5 Manfaat Bir untuk Kesehatan (Jika Tak Diminum Berlebihan)

Oleh

Banyak orang menganggap bahwa minum bir hanya akan mencari penyakit saja. Tapi, apa benar begitu faktanya? Sudah lama peneliti menemukan manfaat bir untuk kesehatan. Namun tentu saja manfaat ini hanya akan didapat jika bir diminum sesekali saja dan tidak berlebihan, alias tidak sampai membuat mabuk.

Apa saja manfaat bir bagi kesehatan?

1. Kesehatan otak

Melalui penelitian pada 3.660 peserta, ditemukan bahwa orang yang minum bir kurang dari seminggu sekali akan lebih besar risikonya terkena stroke dibanding yang suka minum bir. Peneliti menyimpulkan, hal ini terjadi karena alkohol memiliki kemampuan untuk mengencerkan darah, sehingga mencegah terjadinya penggumpalan.

Tetapi, minum bir terlalu banyak juga akan menyebabkan atrofi otak (volume atau kemampuan otak berkurang). Selain itu, minumlah bir yang kaya akan nutrisi, seperti yang mengandung protein, vitamin B, zat besi, riboflavin dan magnesium.

2. Membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer

Para peneliti di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine menganalisis beberapa studi dan menyimpulkan bahwa para peminum bir 23% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit Alzheimer. Kandungan zat silikon dalam bir akan mencegah berbagai bentuk demensia dan gangguan kognitif, termasuk Alzheimer. Isi silikon dalam bir ini, diduga melindungi otak dari efek berbahaya dari tingginya zat aluminium dalam tubuh, yang merupakan salah satu kemungkinan penyebab Alzheimer terjadi.

3. Kaya antioksidan

Bir yang mengandung antioksidan memiliki kandungan zat xanthohumol. Xanthohumol diketahui memiliki sifat anti-kanker yang membantu menangkis enzim penyebab kanker di dalam tubuh. Orang yang minum bir secukupnya bisa membantu mencegah reaksi kimia tertentu yang dapat menyebabkan kanker prostat pada pria. Bir juga telah terbukti mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara pada wanita.

4. Membantu mengobati ketombe

Fakta lain yang menarik tentang bir adalah bir juga bisa digunakan sebagai obat alami yang bisa membasmi ketombe di kepala Anda. Pasalnya, bir dikaitkan dengan kadar ragi yang tinggi dan kaya akan vitamin B. Dengan hanya  membilas rambut Anda dengan bir sekitar dua sampai tiga kali seminggu, ini ampuh  untuk menyingkirkan ketombe dan membuat rambut Anda lembut dan mengkilap.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Pada tahun 2012, sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bir dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada tubuh. Para peneliti juga menyimpulkan, pada tipe bir ini terdapat zat anti oksidan alami, yang dikenal sebagai fenol. Fenol dan antioksidan inilah yang meningkatkan fungsi jantung.

Berapa banyak bir yang masih aman untuk diminum tanpa merusak kesehatan?

Yang terpenting dalam minum bir adalah minum secukupnya saja, karena jika diminum berlebihan justru malah bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Bir mengandung kalori tinggi yang bisa meningkatkan berat badan Anda, dan memicu penumpukan lemak di perut, yang sering disebut beer belly. Perut buncit itu meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan penyumbatan pembuluh darah.

Minum bir terlalu banyak juga bisa merusak hati Anda, dan memicu berbagai penyakit serius mulai dari perlemakan hati, hingga sirosis. Belum lagi risiko kecanduan dan perilaku berisiko tinggi yang mungkin Anda lakukan dalam keadaan mabuk.

Oleh karena itu, menurut CDC, pastikan bahwa jika Anda minum bir, ini tidak lebih dari 12 ons beer atau yang setara dengan satu gelas ukuran normal.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca