home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berapa Lama Waktu Jogging agar Kalori Terbakar Optimal?

Berapa Lama Waktu Jogging agar Kalori Terbakar Optimal?

Jogging atau lari santai adalah salah satu aktivitas fisik yang mudah dan murah. Tak perlu modal banyak, cukup dengan sepatu, Anda sudah bisa jogging di sekitar komplek rumah. Bukan hanya praktis, jogging pun efektif bisa bakar lemak, lho! Namun, harus berapa lama waktu jogging yang baik agar bisa efektif bakar lemak? Simak di bawah ini.

Berapa banyak kalori yang terbakar saat jogging?

olahraga saat puasa

Berapa banyak kalori yang terbakar ini tergantung dengan seberapa berat aktivitas jogging yang Anda lakukan. Semakin berat intensitas latihannya, maka semakin banyak yang dibakar. Selain itu, kalori yang terbakar juga tergantung dengan kondisi masing-masing orang, seperti berat badan.

Orang dewasa dengan berat badan 70 kg, melakukan jogging selama satu jam dengan jarak lari 5 km dapat membakar 596 kalori. Sedangkan orang dewasa dengan berat badan 84 kg lari dengan jarak dan waktu yang sama membakar 710 kalori. Lama waktu jogging ini berbeda-beda, bukan?

Jika Anda lari di atas treadmill, akan lebih mudah memantau berapa banyak kalori yang bisa dibakar saat lari.

Apakah kalori yang terbakar termasuk kalori dari lemak?

membakar kalori

Ya, kalori yang terbakar juga berasal dari tumpukan lemak di tubuh. Namun, lagi-lagi hal ini tergantung dengan intensitas dan durasi yang Anda lakukan saat jogging.

Jika Anda lari dengan intensitas rendah dan durasi panjang, tubuh akan cenderung membakar lemak. Bila penasaran, Anda bisa tahu apakah jogging yang Anda lakukan sudah membakar lemak yang optimal atau belum.

Caranya, dengan menghitung detak jantung Anda. Tumpukan lemak akan digunakan menjadi energi ketika seseorang mencapai 75 persen dari detak jantung maksimalnya.

Sebelum menghitung angka tersebut, Anda harus tahu dulu berapa ukuran detak jantung maksimal yang dimiliki. Caranya, dengan mengurangi angka 220 dengan usia saat ini.

Ambil contoh, Anda berusia 50 tahun, maka detak jantung maksimalnya adalah 220-50 yaitu 180 bpm (beat per second). Nah, jika Anda ingin membakar lemak, maka saat jogging, detak jantung Anda harus 75 persen dari angka tersebut.

Jadi, 75 persen dari 180 bpm adalah 135 bpm. Bila Anda mencapai angka tersebut saat jogging, maka lemak-lemak di tubuh mulai dibakar dan dipakai secara optimal.

Supaya lebih maksimal, Anda juga harus melakukan jogging dengan detak jantung tersebut dalam durasi yang relatif lama.

Berapa waktu jogging yang baik supaya lemak terbakar?

wajah merah setelah olahraga
Sumber: Fitness Tracker

Sebenarnya, tak ada patokan berapa lama waktu jogging yang baik. Akan tetapi, jika Anda jogging dalam waktu yang lama tentu akan membakar kalori yang lebih besar. Setidaknya untuk mulai membakar lemak Anda harus jogging lebih dari 30 menit dengan intensitas rendah.

Anda juga bisa menambahkan intensitas jogging Anda, sehingga mencapai 80-90 persen dari detak jantung maksimal. Hal ini bisa membuat pembakaran kalori lebih optimal.

Anda bisa melakukan lari dengan intensitas tinggi ini selama setidaknya 20 menit. Lakukan rutin 4-5 kali dalam seminggu.

Bila Anda punya waktu yang lebih sedikit, Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Olahraga seperti ini dan dilakukan dalam waktu yang singkat tetap bisa membakar lemak di dalam tubuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Smith Elizabeth. 2017. How Often Should I Go Jogging to Lose Weight?. [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/article/521595-how-often-should-i-go-jogging-to-lose-weight/ (Diakses 18 September 2018)

Luff Christine. 2018. How Much Fat Can I Burn by Running?. [Online] Tersedia pada: https://www.verywellfit.com/can-i-burn-fat-by-running-2911105 (Diakses 18 Spetember 2018)

Nunley Kim. 2017. How Much Fat Do You Burn When Running One Mile?. [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/article/482343-how-much-fat-do-you-burn-when-running-one-mile/ (Diakses 18 September 2018)

Runtastic Team. 2018. Helpful Weight Loss Tips: How to Burn Fat While Running. [Online] Tersedia pada: https://www.runtastic.com/blog/en/how-to-burn-fat-while-running/ (Diakses 19 September 2018)

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tanggal diperbarui 26/01/2021
x