Luka Bakar yang Meninggalkan Bekas dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 8 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mengatasi luka bakar dapat dilakukan dengan cara tertentu, tergantung dari derajatnya. Bekas luka yang tertinggal dapat hilang seiring berjalannya waktu dan ada juga yang meninggalkan jejak permanen. Dalam kasus luka bakar ringan dapat diatasi di rumah untuk mencegah efek selanjutnya. Sebelumnya, ketahui dulu tipe luka bakar yang dapat meninggalkan bekas pada kulit.

Tipe luka bakar yang bisa meninggalkan bekas

Anda mungkin pernah menyentuh panci panas atau terkena air mendidih tanpa sengaja. Selepasnya, ada rasa panas yang menyerang kulit. Biasanya cara cepat mengatasi luka bakar yang tergolong ringan bisa segera dilakukan di rumah. Namun, untuk kecelakaan lainnya bisa saja menimbulkan derajat luka bakar tertentu dan meninggalkan bekas.

Maka itu, ketahui luka bakar yang bisa meninggalkan bekas.

1. Luka bakar derajat pertama

Luka bakar ini mempengaruhi bagian epidermis atau bagian kulit luar. Luka bakar biasanya meninggalkan bekas kemerahan dan rasa sakit. Umumnya, pada derajat pertama, luka bakar bisa sembuh tanpa meninggalkan luka dalam waktu 6 hari. Cara mengatasi luka bakar derajat ini dapat Anda segera lakukan di rumah.

2. Luka bakar derajat kedua

Pada luka bakar derajat kedua biasanya mempengaruhi bagian epidermis dan dermis atau bagian bawah kulit, sehingga timbul warna kemerahan. Pasien biasanya mengalami rasa sakit pada area luka. Penyembuhan luka bakar berlangsung 2-3 minggu dan umumnya meninggalkan bekas luka.

3. Luka bakar derajat ketiga

Tak hanya lapisan kulit epidermis dan dermis, kerusakan pada luka bakar derajat tiga ini juga terjadi pada tendon dan tulang. Bahkan, dapat mempengaruhi ujung saraf. Luka bakar ini menimbulkan perubahan kulit yang menjadi warna putih atau hitam. Masa penyembuhan luka bakar ini memakan waktu yang cukup lama dan meninggalkan bekas luka. 

Pada luka bakar derajat kedua dan ketiga biasanya menimbulkan bekas luka berikut.

  • Bekas luka hipertrofi: luka bakar dapat meninggalkan bekas warna kemerahan hingga keunguan dan cembung (luka timbul). Skar hipetrofi ini biasanya menimbulkan sakit dan gatal. 
  • Bekas luka kontraktur: membuat kulit, otot, dan tendon lebih kencang dan membatasi kulit untuk bergerak secara normal dan leluasa.
  • Bekas luka keloid: kulit yang sembuh dengan permukaan yang mengkilap, serta bekas yang timbul dan tidak berbulu.

Cara mengatasi luka bakar

Luka bakar ringan atau luka bakar derajat pertama dapat segera diatasi agar tidak meninggalkan bekas luka dan berlanjut ke derajat kedua. Berikut rekomendasi cara mengatasi luka bakar yang disarankan oleh American Academy Dermatology.

1. Dinginkan luka bakar

Cara mengatasi luka bakar dapat dilakukan dengan membasahi area terpapar dengan air keran dingin. Lakukan selama 10 menit hingga rasa sakit mereda.

2. Aplikasikan petroleum jelly

Jangan pernah menggunakan odol atau mentega untuk mengolesi luka bakar, sebab keduanya bisa menimbulkan infeksi. Mengaplikasikan petroleum jelly 2-3 kali setiap hari untuk meredakan luka bakar merupakan cara yang diasarankan untuk mengatasi luka bakar.

3. Gunakan perban steril

Anda bisa menggunakan perban steril yang tidak lengket sebagai cara mengatasi luka bakar yang melepuh. Biarkan luka sembuh dan hindari memecahkan luka melepuh yang menggelembung.

4. Minum obat pereda sakit

Terkadang luka bakar ringan juga menimbulkan rasa sakit pada kulit. Anda bisa mengonsumsi obat pereda sakit yang dijual bebas di apotek yang mengandung ibuprofen atau acetaminophen untuk meredakan sakit dan peradangan.

5. Hindari sinar matahari

Cara mengatasi luka bakar selanjutnya, jangan lupa lindungi luka bakar dari paparan sinar matahari. Anda bisa menyesuaikan pakaian untuk menutupi area luka bakar dan mengenakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Beberapa kondisi menyebabkan meninggalkan bekas luka bakar yang kemerahan selama berminggu-minggu. Oleh karenanya, cara ini diperlukan untuk meminimalkan bekas luka. 

Untuk luka bakar pada derajat pertama bisa saja dapat dihilangkan tanpa bantuan ke dokter. Namun, untuk luka bakar derajat kedua dan ketiga ada baiknya segera dirujuk ke rumah sakit untuk ditangani lebih lanjut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Alpha Arbutin, Bahan Andalan untuk Produk Perawatan Kulit

Alpha arbutin adalah pilihan yang aman untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit wajah. Apa saja manfaat dari alpha arbutin untuk wajah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Fungsi Produk Skincare dan Urutan Pemakaiannya Secara Umum

Kira-kira, berapa lama produk skincare akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit

3 Cara Terbaik untuk Mengobati Gusi Turun yang Mengganggu

Gusi turun tak boleh dianggap remeh karena bisa menyebabkan masalah gigi yang lebih parah. Sebelum terlambat, ketahui cara mengatasi gusi turun berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut 7 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Alasan Merawat Kulit Wajah Harus Dilakukan Sedini Mungkin

Merawat kulit wajah dan tubuh perlu dilakukan sejak dini. Selain mencegah penuaan dini, merawat kulit juga turut menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ditulis oleh: Maria Amanda
Kesehatan 3 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara menakar porsi makan

Cara Praktis Menakar Porsi Makan untuk Menjaga Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Obat Pencegah Kehamilan Tradisional

Cegah Kehamilan Tanpa Kontrasepsi Medis dengan 6 Pilihan Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
mengatasi keringat dingin

Memahami Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Keringat Dingin

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 26 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
scrub matcha dari bahan alami

Ragam Scrub dari Bahan Alami yang Bagus dan Bikin Glowing

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit