home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik untuk Fitness

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik untuk Fitness

Saat Anda berolahraga, apakah Anda ingin melacak kemajuan Anda, atau hanya melakukan gerakan yang penting berkeringat? Jika Anda menginginkan hasil yang nyata, Anda perlu memahami apa yang Anda lakukan. Dan smartwatch fitness yang canggih adalah solusi sempurna untuk itu.

Apa yang Anda kenakan di pergelangan tangan Anda mungkin menentukan seberapa baik Anda memahami latihan Anda. Ada beberapa fitur menarik seperti GPS, activity/sleep tracking, tahan air, heart rate monitor, dan lainnya yang dapat membantu mencapai tujuan kebugaran Anda.

Namun, dengan begitu banyak pilihan dan merek, mungkin sulit untuk memilih mana yang terbaik. Maka itu, simak rekomendasi smartwatch untuk fitness tracker berikut ini.

Cara Kami Memilih Produk

Sebelum menyajikan berbagai pilihan smartwatch fitness dalam artikel ini, kami telah melakukan berbagai riset untuk mengetahui fungsi dan kesediaan produk ini di pasaran.

Untuk mengetahui merek smartwatch apa saja yang paling banyak dicari dan digunakan, kami membaca review-review produk di berbagai forum maupun penilaian e-commerce. Dengan melakukan ini, kami ingin memastikan produk yang kami rekomendasikan mudah ditemukan di toko online.

Berikut ini kami telah mengumpulkan beberapa merek smartwatch fitness terbaik yang cocok untuk olahraga. Masing-masing smartwatch ini memiliki keunggulannya tersendiri, Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

10 Rekomendasi Smartwatch Untuk Fitness

1. Amazfit BIP U Pro

Jam ini memiliki desain yang simple dan memberikan kesan yang modern. Terdapat 60+ mode olahraga yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis latihan Anda.

Jam ini juga memiliki fitur pengawas kesehatan yang lengkap, seperti mengukur kadar oksigen dalam darah, sleep monitor yang dapat memantau kualitas tidur, bisa memantau detak jantung 24/7, serta memiliki stress monitor untuk memantau level stress dan memberikan latihan pernapasan untuk mengatasinya

Tidak hanya itu, jam ini juga dilengkapi GPS yang memberikan pelacakan lokasi yang lebih tepat untuk Anda tinjau setelah olahraga luar ruangan seperti lari atau bersepeda.

Keunggulan:

  • Memiliki mode olahraga yang lengkap (60+)
  • Tahan air (5 ATM Water Resistant)
  • Memiliki Sistem Kesehatan PAI (mengevaluasi kesehatan menggunakan algoritme untuk mengubah informasi kompleks seperti data detak jantung, durasi aktivitas, dan data kesehatan lainnya menjadi nilai numerik, dan menyajikan data ini kepada pengguna)
  • Memiliki 50 lebih pilihan watch face.

2. Amazfit GTS 2 Mini

Berbeda dari Amazfit seri Bip U Pro, Amazfit seri ini memiliki mode olahraga yang lebih banyak lagi, yaitu 70+ mode olahraga.

Jam ini juga memiliki pengawas kesehatan yang lebih lengkap. Anda bisa memantau detak jantung, siklus menstruasi, kualitas tidur, serta memantau level stress dan memberikan latihan pernapasan untuk mengatasinya.

Selain itu Anda juga dapat mengukur saturasi oksigen darah, memantau detak jantung 24/7, dan memberikan peringatan untuk detak jantung yang meningkat secara tidak normal.

Jam ini juga memiliki GPS yang memberikan pelacakan lokasi yang lebih tepat untuk Anda tinjau setelah olahraga luar ruangan seperti lari atau bersepeda.

Keunggulan:

  • Memiliki mode olahraga yang lengkap (70+)
  • 5 ATM Water Resistant (Tahan air hingga 50 meter)
  • Baterai tahan lama (14 hari untuk penggunaan umum)
  • Memiliki Sistem Penilaian Kesehatan PAI ( memproses data kesehatan yang kompleks dengan algoritme canggih untuk menyajikan kondisi fisik Anda dalam skor sederhana dan bernilai tunggal).
  • Memiliki 50 lebih pilihan watch face.

3. Xiaomi Mi Watch

Selain menjual smartphone, Xiaomi juga menyediakan jam yang cocok untuk olahraga. Terdapat 117 mode olahraga yang dapat Anda pilih kapan pun Anda mau.

Smartwatch fitness ini dapat secara real time mendeteksi detak jantung penggunanya, mendeteksi oksigen dalam darah, memantau waktu tidur, tanda vital, stress dan memberikan latihan pernapasan.

Dilengkapi dengan GPS sehingga dapat mengkalibrasi posisi Anda secara akurat tanpa perlu mengandalkan GPS dari smartphone Anda. Jam ini juga secara otomatis dapat mendeteksi dan memonitor saat mulai berolahraga, mencatat kalori yang terbakar, jumlah langkah, dan waktu Anda berdiri, serta memberikan gambaran yang jelas tentang status latihan Anda.

Keunggulan:

  • Memilik 117 mode olahraga yang lengkap
  • 5 ATM Water Resistant (Tahan air hingga 50 meter)
  • Baterai tahan lama (16 hari untuk penggunaan umum)
  • Memiliki 100 lebih pilihan watch face.

4. Xiaomi Mi Smart Band 6

Memiliki bentuk yang lebih ramping, Xiaomi Mi Smart Band 6, smartwatch ini tidak kalah fungsional dari saingannya. Jam ini memiliki 30 mode olahraga dan secara otomatis mengenali 6 modenya yaitu, lari di outdoor, treadmill, rowing machine, elips, berjalan, dan bersepeda.

Smartwatch ini juga dilengkapi fitur pengawas kesehatan yang dapat memonitor denyut jantung 24 jam, kadar oksigen dalam darah, pemantauan kualitas tidur, memantau stress, latihan pernapasan untuk mengatasi stress, serta melacak siklus menstruasi dan masa subur wanita.

Keunggulan:

  • Mempunyai 30 mode olahraga
  • Dilengkapi Personal activity intelligence (PAI): Memberikan data berupa skor yang dihitung berdasarkan jenis kelamin, usia, denyut jantung, dan lainnya.
  • 5 ATM Water Resistant: Tahan air hingga 50 meter
  • Baterai tahan hingga 14 hari untuk penggunaan umum
  • Harga yang murah
  • Memiliki 60 lebih pilihan watch face

5. Xiaomi MiWatch Lite

Dibandingkan Mi Watch yang memiliki bentuk lingkaran, Mi Watch Lite memiliki tampilan jam yang berbentuk persegi.

Smartwatch ini memiliki 11 mode olahraga, yaitu lari outdoor, treadmill, bersepeda outdoor, berenang di perairan terbuka, latihan bebas, berenang di kolam, kriket, trekking, lari di lintas alam, jalan kaki, dan bersepeda indoor

Anda juga dapat memonitor detak jantung 24 jam, kualitas tidur, dan latihan pernapasan. Jam ini dilengkapi GPS+GLONASS dan beberapa sensor cerdas sehingga dapat secara akurat melacak lintasan, kecepatan, jarak, dan kalori yang terbakar, serta memberikan gambaran yang jelas tentang status latihan Anda.

Keunggulan:

  • Mempunyai 11 mode olahraga
  • 5 ATM Water Resistant: Tahan air hingga 50 meter
  • Baterai tahan hingga 9 hari untuk penggunaan umum
  • Memiliki 120 lebih pilihan watch face

6. Apple Watch SE

Anda pasti sudah kenal dengan brand yang satu ini, Apple Watch SE memiliki puluhan mode olahraga yang dapat dipilih, termasuk lari, berjalan, yoga, bersepeda, latihan interval dengan intensitas tinggi, dan menari.

Smartwatch ini juga dilengkapi fitur pengawas kesehatan, seperti monitor detak jantung, kualitas tidur, memantau siklus menstruasi, dan latiahan pernapasan.

Anda juga dapat memantau aktivitas harian Anda, seperti jumlah jarak, kecepaan, putaran, dan kalori yang terbakar, serta melihat tren Anda olahraga di aplikasi Kebugaran di iPhone.

Keunggulan:

  • Apple Watch SE dapat dipasangkan dengan peralatan gym yang kompatibel
  • Dapat mendeteksi jika Anda terjatuh keras dan melakukan panggilan darurat (Membutuhkan koneksi seluler Iphone atau Wi-Fi)
  • 5 ATM Water Resistant: Tahan air hingga 50 meter

7. Fitbit Charge 4

Dengan Fitbit Charge 4, Anda dapat melacakan aktivitas sepanjang hari. Anda dapat mengetahui jumlah langkah, jarak, lantai yang dinaiki, Menit Zona Aktif dan kalori yang dibakar untuk menunjukkan bagaimana setiap bagian dari hari Anda membuat Anda lebih dekat dengan tujuan kebugaran.

Secara default, olahraga yang dapat dilacak oleh Charge 4 adalah lari, bersepeda, berenang, treadmill, latihan di luar ruangan, dan jalan kaki. Namun, Anda dapat menambahkan jumlah olahraga yang cukup lengkap mulai dari HIIT, circuit tracking, spinning, angkat beban, dan bahkan golf dengan membuka aplikasi Fitbit

Terdapat berbagai fitur pengawas kesehatan seperti monitor detak jantung, kadar oksigen dalam darah, stress management, latihan pernapasan, skor tidur, dan pengawas siklus menstruasi.

Selain itu, Fitbit juga memiliki pengingat untuk bergerak. Sehingga Anda dapat menjaga diri Anda tetap pada jalur menuju tujuan kebugaran Anda.

Keunggulan:

  • Baterai tahan hingga 7 hari untuk penggunaan umum
  • Tahan air hingga 50 meter
  • Mempunyai 6+ mode olahraga

8. Garmin Forerunner 55

Jika Anda suka berlari atau jogging, Garmin Forerunner 55 ini mungkin cocok untuk Anda. Smartwatch ini menyediakan beragam mode lari indoor dan outdoor, serta memberikan peringatan cadence untuk meningkatkan postur lari.

Selain itu, jam ini dapat memperhitungkan tingkat kebugaran dan riwayat pelatihan untuk membantu Anda mencapai target kebugaran. Terdapat penasihat waktu istirahat yang mengingatkan Anda untuk memulihkan tubuh.

Seperti kebanyakan smartwatch yang telah disebut, Garmin juga memiliki pengawas kesehatan yang dapat memonitor detak jantung, level stress, kualitas tidur, dan tingkat pernapasan.

Smartwatch fitness ini mendukung penggunaan pemosisian tri-satelit (GPS, GLONASS, Galileo) yang memungkinkan Anda merekam secara presisi rute lari Anda dan merekam data sehari-hari termasuk langkah, jarak yang ditempuh, jumlah kalori yang dibakar, dan pengingat aktivitas.

Keunggulan

  • Memiliki fitur bimbingan dari pelatih ahli, dan rencana pelatihan gratis yang dapat beradaptasi dengan kondisi dan tujuan Anda
  • Baterai tahan hingga 14 hari untuk penggunaan umum
  • Memiliki fitur LiveTrack, untu membagikan posisi real-time dan berlari di rute ke teman-teman dan keluarga, serta berfungsi sebagai peringatan kecelakaan dan dapat memberitahu kontak darurat Anda

9. Samsung Galaxy Fit2

Samsung Galaxy Fit2 memiliki bentuk yang ramping jika dibandingkan smartwatch Samsung lainnya. Jam ini didesain untuk dipakai saat bepergian, sepanjang hari, dan memiliki lekukan unik di tali untuk mencegah keringat berkumpul.

Smartwatch fitness ini dapat mendeteksi 5 jenis olahraga secara otomatis dan mengukur durasi olahraga, detak jantung, kalori yang terbakar,

Samsung juga dapat mengawasi kualitas tidur Anda dan memberikan tips untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Jika Anda mengatur Galaxy Fit2 dengan aplikasi Samsung Health untuk melacak tingkat stres Anda secara otomatis, sehingga Anda dapat berlatih latihan pernapasan saat stres tinggi.

Keunggulan

  • Mempunyai 5 mode olahraga
  • 5 ATM Water Resistant: Tahan air hingga 50 meter
  • Baterai tahan hingga 15 hari dengan penggunaan biasa
  • Memiliki 70 lebih pilihan watch face

10. Samsung Galaxy Watch4 Classic Bluetooth

Smartwatch pertama dengan Wear OS Didukung oleh Samsung, Galaxy Watch4 Classic adalah smartwatch pertama dengan Wear OS yang memberikan akses ke aplikasi favorit Anda di pergelangan tangan dan dapat terhubung ke handphone Samsung Anda.

Jika dibandingkan smartwatch lainnya, Samsung Galaxy Watch 4 dapat mengukur komposisi tubuh Anda dengan mudah. Anda dapat mengetahui jumlah lemak, otot rangka, air dalam tubuh, dan lainnya untuk mencapai tujuan Anda.

Smartwatch ini memiliki 90 mode olahraga dan beberapa fitur pengawas kesehatan, seperti mengukur EKG, denyut jantung, dan tekanan darah secara real time. Jam ini juga memiliki fitur pengawasan tidur dengan pemantauan Oksigen Darah dan deteksi mendengkur.

Keunggulan

  • Mempunyai 90 mode olahraga
  • Dapat mengukur komposisi tubuh
  • Memiliki Wear OS
health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Angelin Putri Syah Diperbarui 3 minggu lalu
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team