Wajib Tahu! Inilah Penyakit yang Mengintai Pengantin Baru

Oleh

Bagi para pengantin baru, saat berbulan madu tentu sudah ditunggu-tunggu. Anda dan pasangan mungkin sudah membayangkan momen-momen intim bersama. Terlena dengan nikmatnya malam pertama itu sah-sah saja, kok. Akan tetapi, waspadalah dengan honeymoon cystitis, yaitu penyakit infeksi saluran kencing yang kerap menyerang wanita saat berbulan madu. Supaya Anda bisa terhindar dari infeksi saluran kemih saat bulan madu, simak informasi penting berikut ini, ya.

Apa itu honeymoon cystitis?

Honeymoon cystitis adalah infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh hubungan seks. Biasanya wanita yang baru pertama kali berhubungan seks lebih rentan diserang penyakit ini. Penyebabnya adalah berbagai jenis bakteri yang tadinya bersarang di daerah anus masuk ke uretra (lubang kemih). Pasalnya, saat berhubungan seks, penis atau jari suami bisa dengan mudah jadi perantara perpindahan bakteri tersebut. Bakteri yang masuk ke uretra dan saluran kemih akan menyebabkan infeksi atau peradangan.

Wanita lebih berisiko mengalami infeksi saluran kencing saat bulan madu karena anatomi tubuhnya berbeda dengan pria. Jarak antara lubang kemih, bukaan vagina, dan anus sangatlah dekat. Sementara itu pada pria jaraknya cukup jauh.

Gejala infeksi saluran kemih saat bulan madu

Perhatikan jika Anda atau pasangan mengalami gejala-gejala berikut ini. Bisa jadi Anda mengidap honeymoon cystitis.

  • Perih ketika buang air kecil
  • Anyang-anyangan
  • Beser (ingin buang air kecil terus)
  • Inkontinensia urin (mengompol)
  • Air seni tampak keruh dan sangat bau
  • Demam jika infeksi sudah menjalar sampai ginjal

Penanganan dan pengobatan

Bila Anda mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, segera kunjungi dokter. Anda mungkin akan diresepkan antibiotik untuk melawan infeksi bakteri. Jika Anda mengikuti saran dokter dan minum obat sesuai anjuran, infeksi saluran kemih saat bulan madu bisa sembuh dalam waktu 3 sampai 5 hari.

Sambil menjalani pengobatan, pastikan Anda banyak minum air putih dan tidak menahan kencing. Anda dan pasangan juga sebaiknya tidak berhubungan seks dulu sampai benar-benar pulih.

Mencegah infeksi saluran kemih saat berbulan madu

Supaya Anda dan pasangan bisa berbulan madu dengan romantis dan sehat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah buang air kecil setelah seks, khususnya bagi wanita. Buang air kecil setelah bercinta bisa membasuh dan membuang bakteri yang berasal dari anus keluar dari saluran kemih Anda.

Pastikan juga selama berbulan madu, Anda tidak tidur dengan lingerie yang berbahan dasar sutra atau renda. Bahan tekstil tersebut akan membuat area vagina, lubang kemih, dan anus jadi lembap dan panas. Akibatnya, bakteri berkembang biak dengan semakin pesat. Setelah berhubungan seks, lebih baik Anda ganti celana dalam dari bahan katun atau tak usah menggunakan pakaian dalam sama sekali.

Jika Anda ingin membersihkan area vagina setelah bermalam pertama, usap dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya. Hal ini akan mencegah perpindahan bakteri dari anus. Selain itu, jangan membersihkan area vagina dengan sabun kewanitaan. Sabun kewanitaan berisiko menyebabkan perubahan pH alami Anda sehingga bakteri jadi lebih mudah menginfeksi lubang kemih.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca