5 Jenis Obat Sinusitis Alami yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Sinusitis adalah kondisi pembengkakan jaringan yang melapisi sinus. Kondisi sinus yang sehat seharusnya dipenuhi dengan udara. Namun, saat sinus tersumbat oleh cairan, maka akan ditumbuhi kuman yang akhirnya menyebabkan infeksi. Inilah yang dikenal sebagai penyakit sinusitis (sering disingkat jadi sinus saja). Infeksi ini bisa menyebabkan penyumbatan dan rasa tidak nyaman. Beberapa obat sinusitis alami berikut mampu meredakan gejala-gejala.

Obat sinusitis alami yang mudah Anda temukan di rumah

1. Jahe

Jahe kerap kali diolah menjadi minuman sehat yang bisa memberikan efek hangat pada tubuh Anda. Ternyata di balik itu, jahe juga bermanfaat untuk meringankan infeksi sinusitis dengan bantuan antiradang alami yang mampu mengurangi pembengkakan di selaput hidung. Studi menunjukkan peran jahe dalam mengobati sinus dengan menekan produksi lendir dan meringankan pusing pada kepala Anda.

Jika Anda ingin mencoba obat sinusitis alami dari bahan dasar jahe, olahan teh jahe bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Sebab uap yang dihasilkan dari teh jahe mampu meredakan rongga pernapasan dari sumbatan lendir.

2. Cuka sari apel

Obat sinusitis alami lain yang bisa Anda gunakan yaitu cuka sari apel. Pasalnya, bahan alami ini kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin A, E, B1, B2, kalsium, dan magnesium. Nutrisi-nutrisi ini mampu membersihkan rongga sinus dan mengobati gejala alergi akibat sinusitis.

Dilansir dari Medscape General Medicine, cuka sari apel telah lama digunakan untuk membersihkan luka dan mencegah infeksi. Sebuah studi dari University of North Carolina School of Medicine, menyatakan manfaat cuka sari apel dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cuka sari apel bukanlah sebagai pengganti antibiotik dari dokter, tapi hanya dipakai untuk mempercepat penyembuhan peradangan.

Pengobatannya bisa dilakukan dengan mencampurkan dua atau tiga sendok makan cuka apel ke dalam secangkir air panas, lalu tambahkan madu atau lemon untuk menambah cita rasanya. Setelah rutin mengonsumsi ini, perhatikan warna lendir Anda akan berubah menjadi lebih jernih. Penipisan lendir inilah yang menandakan infeksi sinusitis Anda telah membaik.

3. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu tradisional yang banyak digunakan dalam olahan-olahan makanan. Bahkan rasanya, jarang sekali masakan Indonesia yang tidak menggunakan bawang putih sebagai bumbu dasarnya. Ternyata bahan ini juga punya manfaat baik untuk kesehatan Anda sebagai salah salah satu obat sinusitis alami.

Bawang putih tidak hanya berguna untuk meredakan infeksi sinus secara alami, tapi bisa untuk mencegahnya sejak awal. Sebuah penelitian mengatakan bahwa konsumsi bawang putih selama musim dingin mampu menghangatkan tubuh sekaligus menyembuhkan sakit flu. Pasalnya, senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih mampu membunuh bibit penyakit.

Bawang putih terkenal memiliki rasa pedas dan aroma yang tajam, untuk itu Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan campuran jus tomat dan jus lemon yang dipanaskan dalam panci selama beberapa menit. Konsumsi minuman ini selama dua kali sehari sampai infeksi sinus mereda atau bahkan hilang.

4. Minyak oregano

Apakah Anda adalah salah satu penggemar oregano? Ya, oregano memang umumnya ditemukan dalam bentuk daun yang telah dikeringkan dan berukuran sangat kecil. Biasanya, sering digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Tak hanya itu, ternyata daun dan bunganya bisa menghasilkan minyak oregano yang bermanfaat untuk pengobatan sinusitis, lho.

Di balik penampilannya yang sederhana, tak disangka bahwa kandungan bahan-bahan alami dalam minyak oregano sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda, yakni memiliki dua senyawa, carvacol dan timol, bersifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Serta mempunyai sifat antiinflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit dari pembengkakan di rongga hidung, dengan begitu dapat membebaskan aliran lendir di saluran pernapasan, dilansir dari Healthline.

Saran penggunaannya bisa dilakukan dengan menambahkan beberapa tetes minyak oregano ke dalam semangkuk air mendidih, kemudian tutup mata Anda sembari menghirup aromanya. Lakukan hal ini selama beberapa menit dan ulangi prosesnya dua kali sehari selama pagi dan malam hari, hingga keluhan sinusitis berangsur-angsur membaik.

5. Kunyit

Kunyit yang sering Anda temukan diantara bumbu dapur ini ternyata memiliki khasiat antiradang yang disinyalir mampu mengobati infeksi akibat sinusitis. Selain itu, senyawa utama kurkumin dalam kunyit juga efektif untuk membersihkan saluran pernapasan dan menyembuhkan rongga sinus yang terinfeksi.

Penelitian yang dilakukan oleh University of California menyatakan bahwa kunyit mengandung antibiotik dan antivirus yang baik bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan beberapa kunyit dan jahe lalu seduh bersama teh panas. Kombinasi ini bisa membantu menenangkan saluran hidung Anda yang tersumbat dengan mengonsumsinya beberapa kali dalam sehari. Minum jamu kunyit juga bisa jadi pilihan obat sinusitis alami.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Jangan sampai berbagai efek samping imunisasi (vaksin) bikin Anda takut apalagi ragu diimunisasi. Pelajari dulu seluk-beluknya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

11 Prinsip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-hari

Banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa Anda sadari dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut dan gigi. Begini cara mengakalinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Pilihan Obat Sakit Gigi Antibiotik dan Apotek yang Ampuh untuk Anda

Obat apa yang Anda andalkan ketika sakit gigi menyerang? Berikut adalah obat sakit gigi paling ampuh yang bisa dijadikan pilihan!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 Oktober 2020 . Waktu baca 13 menit

Alergi Binatang Kucing dan Anjing: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Suka gatal dan bersin saat di dekat hewan berbulu? Bisa jadi itu pertanda Anda alergi binatang seperti kucing atau anjing. Cari tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 15 Oktober 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

daging ayam belum matang

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
perlukah lansia minum susu

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
bahaya makanan asin

Kenapa Kita Tak Boleh Terlalu Banyak Makan Makanan Asin?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
vaksin MMR

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit