4 Kebiasaan untuk Menurunkan dan Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Untuk menurunkan dan menjaga berat badan ideal, Anda butuh perubahan gaya hidup yang sehat. Sengaja tidak makan sampai kelaparan atau berlebihan saat olahraga, tidak akan pernah menjadi gaya hidup sehat dalam cara menurunkan berat badan.

Langkah menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat bugar harus seimbang. Jika tidak, berat badan ideal yang mungkin sudah Anda dapatkan tidak akan bertahan lama. Anda hanya akan membuat perubahan untuk jangka pendek. Anda harus bisa mengurangi berat badan dan menjaganya tanpa harus mengagetkan atau menginterupsi keseharian Anda.

Berikut ini adalah 4 cara sehat untuk membantu menurunkan berat badan yang ideal namun tetap bisa sehat dalam jangka waktu lama.

Kebiasaan sehat untuk jaga berat badan ideal

1. Olahraga setiap hari

Buat sebuah jadwal rutin sekitar 15-20 menit untuk berolahraga setiap harinya. Anda dapat melakukan olahraga kardio seperti jogging renang atau latihan kekuatan seperti angkat barbel ukuran kecil.

Untuk melakukannya, silakan bangun 20 menit lebih awal dari jadwal bangun hari  Anda. Mulai lakukan rutin, minimal 4-5 kali latihan dalam seminggu.

Anda juga bisa menurunkan berat badan dengan simple, lakukan olahraga seperti menekuk lutut, push up, sit up, dan latihan lainnya yang dapat Anda lakukan sebelum mandi pagi.

Olahraga harian dapat membuat perbedaan pada bentuk tubuh Anda dan cara tubuh Anda memproses kalori. Ketika Anda berolahraga, Anda menggunakan jantung, pikiran, dan tubuh, ini juga bisa membuat mood Anda seharian jadi lebih baik.

Karena saat olahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat Anda bahagia, dan menyegarkan pikiran, sehingga Anda dapat mengawali hari dengan baik.

2.  Makan makanan yang sehat

Makan makanan sehat adalah cara paling penting untuk menurunkan dan menjaga berat badan tetap ideal.  Tidak ada orang yang menjadi gemuk karena memakan sayuran. Hindari makan makanan yang mengandung banyak gula, makanan yang diolah dan makanan siap saji.  

3. Jangan sengaja tidak makan

Untuk menurunkan berat badan, jangan sengaja tidak makan. Tubuh Anda butuh tenaga untuk membakar lemak. Jadi dengan melewatkan sarapan, makan siang, atau makanan malam, metabolisme tubuh Anda malah akan melambat.

Makan dengan jadwal yang rutin sepanjang hari, karena ini dapat menormalkan kadar gula darah dan mencegah penurunan energi serta konsentrasi harian Anda. Selain itu, sarapan dengan kandungan rendah glikemik juga dapat meningkatkan sistem pembakaran energi dan membantu pembakaran lemak pada tubuh Anda.

4. Tidur yang cukup

Tidur cukup adalah salah satu hal paling penting untuk tetap sehat. Cobalah untuk pergi tidur pada waktu yang sama setiap harinya. Penuhi waktu tidur berkualitas selama 8 jam setiap harinya. Kurang tidur cenderung akan membuat Anda jadi makan lebih banyak dan ngidam makanan tidak sehat pada pagi harinya.

Phil adalah praktisi kesehatan dan seorang ahli transformasi tubuh di starfitnesssaigon.com. Hubungi Phil di phil-kelly.com atau Facebook.com/kiwifitness.philkelly

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Was this article helpful for you ?
Sumber

Artikel dari ahli Phil Kelly

8 Aturan Diet yang Salah Besar dan Tak Perlu Anda Percaya Lagi

Tak semua aturan diet harus Anda ikuti. Ya, ternyata ada beberapa aturan diet yang dibuat untuk dilanggar! Aturan diet yang seperti apa? Cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Phil Kelly
aturan diet yang salah
Diet, Nutrisi 19 Desember 2016

6 Vitamin yang Bisa Membantu Menghilangkan Lemak di Tubuh Anda

Olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak dan membentuk tubuh. Anda juga butuh asupan vitamin yang tepat. Lantas, vitamin apa saja?

Ditulis oleh: Phil Kelly
menghilangkan lemak

Apakah Olahraga Kardio Menyebabkan Lemak di Perut?

Latihan kardio memang memiliki banyak manfaat. Sayangnya, jika dilakukan secara berlebihan, latihan ini justru dapat menyebabkan penumpukkan lemak di perut.

Ditulis oleh: Phil Kelly
lemak di perut
Olahraga Kardio, Kebugaran 19 Oktober 2016

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Kalori: Pengertian, Sumber, Kebutuhan Harian, dan Jenis-Jenisnya

Kalori adalah asupan penting yang dibutuhkan tiap orang, bahkan saat sedang diet. Namun, sebenarnya apa itu kalori dan berapa kebutuhan yang harus dipenuhi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Olahraga Lainnya, Kebugaran 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Penelitian membuktikan, bahkan pria berumur 80 tahun pun masih mungkin memiliki kualitas sperma yang baik jika mengonsumis makanan penyubur sperma berikut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Mengenal Diet Alpukat, Betulkah Bermanfaat untuk Turun Berat Badan?

Diet alpukat adalah salah satu variasi diet buah yang dianggap mampu untuk menurunkan berat badan. Benarkah? Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Diet, Nutrisi 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Bagi yang sedang diet, konsumsi beras atau nasi mungkin akan dibatasi. Beras merah atau beras shirataki dapat menjadi pilihan, tapi mana yang lebih efektif?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong

7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
resep oatmeal sehat

7 Resep Oatmeal Sehat dan Mudah untuk di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
pertolongan pertama keracunan makanan

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit