Apabila Anda suka makan tomat mentah ataupun yang sudah dimasak, sebagai saus pasta contohnya, sebaiknya Anda pertahankan kebiasaan ini. Mengapa? Pasalnya, buah yang sering dikira sayuran ini diyakini memiliki banyak kandungan yang berdampak positif bagi kesehatan. Penasaran? Berikut beberapa manfaat buah yang punya nama latin Solanum lycopersicum bagi kesehatan Anda.

Manfaat tomat bagi kesehatan

Manfaat tomat sebagai buah atau sayur, memang masih menjadi sebuah kebingungan dan jawaban yang Anda dapatkan bahkan akan berbeda-beda tergantung pada siapa Anda menanyakannya.

Seperti dilansir dari National Geographic, dengan pertimbangan keberadaannya dalam undang-undang perpajakan biaya barang import, tomat termasuk dalam jenis sayur. Namun, berdasarkan cara tomat tumbuh, jawaban yang berbeda sepertinya akan Anda dapatkan bila Anda menanyakannya kepada ahli tumbuhan.

Namun tentu saja status tersebut tentu tidak mempengaruhi manfaat tomat bagi kesehatan.

tomat apakah penyebab asam urat manfaat sayuran merah

1. Kesehatan jantung

Ketika mengiris tomat, Anda akan melihat bahwa bentuk dalam irisannya menyerupai bilik-bilik jantung. Nah ternyata, kandungan yang dimiliki tomat ternyata juga mampu menjaga kesehatan jantung. Beberapa kandungan yang dimiliki oleh buah merah diyakini memiliki dampak positif bagi kesehatan jantung, antara lain:

Likopen. Berdasarkan review beberapa penelitian yang dipublikasikan dalam Current Medicinal Chemistry, terdapat hubungan positif antara likopen dengan kesehatan jantung. Karakteristik likopen terhadap lemak diyakini mampu mengatasi rusaknya ikatan lemak dalam darah dan mengendalikan kadar berlebihan lemak dalam darah, yang mampu memicu kondisi terhambatnya pembuluh darah (aterosklerosis). Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa likopen memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh.

Beta karoten. Suatu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa pria dengan konsumsi beta karoten yang tinggi mampu memperkecil peluang dirinya terserang sindrom metabolisme. Sindrom metabolisme adalah suatu gangguan proses metabolisme pada tubuh Anda yang ditandai dengan tingginya tekanan darah, tingginya gula darah, tingginya kadar gula dalam darah dan besarnya lingkar pinggang.

Vitamin C. Suatu penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition kepada 100.000 partisipan berhasil mengungkapkan bahwa, tingginya kadar vitamin C dalam plasma darah dapat menurunkan peluang seseorang untuk mengalami penyakit jantung.

2. Kesehatan tulang

Likopen, selain berdampak positif terhadap kesehatan jantung, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Suatu penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Bone and Mineral Research berhasil mengungkapkan bahwa kadar likopen yang tinggi dalam buah ini dapat menurunkan kesempatan seseorang mengalami patah tulang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa salah satu manfaat tomat adalah dapat mencegah perkembangan osteoporosis dalam tubuh seseorang.

3. Kesehatan mata

Keberadaan beta karoten dalam tomat, selain memberi manfaat bagi kesehatan jantung ternyata juga mampu menjaga kesehatan mata Anda. Hal ini dikarenakan saat dicerna, beta karoten akan berubah menjadi vitamin A. Terlebih buah ini  juga mengandung vitamin A menjadikan buah berwarna merah ini semakin kaya akan vitamin A.

Manfaat buah ini juga didukung oleh suatu penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute yang mengungkapkan bahwa makanan kaya vitamin A mampu meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata.

4. Menjaga kesehatan kulit

Sebuah studi tahun 2011 dari Inggris menemukan bahwa kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun dapat melindungi kulit Anda  dari kerusakan akibat sinar matahari, dan mendorong produksi pro-kolagen. Seperti yang diketahui, bahwa molekul adalah zat alami  yang memberi struktur pada kulit dan menjadikannya kencang dan awet muda.

5. Bantu atasi sembelit

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan serat, seperti tomat, dapat membantu melembabkan dan mendukung pergerakkan usus yang normal. Buah ini juga  sering digunakan sebagai buah pencahar.

6. Baik dimakan saat hamil

Asupan folat yang cukup sangat penting dipenuhi sebelum dan selama masa kehamilan. Fungsi folat sendiri gunanya untuk pertumbuhan sel dan DNA bayi di dalam kandungan.

Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat. Ini tersedia dalam suplemen namun bisa didapat secara alami juga dari manfaat buah tomat.

7. Meningkatkan kesuburan pria

Menurut sebuah  laporan yang diterbitkan oleh Klinik Cleveland di Ohio menyebutkan bahwa kandungan di dalam tomat dapat memengaruhi kesuburan pria. Memengaruhi bagaimana?

Begini, likopen adalah kandungan dalam buah bernama latin Solanum lycopersicum dianggap dapat meningkatkan kesuburan pria. Likopen juga sebagai salah satu zat pembentuk karotenoid, yang ini merupakan zat antioksidan yang memberi warna cerah pada tomat.

Antioksidan dalam buah tomat ini dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akibat konsumsi makanan tidak sehat. Perlahan, apabila tubuh sering makan makanan tidak sehat,  lemak dan kalori jadi menumpuk. Di mana ini dapat menurunkan kualitas sperma.

Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa likopen dalam buah ini dapat meningkatkan jumlah meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen. Ketika likopen masuk ke dalam tubuh, tubuh akan menyerap 20-30 persen dari total likopen yang masuk.

Likopen tersebut akan disebar ke beberapa bagian tubuh. Salah satu bagian yang paling banyak mendapat likopen adalah testis, tempat di mana sperma diproduksi.

Bagaimana cara memilih tomat yang baik?

manfaat tomat sebagai obat vitalitas pria

Anda bisa memilih tomat segar dengan tampilan buah yang montok, kulit halus, dan warnanya berkilau. Cari buah yang warnanya merah, oranye, atau hijau.

Selain buah segar, Anda juga dapat membeli tomat kalengan, pasta tomat, saus, atau atau bahkan yang sudah dikeringkan. Perhatikan produk olahan ini umumnya mengandung natrium lebih banyak guna mengawetkan buah itu sendiri.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca