home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Koarktasio Aorta

Definisi koarktasio aorta|Tanda-tanda & gejala koarktasio aorta|Penyebab koarktasio aorta|Faktor-faktor risiko koarktasio aorta |Diagnosis & pengobatan koarktasio aorta|Pengobatan di rumah
Koarktasio Aorta

Definisi koarktasio aorta

Apa itu koarktasio aorta?

Koarktasio aorta adalah suatu bentuk penyempitan aorta yang tidak normal. Biasanya terjadi pada bagian akhir saluran aorta yang menyalurkan darah pada kepala dan tangan.

Aorta merupakan saluran darah besar yang sangat penting dan terletak menempel pada bagian kiri jantung. Saluran darah ukuran sedang lainnya kemudian bercabang dari sana, mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Koarktasio yang tidak mendapatkan penanganan akan menyebabkan beberapa komplikasi seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

Seberapa umumkah koarktasio aorta?

Koarktasio aorta adalah gangguan jantung bawaan yang biasanya sudah ada sebelum penderita lahir, tetapi baru akan terasa sejak ia sudah bertumbuh dewasa.

Waktu ditemukannya koarktasio sangat bergantung pada seberapa parah penyempitan yang terjadi. Koarktasio dapat sembuh, tetapi memerlukan berbagai perawatan yang berkelanjutan.

Tanda-tanda & gejala koarktasio aorta

Apa saja tanda-tanda dan gejala koarktasio aorta?

Anak-anak dan orang dewasa biasanya tidak mengalami penyempitan yang parah dan tidak menunjukkan gejala apa pun pada awalnya.

Namun, saat penyempitan yang terjadi bertambah parah, gejala baru akan muncul. Gejala umum dari koarktasio aorta adalah:

Apabila aorta terlalu sempit untuk darah mengalir, maka darah akan mengalir melalui saluran lain. Saluran ini akan membesar dan dokter akan melihat atau merasakan tekanan pada area punggung Anda.

Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki keluhan yang sama, lebih baik segera konsultasikan kepada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Koarktasio aorta adalah sebuah penyakit bawaan lahir dan tidak akan menunjukkan gejala pada awalnya. Tetapi Anda harus segera menghubungi dokter apabila mengalami sakit dada, kesulitan bernapas, pingsan, atau tekanan darah tinggi. Itu merupakan pertanda kondisinya telah parah.

Penyebab koarktasio aorta

Apa penyebab koarktasio aorta?

Para ahli, termasuk dokter, sebenarnya juga belum tahu pasti apa penyebab dari kondisi ini. Pasalnya, penyakit jantung ini secara umum sudah muncul pada pasien sejak lahir.

Nah, penyakit jantung bawaan memang sering kali muncul pada bayi yang baru lahir dan memiliki kemungkinan untuk menetap hingga dewasa.

Akan tetapi, koarktasio aorta adalah penyakit jantung yang jarang terjadi saat Anda sudah memasuki usia dewasa.

Meski demikian, ada beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan penyempitan pada pembuluh aorta dan menyebabkan terjadinya penyakit ini, seperti:

  • Cedera traumatis.
  • Pengerasan pembuluh arteri yang sudah parah (aterosklerosis).
  • Peradangan pada arteri (arteritis Takayasu).

Penyakit jantung ini biasanya muncul pada bagian luar pembuluh darah yang mengarah ke tubuh bagian atas dan tepat sebelum pembuluh darah yang mengarah ke bagian bawah tubuh.

Hal ini dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi pada lengan, tetapi tekanan darah rendah pada bagian kaki dan pergelangan kaki.

Jika Anda mengalami penyakit ini, ventrikel kiri jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah menuju pembuluh aorta yang telah menyempit.

Sementara itu, tekanan darah pada ventrikel kiri jantung tersebut akan meningkat. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab penebalan dinding ventrikel kiri jantung atau hipertrofi.

Faktor-faktor risiko koarktasio aorta

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk koarktasio aorta?

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Koarktasio aorta adalah:

  • Bicuspid aortic valve.
  • Cacat septum ventrikel.
  • Cacat jantung lainnya.

Tidak adanya risiko tidak berarti Anda bebas dari kemungkinan terpapar gangguan. Ciri dan gejala yang dituliskan hanya untuk referensi. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Diagnosis & pengobatan koarktasio aorta

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk koarktasio aorta?

Biasanya, jika penyakit ini tergolong parah, dokter akan menemukan atau berhasil mendiagnosis penyakit ini saat pasien masih bayi.

Sementara itu, jika penyakit baru ketahuan saat anak-anak atau dewasa, tingkat keparahan penyakit mungkin lebih ringan. Bahkan, dokter akan menyatakan pasien sehat karena tidak adanya gejala, hingga dokter mendeteksi beberapa kondisi berikut:

  • Tekanan darah tinggi pada lengan.
  • Tekanan darah yang berbeda pada lengan dan kaki, dengan tekanan darah pada lengan yang lebih tinggi sementara tekanan darah pada kaki lebih rendah.
  • Detak nadi yang lebih lambat pada kaki.
  • Jantung menimbulkan bunyi “whoosh” akibat darah yang mengalir terlalu cepat pada area yang mengalami penyempitan.

Setelah itu, dokter mungkin akan mencari tahu lebih lanjut dengan melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan. Menurut Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa tes yang mungkin dokter lakukan:

  • Penggunaan alat echocardiogram.
  • Pemeriksaan dengan electrocardiogram.
  • X-ray pada area dada.
  • Penggunaan magnetic resonance imaging (MRI).
  • CT scan.
  • CT Angiogram.
  • Kateterisasi jantung.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk koarktasio aorta?

Sementara itu, pengobatan untuk kondisi ini tergantung pada usia pasien saat mendapatkan diagnosis atas penyakit ini. Selain itu, dokter juga akan mempertimbangkan tingkat keparahan kondisi.

Berikut adalah beberapa pilihan pengobatan untuk mengatasi koarktasio aorta:

1. Penggunaan obat-obatan

Penggunaan obat tak semata-mata menyembuhkan kondisi ini. Akan tetapi, dokter mungkin akan merekomendasikan obat untuk mengontrol tekanan darah sebelum dan sesudah operasi pemasangan stent.

2. Operasi dan prosedur medis lainnya

Umumnya, dokter bedah jantung akan mengatasi kondisi ini dengan melakukan operasi atau prosedur medis sejenis. Berikut adalah beberapa pilihan prosedur medis yang mungkin akan dokter lakukan untuk mengatasi kondisi Anda:

  • Resection with end-to-end anastomosis.
  • Subclavian flap aortoplasty.
  • Bypass graft repair.
  • Patch aortoplasty.

3. Ballon angioplasty dan stenting

Prosedur ini mungkin akan dokter lakukan sebagai alternatif utama dalam mengatasi kondisi ini. Bahkan, dokter mungkin akan lebih memilih prosedur ini daripada operasi.

Dalam pelaksanaannya, dokter akan memasukkan kateter ke dalam pembuluh arteri yang ada pada paha bagian dalam dan mengarahkannya ke pembuluh darah yang ada di jantung.

Dokter kemudian akan meletakkan balon pada pembuluh darah tersebut untuk membuka aorta yang mengalami penyempitan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi koarktasio aorta?

Beberapa perubahan gaya hidup sehat dan pengobatan rumahan yang mungkin dapat membantu Anda mengatasi koarktasio aorta adalah:

  • Konsumsi obat yang diresepkan dokter.
  • Jangan abaikan gejala atau komplikasi apapun yang Anda alami karena mungkin saja memerlukan penanganan khusus.
  • Jangan lupa untuk selalu medical check up secara rutin. Cek juga tekanan Anda secara teratur bahkan setelah pengobatan usai.
  • Tanyakan dokter tentang jenis dan banyaknya olahraga yang Anda butuhkan.
  • Perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda terkait diet yang cocok untuk kondisi Anda.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Annisa Hapsari pada 22/09/2016
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x