Daftar Nutrisi dan Vitamin untuk Otak yang Wajib Anda Penuhi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Untuk anak-anak, khususnya janin dan bayi, vitamin merupakan nutrisi penting yang harus terpenuhi pada periode emas tumbuh kembangnya. Periode ini dimulai sejak bulan-bulan pertama janin terbentuk di dalam kandungan, hingga benar-benar berakhir ketika anak memasuki masa puber, pada usia 9-15 tahun. Kekurangan vitamin maupun nutrisi lain pada periode ini dapat memengaruhi perkembangan otak, tingkat kecerdasan, dan bisa memicu berbagai cacat otak bawaan atau gangguan otak. Apakah Anda sudah tahu, apa saja vitamin untuk otak? Jika belum, cari tahu di artikel ini.

Nutrisi dan vitamin untuk otak yang tak boleh dilewatkan

Memastikan otak tetap mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkannya sangat penting bagi semua kalangan usia. Berbagai jenis vitamin untuk otak bisa Anda dapatkan melalui pilihan makanan (diet) yang sehat dengan kandungan gizi berimbang. Berikut adalah beberapa vitamin yang dibutuhkan otak dan dampak kekurangan vitamin-vitamin tersebut. 

1. Vitamin B1

Vitamin untuk otak yang pertama adalah vitamin B1 yang berperan penting dalam hantaran impuls sel saraf. Kekurangan vitamin B1 dapat berpengaruh pada kondisi mental, kemampuan belajar, energi, kemampuan tubuh dalam menghadapi tekanan, dan daya ingat pada penderita penyakit Alzheimer. Vitamin B1 bisa ditemukan pada kacang-kacangan, daging, ragi, dan biji sereal.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 berperan dalam pembentukan myelin, yaitu lapisan pelindung serat saraf otak. Vitamin untuk otak yang satu ini berguna untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, kehilangan ingatan, menurunnya suasana hati, dan penurunan mental. Vitamin B12 bisa ditemukan pada daging sapi, domba, ikan, unggas, dan babi.

3. Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki peran dalam produksi serotonin dan dopamin yang menjaga suasana hati dan kewaspadaan Anda. Vitamin B6 terdapat pada kangkung, kembang kol, lobak, sawi, tuna, dan bawang putih.

4. Asam Folat

Kekurangan asam folat dapat menurunkan kemampuan daya ingat dan fokus. Asam folat juga membantu menurunkan kadar asam amino homosistein pada darah yang menyebabkan kerusakan pada sel otak. Asam folat bisa ditemukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal gandum.

5. Vitamin E

Kekurangan vitamin E membuat tubuh kekurangan kemampuannya dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan otak, misalnya penyakit degeneratif Alzheimer. Kacang almond, hazelnut, tepung gandum, minyak jagung, dan sayuran hijau, adalah beberapa contoh makanan yang memiliki kedua jenis tokoferol dari vitamin E, yaitu antioksidan yang berguna melawan radikal bebas.

6. Vitamin C

Vitamin ini merupakan antioksidan penting yang dapat melindungi otak dari radikal bebas. Vitamin ini dipercaya juga dapat membantu mencegah penyakit alzheimer dengan cara melawan penumpukan zat yang menyebabkan Alzheimer. Beberapa sumber vitamin C yang dapat Anda konsumsi adalah brokoli, jeruk dan stroberi.

7. Asam lemak omega-3

Omega-3 merupakan nutrisi penting dalam perkembangan otak. Kekurangan asam lemak omega-3 diduga bisa menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak dan meningkatkan risiko gangguan mental, seperti depresi, gangguan bipolar, disleksia, ADD (attention deficit disorder), dan skizofrenia. Asam lemak omega-3 terdapat pada ikan salmon, buah kiwi, biji rami, dan kenari.

Bicarakan dengan dokter mengenai vitamin untuk otak dan suplemen seperti apa yang cocok dengan kondisi Anda, termasuk dosis konsumsi, dan efek lainnya sebelum memutuskan mengonsumsinya.

Nutrisi dan vitamin untuk otak bisa memengaruhi proses kognitif dan juga kestabilan emosi seseorang. Imbangilah dengan diet makanan seimbang dan olahraga secukupnya. Perpaduan diet makanan sehat dengan olahraga yang pas dapat meningkatkan kemampuan otak dan mengurangi berbagai jenis gangguan otak, seperti cedera otak, tumor otak, penyakit neurodegeneratif, dan gangguan mental.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Selain mengatur porsi makanan, ternyata ada beberapa suplemen yang bisa digunakan sebagai penambah berat badan. Ini dia daftarnya!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 9 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ketika bulan puasa, banyak orang yang mudah sakit dan merasa cepat lemas. Karena itu, Anda butuh minum vitamin C dan zinc untuk mengatasinya. Mengapa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hari Raya, Ramadan 1 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

10 Jenis Sayur dan Buah yang Bisa Jadi Sumber Vitamin C Saat Sahur

Kurangnya asupan makanan saat puasa membuat kebutuhan vitamin Anda tidak terpenuhi. Apa saja makanan atau minuman untuk memenuhi vitamin C saat sahur?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 27 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Kebutuhan Vitamin C dalam Tubuh Meningkat saat Sakit atau Sama Saja?

Vitamin C pentin agar sistem imun tetap bekerja melawan berbagai virus atau bakteri. Tapi apakah kebutuhan vitamin C dalam tubuh meningkat saat sakit?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
Nutrisi, Hidup Sehat 23 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

multivitamin gummy dewasa

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 3 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
jamur cordyceps

4 Manfaat Cordyceps Militaris, Jamur yang Berkhasiat bagi Kesehatan Terutama untuk Pernapasan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 7 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
suplemen hormon testosteron

3 Suplemen Penambah Hormon Testosteron untuk Para Pria

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 16 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit