9 Camilan untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan, Coba Yuk!

    9 Camilan untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan, Coba Yuk!

    Beragam cara dilakukan untuk membantu mengatasi mual pada ibu hamil termasuk makan camilan. Ya, memasuki trimester pertama atau usia awal kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami morning sickness. Lantas, camilan apa saja yang cocok dikonsumsi ibu hamil untuk mengatasi mual? Simak selengkapnya berikut ini.

    Rekomendasi camilan untuk ibu hamil yang sehat dan lezat

    Camilan untuk ibu hamil yang menyehatkan tentu harus mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

    Nah, Anda tidak perlu bingung lagi, simak rekomendasi camilan sehat saat hamil melalui pembahasan berikut ini.

    1. Yoghurt

    yoghurt untuk ibu hamil

    Apakah Anda mengonsumsi yoghurt selama hamil? Jika tidak, Anda mulai bisa membiasakan diri untuk makan yoghurt.

    Mengapa? Karena yoghurt bisa dijadikan sebagai camilan yang menyehatkan untuk membantu ibu hamil mengatasi mual.

    Kandungan probiotik dalam yoghurt akan berfungsi untuk mengatasi masalah bakteri yang tidak seimbang dalam usus.

    Yoghurt dapat membantu mengatasi masalah mual karena bakteri baik di dalamnya mampu menenangkan perut yang terasa mual dan gampang muntah.

    Namun, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi jenis yoghurt yang alami dan organik.

    Hindari mengkonsumsi yoghurt yang sudah mengandung gula atau pemanis agar Anda bisa sepenuhnya mendapatkan manfaat yoghurt saat hamil.

    2. Kacang almond

    Kacang almond bisa menjadi camilan yang sangat sehat dan menjadi makanan pencegah mual untuk ibu hamil muda, terutama pada pagi hari.

    Salah satu jenis kacang-kacangan ini mengandung protein nabati yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah ibu hamil merasa lemas.

    Kandungan riboflavin dalam kacang almond sangat baik untuk membantu mengatasi mual dan membantu ibu hamil agar tidak mengalami stres berlebihan selama kehamilan.

    Almond juga mengandung vitamin E yang akan membantu pembentukan sel kulit dan rambut pada bayi.

    Sementara kandungan kalsiumnya dapat meningkatkan pembentukan jaringan tulang dan gigi pada bayi.

    3. Apel hijau

    Apel hijau memiliki banyak serat dan vitamin C yang membantu kesehatan pencernaan, mencegah konstipasi, dan meningkatkan kekebalan atau sistem imun tubuh.

    Manfaat inilah yang membuat apel hijau dipercaya bisa mengatasi mual saat hamil.

    Kandungan air di dalam apel dapat membantu Anda mencegah dehidrasi dan lesu karena mual dan muntah yang dialami ibu hamil muda.

    Anda bisa menjadikan apel sebagai camilan untuk ibu hamil muda dengan memotongnya kecil-kecil seperti dadu.

    4. Biskuit

    Anda bisa memilih biskuit yang tinggi karbohidrat untuk mengatasi mual Anda di pagi hari. Selain itu, untuk mengembalikan tenaga Anda usai mengalami mual dan muntah.

    Makan camilan biskuit yang tinggi karbohidrat dapat membantu menyerap asam di lambung dan meredakan mual di perut Anda.

    5. Labu

    khasiat labu kuning untuk menurunkan berat badan

    Labu mungkin tidak terlalu disukai oleh ibu hamil karena rasanya yang tawar. Namun, buah labu bisa menjadi salah satu camilan untuk ibu hamil muda yang mengalami mual di awal kehamilan.

    Pasalnya, kandungan magnesium yang cukup tinggi dinilai sangat baik untuk mengatasi mual yang sering terjadi di awal kehamilan.

    Magnesium bekerja dengan cara meningkatkan sirkulasi darah untuk mengatasi perubahan hormon.

    Selain itu, buah labu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Anda bisa mencoba membuat camilan ini dengan cara merebusnya dan dicampur dengan agar-agar.

    6. Cokelat

    Cokelat termasuk dalam pilihan camilan saat ibu hamil. Camilan ini sangat aman dikonsumsi sebagian besar ibu hamil dalam jumlah yang sedang atau secukupnya.

    Faktanya, ada beberapa bukti bila makan cokelat selama kehamilan dapat menurunkan risiko preeklamsia dan hipertensi gestasional.

    Mengutip Baby Center, sebuah studi mengungkapkan bahwa makan sedikit cokelat (dark chocolate) setiap hari mulai trimester pertama dapat meningkatkan aliran darah ke janin.

    Dalam penelitian itu juga disebutkan jumlah konsumsi cokelat yang dianjurkan, yakni sekitar satu ons atau kira-kira setara seperempat batang cokelat atau 54 keping cokelat per hari.

    Penting untuk membatasi konsumsi cokelat pada ibu hamil.

    Hal itu dikarenakan, kandungan cokelat yang cenderung tinggi gula dan kalori sehingga bisa berkontribusi pada kenaikan berat badan yang tidak sehat.

    7. Alpukat

    Alpukat memang dikenal kaya nutrisi sehingga dapat dijadikan pilihan camilan untuk ibu hamil.

    Kandungan nutrisi yang tinggi, seperti folat dan potasium, sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

    Selama kehamilan, Anda membutuhkan sekitar 600 mcg asam folat. Sementara itu, satu buah alpukat menyediakan hampir sepertiga dari asupan folat harian yang dibutuhkan.

    Kekurangan asupan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang janin. Tentunya, Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

    Anda bisa perbanyak makan buah alpukat untuk memenuhi kebutuhan asam folat.

    8. Edamame

    Edamame termasuk jenis kacang-kacangan yang diyakini sebagai salah satu sumber serat dan protein yang baik dikonsumsi ibu hamil.

    Menambah konsumi edamame dalam asupan sehari-hari dapat membantu menghindari potensi bayi cacat lahir.

    Pastikan Anda telah mencuci edamame dengan bersih supaya bisa mengonsumsinya dengan aman.

    Jika tidak, akan meningkatkan kemungkinan risiko terkena toksiplasmosis atau semacam bakteri yang dapat membahayakan janin.

    9. Telur rebus

    cara merebus telur

    Kehamilan memang dapat meningkatkan kebutuhan nutrisi seorang wanita secara signifikan.

    Nah, berkat kepadatan nutrisinya, telur bisa dijadikan pilihan camilan yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan untuk ibu hamil.

    Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, kuning telur adalah sumber kolin yang sangat penting untuk perkembangan otak bayi Anda.

    Penting untuk memastikan memasak telur rebus hingga matang menyeluruh dengan suhu sekitar 71 derajat Celsius.

    Penting untuk diingat

    Sebisa mungkin, Anda memilih camilan yang sehat saat hamil. Hal itu dilakukan semata-mata bukan hanya untuk kesehatan Anda selama masa kehamilan, tetapi juga untuk kesehatan si Kecil yang ada di dalam kandungan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    5 snack foods to eat while pregnant. (2021, October 29). Johns Hopkins Medicine, based in Baltimore, Maryland. Retrieved 17 October 2022, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/5-snack-foods-to-eat-while-pregnant

    10 healthy snacks for pregnancy. (2016, April 12). BabyCenter. Retrieved 17 October 2022, from https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/10-healthy-snacks-for-pregnancy_10396237

    Miles, K. (2015, October 8). Is it safe to eat a lot of chocolate during pregnancy? BabyCenter. Retrieved 17 October 2022, from https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/is-it-safe-to-eat-a-lot-of-chocolate-during-pregnancy_1245156#:

    Eating eggs during pregnancy: What you should know. (2017, September 25). Australian Eggs. Retrieved 17 October 2022, from https://www.australianeggs.org.au/nutrition/pregnancy

    Healthy foods for your first trimester: Photos. (2013, September 5). BabyCentre UK. Retrieved 17 October 2022, from https://www.babycentre.co.uk/l25007445/healthy-foods-for-your-first-trimester-photos

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Adhenda Madarina Diperbarui Oct 21
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto