home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Klaudikasio

Definisi klaudikasio|Tanda-tanda & gejala klaudikasio|Penyebab klaudikasio|Faktor-faktor risiko klaudikasio|Komplikasi klaudikasio|Diagnosis & pengobatan klaudikasio|Pengobatan klaudikasio di rumah|Pencegahan klaudikasio
Klaudikasio

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Definisi klaudikasio

Apa itu klaudikasio?

Claudication atau klaudikasio adalah nyeri yang timbul saat Anda melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga.

Kondisi ini masuk dalam kategori gejala, yang biasanya terjadi akibat adanya penyempitan arteri di tangan dan kaki sehingga menyebabkan kekurangan darah di sekitarnya. Salah satu contohnya adalah penyakit arteri perifer, yakni penyempitan arteri di tungkai yang membatasi aliran darah.

Umumnya rasa nyeri dirasakan pada kaki, tapi bisa bisa juga dirasakan pada tangan, tergantung dengan tingkat keparahannya. Otot betis adalah area yang paling sering terkena, namun area kaki lainnya, seperti paha hingga bokong juga bisa mengalaminya. Nyeri biasanya terjadi saat atau sesudah berolahraga dan baru hilang saat istirahat.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Klaudikasio berkaitan dengan kondisi kesehatan yang juga meningkatkan risiko serangan jantungan atau stroke. Oleh karena itu, gejala ini sangat umum dirasakan oleh orang yang berisiko mengalami penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke.

Menurut John Hopkins Medicine, claudication umum terjadi pada pria berusia 55 dan wanita berusia 60 tahun.

Tanda-tanda & gejala klaudikasio

cara mencegah kaki melepuh kebanyakan jalan

Gejala utama dari klaudikasio adalah rasa nyeri yang muncul pada bagian tubuh tertentu saat atau setelah berolahraga.

Paling sering rasa nyeri muncul setelah Anda berjalan kaki dengan kecepatan atau dalam jangka waktu tertentu. Rasa nyeri yang tidak konstan, atau terjadi saat olahraga dan hilang setelah Anda beristirahat menandakan gejala intermiten.

Namun, ada juga yang awalnya hanya merasakan nyeri jika berjalan dalam jarak tertentu. Namun, seiring waktu akan semakin parah sehingga membuat penderitanya hanya mampu berjalan dalam jarak yang pendek. Lama-kelamaan, penderitanya mungkin tidak bisa lagi berjalan karena rasa sakitnya yang begitu parah.

Selain pada kaki dan tangan, area tubuh lain juga bisa menimbulkan rasa nyeri, contohnya area perut, pinggul, bahu, lengan bawah, dan selangkangan. Jika muncul lebih dari satu area yang terasa nyeri, penyumbatan terjadi lebih pada satu area.

Tidak hanya nyeri, beberapa penderitanya juga bisa mengalami gejala pegal, tidak nyaman, atau kelelahan pada otot setiap kali menggerakan otot di area tubuh yang terkena. Parahnya, saat istirahat pun rasa sakit tetap bisa terasa.

Melansir laman Mayo Clinic, pada tahap lebih lanjut, klaudikasio bisa menimbulkan gejala berupa:

  • Area kulit yang nyeri akan terasa dingin jika Anda sentuh.
  • Nyeri parah dan terus-menerus berlanjut menjadi mati rasa.
  • Warna kulit pada area yang terkena akan berubah.
  • Jika ada luka pada area tersebut, proses penyembuhan akan sangat lambat sehingga memungkinkan terjadinya infeksi.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang disebutkan di atas atau memiliki pertanyaan, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Tubuh setiap orang bereaksi berbeda, sehingga gejala yang muncul pun bisa saja berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Selalu lebih baik berdiskusi dengan dokter Anda apa yang terbaik bagi situasi Anda.

Penyebab klaudikasio

kolesterol

Penyebab utama klaudikasio adalah penyakit yang menyerang arteri. Orang dengan penyakit arteri perifer memiliki arteri yang menyempit di otot kaki atau otot-otot lainnya sehingga menimbulkan nyeri.

Penyempitan biasanya terjadi akibat aterosklerosis, yakni penumpukan plak kolesterol, lemak lainnya, sel darah, dan puing-puing seluler yang menempel pada lapisan arteri.

Akibatnya, transportasi darah yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan oksigen jaringan akan sulit melewati arteri dan menimbulkan gejala claudication. Jika plak tersebut pecah, aliran darah di tubuh terganggu karena bekuan darah akan terbentuk.

Faktor-faktor risiko klaudikasio

Klaudikasio dapat terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, orang dengan faktor-faktor berikut lebih berisiko mengalami gejala nyeri pada tubuh ini, di antaranya:

Komplikasi klaudikasio

Selain gejalanya yang bertambah parah, komplikasi yang bisa saja terjadi pada penderita klaudikasio yang tidak mendapat perawatan, di antaranya:

  • Berisiko tinggi mengalami serangan jantung atau stroke.
  • Ada lesi (luka) pada kulit yang tidak kunjung sembuh.
  • Kematian otot dan jaringan kulit (gangren).
  • Cacat karena menjalani amputasi anggota tubuh.

Diagnosis & pengobatan klaudikasio

operasi bypass jantung

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Klaudikasio bisa saja tidak terdiagnosis, mengingat gejalanya yang cukup umum terjadi. Kondisi ini biasanya dokter diagnosis melalui peninjauan gejala, pemeriksaan fisik, evaluasi kulit pada anggota tubuh yang terkena, dan tes untuk memeriksa aliran darah.

Beberapa tes kesehatan umum yang biasanya dokter rekomendasikan adalah:

  • Pengukuran denyut nadi di telapak tangan dan kaki untuk menilai aliran darah.
  • Melakukan indeks pergelangan kaki-brakialis, yakni membandingkan tekanan darah pada pergelangan kaki dengan tangan.
  • Mengukur tekanan darah segmental, yang dilakukan secara menyeluruh untuk menentukan jumlah dan lokasi kerusakan arteri.
  • Pengujian latihan untuk menentukan jarak maksimum Anda dapat berjalan atau aktivitas maksimum tanpa rasa sakit.
  • USG doppler untuk melihat aliran darah.
  • MRI atau CT angiografi guna menemukan pembuluh darah yang mengalami penyempitan.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk klaudikasio?

Tujuan pengobatan klaudikasio adalah untuk meringankan gejala dan mencegah kondisi memburuk. Banyak orang kondisinya jadi lebih baik setelah menjalani perubahan gaya hidup, seperti berhenti merokok, mengurangi berat badan, dan mengganti diet untuk mengontrol diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Pada kasus klaudikasio, dokter dapat memberikan resep obat untuk membantu sirkulasi darah menjadi lebih baik. Aspirin dosis rendah bisa saja dokter resepkan dilengkapi dengan perawatan luka untuk mencegah infeksi.

Jika aliran darah berkurang banyak, prosedur minor yang disebut angioplasti mungkin disarankan untuk membuka arteri yang tersumbat. Sebuah kateter dimasukkan ke dalam pembuluh yang menyempit dan ditingkatkan untuk memperlebarnya.

Prosedur lainnya yang disebut bypass arteri juga dapat dilakukan, yaitu dengan menyambungkan pembuluh darah baru di sekeliling pembuluh darah yang tersumbat agar darah dapat melintas melalui pembuluh darah baru. Seseorang memerlukan operasi jika mereka memiliki luka yang tidak kunjung sembuh, kaki dingin dan membiru, terdapat gangren, atau memiliki rasa nyeri yang parah saat istirahat.

Pengobatan klaudikasio di rumah

motivasi berhenti merokok

Gaya hidup sehat penting untuk meningkatkan hasil pengobatan dan menurunkan risiko yang terkait dengan klaudikasio dan penyakit arteri perifer. Perubahan gaya hidup yang dokter rekomendasikan, meliputi:

  • Berhenti merokok. Jika Anda seorang perokok, perubahan ini perlu Anda lakukan secara bertahap dengan mengurangi jumlah batang rokok secara perlahan, hingga Anda bisa lepas dari rokok sepenuhnya.
  • Olahraga. Aktivitas fisik ini bisa membantu mengendalikan berat badan sekaligus menjaga kesehatan jantung.
  • Mengikuti diet sehat. Penting untuk menerapkan hal ini karena bisa membantu mencegah penumpukan plak, mengurangi berat badan, serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah di sekitarnya.
  • Berhati-hati dalam beraktivitas. Orang dengan masalah pembuluh arteri ini sulit sekali sembuh dari luka. Oleh karena itu, sangat perlu berhati-hati dalam melakukan aktivitas dan perlu tahu cara tepat dalam merawat luka.

Pencegahan klaudikasio

Cara terbaik untuk mencegah klaudikasio adalah dengan mempertahankan gaya hidup sehat dan mengontrol kondisi medis tertentu. Itu artinya, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Berhenti merokok atau menjauhi paparan asap rokok.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat seimbang.
  • Rajin berolahraga dan tidak malas bergerak.
  • Jaga berat badan Anda tetap ideal.
  • Mengikuti perawatan dan gaya hidup yang dokter sarankan jika Anda punya hipertensi, diabetes, atau kadar kolesterol tinggi. Tujuannya untuk mengendalikan kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah tetap stabil.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Claudication. (2020, January 11). Retrieved May 25, 2021, fromhttps://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/claudication/symptoms-causes/syc-20370952.

Claudication. (n.d.). Retrieved May 25, 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/claudication.

Smith RB III. Claudication. In: Walker HK, Hall WD, Hurst JW, editors. Clinical Methods: The History, Physical, and Laboratory Examinations. 3rd edition. Boston: Butterworths; 1990. Chapter 13. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK235/

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 04/01/2021
x