Rasa jenuh adalah hal yang lumrah dalam suatu hubungan, terlebih jika Anda telah menjalinnya selama bertahun-tahun. Hal ini kerap menjadi alasan untuk mengakhiri hubungan yang telah dibangun sejak lama. Padahal, rasa bosan dengan pacar ini bisa dihilangkan bila memahami cara mempertahankan hubungan supaya terus langgeng. 

Renungkan ini bila mulai bosan dengan pacar

Salah satu penyebab utama timbulnya rasa jenuh dan bosan adalah hilangnya variasi dan kejutan dalam hubungan. Pada awal menjalin hubungan, Anda dan pasangan akan menggunakan energi dan waktu untuk saling mengenal kepribadian, isi pikiran, dan perasaan satu sama lain. Pada tahap ini, keunggulan dan kekurangan pasangan yang menjadi perhatian utama dan pertimbangan dalam melanjutkan hubungan.

Seiring waktu, Anda dan pasangan mulai menentukan ke arah mana hubungan ini akan dibawa. Saat ini, tantangannya bukan lagi mengenal pribadi masing-masing, melainkan bagaimana caranya mempertahankan hubungan dan mencapai tujuan bersama.

Biasanya karena sudah mengenal dan memahami satu sama lain, semangat Anda dan pasangan mungkin sedikit surut. Nah, ini yang kemudian menjadi penyebab Anda bosan dengan pacar dan hubungan tidak berkembang alias berhenti di situ saja.

Cara mempertahankan hubungan saat jenuh menyerang

Tak ada salahnya untuk mengungkapkan kepada pasangan bahwa saat ini Anda merasa jenuh. Dengan begitu, Anda dapat saling bertukar pikiran dan menemukan solusi yang tepat.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa bosan dalam hubungan. Di antaranya:

1. Jangan mau kalah oleh kesibukan

Anda dan pasangan terlalu sibuk dengan kegiatan masing-masing? Awas, jika tidak pandai menjaga komunikasi, rasa jenuh bisa tumbuh dan menjalar ke mana-mana. Sesekali, Anda boleh saja menuntut waktu untuk bersama dengan pasangan, asalkan mengetahui kapan saat yang tepat.

Luangkan waktu untuk bertemu, atau bahkan bertegur sapa melalui chat jika memang Anda sedang berjauhan dengannya. Setidaknya, dalam sehari Anda telah berkomunikasi dengan pasangan. Manfaatkan waktu tersebut untuk membicarakan apa saja agar semakin dekat dengannya.

2. Rencanakan kegiatan bersamanya

Merencanakan kegiatan bersama bisa menjadi cara ampuh mempertahankan hubungan saat Anda mulai merasa bosan dengan pacar. Anda bisa merencanakan kencan romantis, makan malam berdua, atau menghabiskan akhir pekan dengan berjalan-jalan.

Tidak perlu melakukan perjalanan yang memakan waktu lama, Anda juga bisa jalan.

3. Ulang kegiatan yang dulu pernah dilakukan bersama

Mari ingat kembali, apa saja kegiatan yang dahulu membuat Anda semakin dekat dengan pasangan? Jika Anda dan pasangan didekatkan oleh hobi yang sama, coba lakukan kembali.

Jika pasangan Anda menyukai masakan yang Anda buat, ajaklah ia memasak bersama seperti dulu. Atau, Anda juga bisa mengajaknya mengulang kencan pertama dan mengingat kembali hal-hal yang dulu terasa mendebarkan.

4. Cobalah keluar dari zona nyaman

Salah satu cara paling ampuh mengusir jenuh adalah dengan melakukan kegiatan baru. Jika Anda masih belum tahu ingin melakukan apa, mungkin inilah saatnya bagi Anda untuk keluar dari zona nyaman.

Ajaklah pasangan melakukan hal-hal unik yang tak pernah terpikirkan oleh Anda, misalnya mencoba jenis makanan baru, melakukan olahraga ekstrem, atau menaiki wahana rollercoaster yang menegangkan.

Mempertahankan hubungan bukanlah hal yang mustahil sekalipun Anda sedang merasa bosan dengan pacar. Kuncinya adalah komunikasi yang baik dan kemampuan untuk saling memahami. Kedua hal inilah yang akan membuat Anda dan pasangan merasakan kembali percikan cinta yang sempat padam. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan