home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kupas Tuntas 4 Manfaat Buah Tomat Bagi Ibu Hamil

Kupas Tuntas 4 Manfaat Buah Tomat Bagi Ibu Hamil

Berwarna merah, berair, dan memiliki biji, membayangkan ketiga ciri-ciri tersebut saja Anda mungkin sudah dapat membayangkan buah apa yang dimaksud. Ya, apa lagi kalau bukan buah tomat. Selain terkenal sebagai bahan masker alami, tomat juga tak kalah baik untuk memenuhi nutrisi selama masa kehamilan, lho. Penasaran apa saja manfaat tomat untuk ibu hamil? Baca terus ulasan berikut ini, ya!

Beragam manfaat tomat untuk ibu hamil

Terlepas dari jenis dan ukuran tomat yang dijual di pasaran, semuanya menawarkan segudang khasiat yang baik untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Berikut berbagai manfaat buah tomat yang tidak boleh dilewatkan saat kehamilan:

1. Memiliki beragam nutrisi penting

Sudah bukan rahasia umum lagi, tomat merupakan satu dari sekian buah yang kaya akan vitamin C. Terbukti dalam 100 gram (gr) tomat, mengandung vitamin C sebanyak 34 miligram (mg). Semakin banyak jumlah vitamin C yang ada di dalam tubuh, semakin lancar penyerapan zat besi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Jumlah vitamin C yang tinggi juga membantu pembentukan kulit, gigi, tulang, serta gusi bayi. Bukan hanya itu, tomat juga dipenuhi oleh 1,3 gr protein, 4,7 gr karbohidrat, 0,5 gr lemak, 0,6 mg zat besi, 8 mg kalsium, 77 mg fosfor, dan 2.083 mcg karoten.

Jika Anda mencari sumber makanan yang bisa meningkatkan energi, tomat bisa jadi salah satu pilihan yang terbaik berkat kandungan kalori yang tidak sedikit.

2. Melancarkan pencernaan

Selayaknya buah-buahan lainnya, kandungan serat yang ada di dalam tomat tidak main-main sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan. Sebab tidak menutup kemungkinan, ada berbagai gangguan perut atau masalah pencernaan yang kerap dialami oleh ibu hamil.

Terdapat 1,5 gr serat dalam setiap 100 gr buah tomat. Jumlah serat yang tidak sedikit ini, bisa membantu mendorong gerak peristaltik otot-otot pencernaan, memberikan cukup cairan untuk pencernaan makanan, hingga melancarkan pembuangan sisa makanan atau feses sampai keluar dari tubuh.

Itulah mengapa makan tomat saat hamil dipercaya bisa membantu mengatasi sembelit, diare, serta mencegah kanker kolorektal.

3. Sumber antioksidan yang baik

Tomat mengandung likopen dalam jumlah yang tinggi. Likopen adalah antioksidan yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas penyebab kanker. Misalnya kanker serviks, kanker prostat, kanker lambung, kanker kerongkongan, dan lain sebagainya.

4. Mencegah masalah kehamilan

Preeklampsia (keracunan kehamilan) adalah komplikasi kehamilan yang sering dialami oleh ibu hamil. Adanya gangguan pada perkembangan plasenta serta peningkatan tekanan darah digadang-gadang sebagai penyebab preeklampsia.

Menariknya, kalium sejumlah 164,9 mg yang terkandung dalam 100 gr tomat dipercaya dapat meningkatkan aliran darah, sekaligus menurunkan tekanan pada jantung. Alhasil, tekanan darah tinggi pun bisa lebih stabil secara perlahan.

Di sisi lain, manfaat tomat untuk ibu hamil lainnya yakni mampu mencegah risiko terjadinya cacat tabung saraf (anencephaly) dan cacat sumsum tulang belakang saat bayi baru lahir. Kandungan asam folat di dalam tomatlah yang memainkan peran penting ini.

Jadi, selain diperoleh dari suplemen dan susu yang dikonsumsi selama kehamilan, asam folat juga bisa didapatkan dari asupan makanan sehari-hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Everything You Need to Know About Tomatoes. https://www.medicalnewstoday.com/articles/273031.php Diakses pada 22 Januari 2019.

Is It Safe to Eat Tomatoes During Pregnancy? https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-eat-tomato-during-pregnancy_0087584/#gref Diakses pada 22 Januari 2019.

Nutritional Value of Tomatoes for Pregnancy. https://www.livestrong.com/article/538260-nutritional-value-of-tomatoes-for-pregnancy/ Diakses pada 22 Januari 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal diperbarui 01/02/2019
x