari nutrisi yang Ayah konsumsi sekarang.

Asam folat merupakan salah satu bentuk vitamin B yang penting dalam mengurangi risiko bayi cacat lahir. Dalam masa program hamil, asam folat berperan penting untuk mendukung kesehatan sperma. Sperma yang sehat dapat memberikan kualitas DNA yang baik bagi perkembangan janin.

Terdapat hubungan erat antara pola diet pria dengan kualitas sperma mereka. Suplementasi asam folat memegang peranan penting dalam menjaga kualitas sperma. Kualitas sperma dinilai dari pergerakan, bentuk, dan jumlah sperma pada pria.

Sementara itu, dalam laman National Health Service (NHS) UK, dikatakan bahwa konsumsi asam folat secara signifikan dapat mengurangi abnormalitas sperma atau sel sperma yang tidak sehat pada pria.

NHS memaparkan sebuah hasil penelitian bahwa konsumsi tinggi asam folat dapat mengurangi 19% kemungkinan abnormalitas sperma dibandingkan konsumsi asam folat dalam jumlah moderat. Dengan catatan, pria dalam kondisi sehat dan tidak merokok.

Ketika Ayah mempersiapkan dirinya dengan asupan tinggi asam folat, berarti ia juga turut meminimalkan risiko berikut pada janin:

  • Sindrom tiga X, kelainan genetik karena lebihnya kromosom X. Hal ini bisa menghambat perkembangan anak belajar, melakukan aktivitas fisik karena mengalami lemah otot.
  • Peluang Down Syndrome, kelainan genetik karena adanya kelebihan kromosom 21. Ini mengakibatkan anak mengalami kesulitan belajar.

Lalu, berapa banyak asam folat yang perlu dikonsumsi Ayah? Ayah perlu mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram atau 0,4 mg asam folat untuk program hamil.

Nah, kini Anda sudah tahu bahwa peran Ayah juga tak kalah penting untuk program hamil ini. Selanjutnya, cari tahu pentingnya asam folat dikonsumsi Ibu sebelum masa kehamilan.

Konsumsi asam folat bagi Ibu dalam perencanaan kehamilan

makanan yang mengandung asam folat
Saat menjalankan program hamil, Ibu juga perlu mengonsumsi asam folat untuk membantu pembentukan neural tube yang merupakan bagian dari sistem saraf pusat.
Kurangnya asam folat dapat mengembangkan risiko cacat lahir, seperti:

Spina bifida, ketika tulang belakang dan saraf tulang belakang tidak terbentuk sempurna

  • Anencephaly, otak belum berkembang sempurna
  • Encephalocele, ketika jaringan otak menonjol ke luar kulit melalui lubang tengkorak
  • Namun, kondisi ini masih dapat dicegah dengan asupan tinggi asam folat saat persiapan hingga pada masa kehamilan.

    Untuk konsumsi asam folat, sebaiknya dilakukan paling tidak tiga bulan (saat promil) hingga 12 minggu pada masa kehamilan. Namun, pada masa kehamilan pun asam folat juga tetap dibutuhkan untuk bantu perkembangan si kecil di dalam kandungan.

    Asam folat harian yang perlu dikonsumsi setidaknya 400 mikrogram setiap harinya selama perencanaan kehamilan. Ibu dan Ayah juga bisa berkonsultasi ke dokter kandungan mengenai perencanaan diet asam folat untuk perencanaan kehamilan.

    Makanan tinggi asam folat untuk program hamil

    vitamin b9 asam folat

    Ayah dan Ibu tak perlu bingung, asam folat mudah ditemukan dari makanan sehari-hari. Berikut makanan yang mengandung asam folat:

    • sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, kubis, bayam
    • buncis
    • jeruk
    • beras merah

    Selain dari makanan, Ibu dan Ayah juga bisa mengonsumsi asam folat melalui suplemen. Namun, sebelumnya baca terlebih dulu aturan minum dalam label kemasan.

    Agar mengonsumsi suplemen kehamilan tidak membosankan, calon Ibu bisa memilih susu kehamilan yang diperkaya dengan kandungan nutrisi lengkap makro dan mikro seperti asam folat, omega 3 & 6, kalsium, zat besi, dan vitamin D3 dengan rasa susu yang enak dan bisa diminum hangat maupun dingin.

    Jangan lupa untuk terus mengedukasi diri tentang nutrisi penting lain selama program hamil, supaya janin tumbuh dengan sehat. Asam folat ibarat fondasi yang akan menentukan perkembangan janin ke depannya. Semoga janin Ibu terus bertumbuh dengan baik, ya!

    Kalkulator Masa Subur

    Kalkulator Masa Subur

    Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

    Kalkulator Masa Subur

    Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

    Kalkulator Masa Subur

    Berapa lama siklus haid Anda?

    (hari)

    28

    Berapa lama Anda haid?

    (hari)

    7

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Planning your pregnancy. (2020). Retrieved 29 July 2020, from https://www.marchofdimes.org/pregnancy/planning-your-pregnancy.aspx#:~:text=Planning%20your%20pregnancy%20can%20help,regular%20prenatal%20care%20during%20pregnancy

    Tommy’s – Folic acid in pregnancy. (2020). Retrieved 29 July 2020, from https://www.tommys.org/pregnancy-information/im-pregnant/nutrition-pregnancy/supplements-pregnancy/folic-acid-pregnancy

    Folic Acid and Pregnancy (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2020). Retrieved 29 July 2020, from https://kidshealth.org/en/parents/preg-folic-acid.html

    Why do I need folic acid in pregnancy?. (2018). Retrieved 29 July 2020, from https://www.nhs.uk/common-health-questions/pregnancy/why-do-i-need-folic-acid-in-pregnancy/#:~:text=Some%20women%20will%20be%20advised,have%20a%20neural%20tube%20defect

    Mortensen, J., Øyen, N., Nilsen, R., Fomina, T., Tretli, S., & Bjørge, T. (2018). Paternal characteristics associated with maternal periconceptional use of folic acid supplementation. BMC Pregnancy And Childbirth18(1). doi: 10.1186/s12884-018-1830-1

    The Benefits of Folic Acid for Dad | Folic Acid Coalition. (2020). Retrieved 29 July 2020, from https://vitaminforlife.org/benefits-folic-acid-dad

    Folic acid ’boosts sperm’. (2017). Retrieved 29 July 2020, from https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/folic-acid-boosts-sperm/

    FOLIC ACID BENEFITS FOR MEN | Folic Acid Coalition. (2020). Retrieved 29 July 2020, from http://vitaminforlife.org/folic-acid-benefits-men#:~:text=Folic%20Acid%20helps%20the%20body,acid%20homocysteine%20in%20the%20body

    Young, S., Eskenazi, B., Marchetti, F., Block, G., & Wyrobek, A. (2008). The association of folate, zinc and antioxidant intake with sperm aneuploidy in healthy non-smoking men. Human Reproduction23(5), 1014-1022. doi: 10.1093/humrep/den036

    Folic Acid: What Foods Have it?. (2012). Retrieved 29 July 2020, from https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/folic-acid/

    Reference, G. (2020). Triple X syndrome. Retrieved 29 July 2020, from https://ghr.nlm.nih.gov/condition/triple-x-syndrome

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 18/11/2020
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
    x