home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Gerakan Yoga untuk Pemula di Rumah

5 Gerakan Yoga untuk Pemula di Rumah

Anda tertarik melakukan yoga? Jika belum ada waktu bertemu dengan pelatih yoga atau ikut kelasnya, ada beberapa gerakan yoga sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Apa saja gerakan yoga untuk pemula di rumah? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tree pose

tree pose yogaGerakan yoga tree pose adalah pose dasar untuk melatih keseimbangan dan juga meningkatkan kelenturan tubuh. Caranya cukup mudah, pertama mulailah dengan berdiri tegak. Kemudian, letakan kedua telapak tangan di depan dada.

Untuk bagian kaki, tekuk lutut ke arah luar menjauhi tubuh dan tempelkan telapak kaki di bagian paha seperti gambar di atas. Tahan gerakan ini selama 30 detik. Setelah 30 detik, ganti kaki sebelahnya dan ulangi gerakan yang sama.

2. Downward-facing dog

Sumber: Yoga International

Pada posisi ini tubuh berbentuk huruf V terbalik, di mana posisi kepala menghadap ke bawah. Pertama, mulailah dengan membungkuk meletakan kedua tangan di atas matras. Kemudian, posisi telapak tangan ini harus lebih maju daripada bahu.

Selanjutnya untuk posisi kaki, letakkan lutut di atas matras menekuk. Selanjutnya, angkat lutut yang menempel di matras hingga kaki Anda lurus dari ujung ke ujung. Anda bisa melihat contoh gerakannya seperti gambar di atas.

Pastikan posisi tubuh lurus, tidak membungkuk saat melakukan pose ini. Pertahankan posisi ini sambil menarik napas panjang sebanyak 5-10 kali.

3. Cat-cow

cat-cow poseCat-cow adalah salah satu gerakan paling penting saat memulai yoga terutama bagi Anda yang memiliki masalah nyeri punggung. Melakukan gerakan ini secara rutin memberikan peregangan yang baik untuk kesehatan tulang belakang.

Anda bisa melihat gerakannya seperti gambar di atas. Letakan telapak tangan dan lutut pada matras, lalu regangkan tulang punggung dengan gerakan menekuk dan meluruskan tubuh. Rasakan perlahan bahwa tulang punggung Anda harus selalu tetap lurus.

4. Mountain pose

Sumber: Yoga Journal

Mountain pose adalah salah satu gerakan yoga yang paling sederhana. Berdiri diam dengan dada terbuka dan tangan di sisi tubuh. Gerakan ini juga digunakan untuk menganalisis postur tubuh Anda, apakah postur tubuh Anda sudah tepat. Jangan-jangan selama ini bahu Anda miring ke sebelah atau Anda terlalu membungkuk.

Anda bisa mulai melakukan gerakan ini dengan berdiri tegak. Kemudian rasakan di bagian punggung Anda terasa benar-benar lurus. Posisi tangan di samping tubuh dengan tangan terbuka.

5. Gerakan yoga child’s pose

yoga child’s poseIni adalah salah satu gerakan rileks yang paling menenangkan setelah melakukan gerakan yoga yang lain. Setiap kali Anda merasa kewalahan atau merasa lelah, lemaskan tubuh dengan child’s pose ini. Dari pose downward-facing dog yang sebelumnya Anda lakukan, turunkan bokong Anda ke bawah, tempelkan lutut dan punggung telapak kaki Anda dengan matras.

Turunkan juga bahu Anda ke lantai dengan kepala menghadap ke lantai. Luruskan tangan ke depan sejauh mungkin.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Orenstein Beth W. 2013. 8 Yoga Poses for Beginners. [Online] Tersedia pada: https://www.everydayhealth.com/fitness-pictures/yoga-poses-for-beginners.aspx#01 (Diakses 5 September 2018)

Pizer Ann. 2018. Must-Know Yoga Poses for Beginners. [Online] Tersedia pada: https://www.verywellfit.com/essential-yoga-poses-for-beginners-3566747 (Diakses 5 September 2018)

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x