Punya Pasangan Workaholic, Coba 5 Tips Ini Agar Tetap Merasa Dekat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/04/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Kesibukan bekerja dapat menyita banyak waktu, bahkan merenggut keintiman hubungan Anda dengan pasangan. Inilah kekurangan yang seringkali dikeluhkan oleh mereka yang memiliki pasangan workaholic. Jika berlangsung dalam waktu lama, hal tersebut dapat menimbulkan konflik dan bahkan menyebabkan perceraian.

Cara menjaga hubungan dengan pasangan workaholic

Tidak perlu merasa frustrasi bila pasangan Anda memiliki sifat ini. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga hubungan tetap hangat walaupun pasangan begitu gemar bekerja.

1. Bicarakan baik-baik

Walaupun kebiasaan pasangan Anda menimbulkan merasa kesal, Anda harus tetap membicarakan masalah ini secara baik-baik. Anda dan pasangan sama-sama berada dalam kondisi penuh tekanan, dan amarah tidak akan membantu sama sekali.

Dengan nada suara yang baik, sampaikan kepada pasangan Anda bahwa sifatnya yang workaholic membuat Anda cemas. Ingatkan pasangan Anda akan beberapa hal yang telah ia lewatkan karena terlalu banyak bekerja. Misalnya bermain dengan anak atau waktu makan malam bersama keluarga.

2. Biarkan pasangan Anda merasakan konsekuensinya

Tanpa perlu menjelaskan panjang-lebar, cukup lakukan kegiatan sehari-hari seperti yang biasa Anda lakukan. Misalnya, tetaplah menyiapkan makan malam pada jam yang sama. Jika pasangan Anda melewatkan waktu makan malam, maka ia akan merasakan konsekuensi berupa makan malam yang sudah dingin.

Pasangan yang workaholic biasanya sulit diajak bepergian ke luar rumah, tapi ini tidak jadi masalah. Anda bisa tetap pergi bersama anak-anak Anda. Atau, Anda bisa menghabiskan waktu bersama kerabat tanpa perlu menunggu pasangan Anda menyelesaikan pekerjaannya.

3. Habiskan waktu berdua

Anda bisa mencoba mengalihkan pasangan Anda dari pekerjaannya dengan mengajaknya melakukan kegiatan yang menyenangkan berdua. Ini merupakan kesempatan untuk meredam tekanan dan stres yang timbul akibat sifat workaholic pasangan Anda.

Dengan menghabiskan waktu berdua, Anda memiliki kesempatan untuk berbicara lebih dalam dengan pasangan. Anda juga dapat menyampaikan secara jujur mengenai berbagai hal yang menimbulkan rasa cemas karena pasangan Anda terlalu banyak bekerja.

4. Fokus pada kualitas, bukan kuantitas

Kesibukan bekerja pasangan yang workaholic mungkin membuat Anda tidak dapat menghabiskan waktu bersama setiap hari. Namun, fokuslah untuk meningkatkan kualitas dibandingkan kuantitasnya. Saat Anda memiliki kesempatan berdua dengan pasangan, lakukanlah hal-hal yang semakin menghangatkan hubungan asmara Anda.

Alih-alih mengutamakan seberapa banyak waktu yang Anda habiskan bersama pasangan, cobalah untuk fokus terhadap energi yang Anda dapatkan dari kesempatan ini. Pada akhirnya, tujuan yang hendak Anda raih bukanlah waktu yang banyak, melainkan waktu yang berkualitas.

5. Jauhkan ponsel Anda sejenak

Cobalah membangun komitmen bersama pasangan untuk menyediakan beberapa menit atau jam bersama tanpa ponsel. Ini akan memberikan Anda waktu bersama pasangan yang workaholic tanpa perlu mengganggunya dari kewajiban kerja yang perlu ia penuhi.

Sebagai awalan, cobalah menyediakan waktu selama setengah jam pada malam hari tanpa ponsel, laptop, atau apa pun yang menghubungkan pasangan Anda dengan pekerjaannya. Lakukan ini sebanyak dua kali dalam satu minggu, dan Anda akan memiliki waktu berkualitas dengan pasangan.

Menjadi pasangan yang workaholic bukanlah sesuatu yang mutlak salah. Ini justru menunjukkan bahwa pasangan Anda fokus terhadap karirnya dan memiliki semangat tinggi dalam menjalaninya. Sifatnya yang demikian bisa saja membantunya mendaki puncak karir dan menjadi seseorang yang sukses.

Peran Anda dalam hubungan adalah mengingatkan pasangan Anda untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupannya sehari-hari. Selama sifat workaholic-nya tidak menimbulkan kerugian, tidak ada salahnya melihat pasangan Anda melakukan sesuatu yang ia cintai.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Saatnya Move On! Ini 6 Tips Kembali Menjalin Asmara Setelah Bercerai

Memulai hubungan setelah bercerai bukan hal yang mudah. Membuka diri untuk orang yang tepat perlu dilakukan secara perlahan hingga Anda menjajak keseriusan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Seks & Asmara 22/12/2019 . 4 menit baca

Meski Menemui Banyak Rintangan, Ternyata Menjalin Hubungan LDR Ada Manfaatnya

Bagi Anda yang menjalani hubungan jarak jauh alias LDR mungkin sering dipandang sebelah mata. Kenyataannya, LDR memiliki manfaat yang tidak disangka-sangka.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 22/11/2019 . 3 menit baca

5 Tanda Anda Mungkin Belum Siap Menjalin Hubungan dengan Single Parent

Berhubungan dengan single parent mungkin akan menemui berbagai tantangan. Siapkah Anda masuk dalam kehidupan mereka? Temukan jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28/10/2019 . 5 menit baca

4 Tips Membangun Hubungan dengan Si Ambivert Agar Tetap Langgeng

Bagi sebagian orang, menghadapi pasangan yang ambivert ternyata cukup sulit dan membutuhkan strategi tertentu agar hubungannya langgeng. Apa saja tipsnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 18/10/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

3 Kesalahan yang Tanpa Disadari Dilakukan saat Kencan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020 . 5 menit baca
kencan valentine

Jadikan Kencan Malam Valentine Lebih Romantis dengan 5 Tips Ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 13/03/2020 . 4 menit baca
membagi tugas rumah tangga

Tips Bagi-Bagi Tugas Rumah Tangga Dengan Pasangan Semasa Liburan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 26/12/2019 . 4 menit baca
cara mengatasi suami sibuk kerja

4 Hal yang Mesti Dilakukan Agar Hubungan Tetap Mesra Meski Pasangan Sibuk Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 22/12/2019 . 3 menit baca