home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Manfaat Petroleum Jelly Selain untuk Atasi Kulit Kering

7 Manfaat Petroleum Jelly Selain untuk Atasi Kulit Kering

Petroleum jelly dikenal sebagai penyelamat untuk kulit kering. Penggunaan secara rutin bisa menyehatkan kulit karena produk ini mampu mengunci kelembapan dalam jaringan kulit Anda. Namun, tahukah Anda bahwa petroleum jelly memiliki banyak manfaat lain yang tidak terduga?

Manfaat petroleum jelly untuk kesehatan

petroleum jelly untuk kulit bayi

Petroleum jelly atau petrolatum adalah campuran lilin dan minyak mineral yang memiliki tekstur setengah padat menyerupai jeli. Orang-orang umumnya menggunakan produk ini untuk melembapkan kulit serta mengatasi gangguan kulit seperti ruam atau eksim.

Petrolatum alami dibuat dengan memurnikan minyak tanah atau petroleum. Proses ini dilakukan dengan menghilangkan zat tertentu pada minyak tanah sehingga warnanya berubah menjadi putih dan baunya tidak lagi menyengat.

Produsen dahulu mengenalkan petroleum jelly sebagai obat ajaib yang bisa mengatasi berbagai penyakit kulit. Kendati klaim “obat ajaib” tidak sepenuhnya benar, petroleum jelly bisa memberikan manfaat sebagai berikut.

1. Membantu menyembuhkan luka gores

Petroleum jelly membantu menyembuhkan luka ringan seperti luka lecet dan tergores, serta mencegah pembentukan keropeng atau kerak. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa minyak ini ampuh melembapkan kulit selama pemulihan pascaoperasi.

Dengan menjaga kelembapan kulit di sekitar area sayatan, Anda turut mencegah bekas luka agar tidak bertambah besar dan dalam. Hasilnya, kulit di sekitar area sayatan bisa sembuh tanpa meninggalkan bekas luka yang mengganggu penampilan.

2. Menghapus riasan mata

Riasan mata seperti eyeliner, maskara, dan eyeshadow biasanya lebih sulit dibersihkan karena sifatnya yang tahan air. Untungnya, petroleum jelly memiliki manfaat sebagai penghapus makeup mata yang aman dan bisa digunakan kapan saja.

Untuk menghapus riasan mata, cukup oleskan sedikit petroleum jelly pada area mata Anda. Ambil sedikit kapas dan tekan lembut bagian mata yang hendak Anda bersihkan. Pastikan Anda menutup mata selama membersihkan makeup dengan produk ini.

3. Mencegah iritasi kulit akibat gesekan

iritasi pada kulit

Kulit terkadang bisa mengalami iritasi saat bergesekan dengan pakaian, misalnya celana jin yang terlalu tebal atau pakaian yang terlalu ketat. Gesekan dan tekanan pada kulit secara terus-menerus biasanya membuat kulit terasa perih.

Menurut American Academy of Dermatology, Anda dapat mencegah iritasi dengan cara mengoleskan petroleum jelly pada area kulit yang bermasalah. Bila perlu, lakukan ini sebelum Anda mulai beraktivitas dengan pakaian yang mungkin bisa memicu iritasi.

4. Menjadi lapisan pelindung kulit

Manfaat utama petroleum jelly sebenarnya bukanlah untuk melembapkan kulit secara langsung, sebab kulit tidak menyerap produk berbahan minyak ini dengan sempurna. Namun, petroleum jelly akan bekerja sebagai lapisan ekstra yang melindungi kulit.

Lapisan petroleum jelly akan memerangkap cairan dalam jaringan kulit dan mencegah masuknya kotoran dari luar. Dengan begitu, kulit Anda senantiasa lembap dan terhindar dari risiko infeksi akibat masuknya kotoran dan kuman.

5. Mengatasi ruam popok

Ruam popok adalah peradangan kulit yang ditandai dengan bercak-bercak merah pada kulit pantat bayi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kontak antara kulit bayi dengan popok yang lembap atau gesekan antara kulit bayi dan popok.

Ruam popok sangat umum dan dapat diatasi dengan cara rumahan, seperti mengganti popok secara rutin atau mengoleskan petroleum jelly. Kandungan minyak pada produk ini akan menciptakan lapisan yang melindungi kulit bayi dari risiko ruam.

6. Mencegah gejala eksim

Eksim dapat menimbulkan iritasi, rasa gatal yang hebat, dan bercak-bercak tebal pada permukaan kulit. Kabar baiknya, sebuah penelitian pada 2017 mengungkapkan bahwa salah satu manfaat petroleum jelly adalah mencegah timbulnya gejala eksim.

Pada penelitian tersebut, penggunaan petroleum jelly sebagai pelembap kulit terbukti mencegah kemunculan gejala pada bayi yang menderita eksim. Manfaat ini mungkin berkaitan dengan cara kerja petroleum jelly dalam melindungi kulit dari pemicu eksim.

7. Mencegah pengelupasan kulit

Sesekali, kulit Anda akan mengelupas dan berganti dengan jaringan kulit yang baru. Pengelupasan kulit merupakan hal yang wajar, tetapi orang dengan kulit yang kering biasanya lebih rentan mengalami nyeri dan iritasi.

Ini karena proses pengelupasan kulit berlangsung lebih cepat pada kulit yang kering. Mengoleskan petroleum jelly pada kulit jari, muka, kelopak mata, maupun bagian kulit lainnya yang terasa kering bisa membantu mencegah nyeri.

Manfaat petroleum jelly rupanya jauh lebih beragam dari sekadar melembapkan kulit. Apabila digunakan dengan tepat, petroleum jelly bisa melindungi kulit, mencegah gejala eksim, hingga membantu menyembuhkan luka yang ringan.

Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif atau alergi, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter terlebih dulu. Hentikan pemakaian jika kulit Anda terasa tidak nyaman.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5 ways to use petroleum jelly for skin care – American Academy of Dermatology Association. (2021). Retrieved 10 June 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/petroleum-jelly

Petroleum Jelly: Uses, Benefits, Dangers, and More – Healthline. (2021). Retrieved 10 June 2021, from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/petroleum-jelly#uses

Diaper rash – Symptoms and causes – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 10 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diaper-rash/symptoms-causes/syc-20371636

Morales-Burgos, A., Loosemore, M. P., & Goldberg, L. H. (2013). Postoperative wound care after dermatologic procedures: a comparison of 2 commonly used petrolatum-based ointments. Journal of drugs in dermatology : JDD, 12(2), 163–164.

Alonso, C., Larburu, I., Bon, E., González, M. M., Iglesias, M. T., Urreta, I., & Emparanza, J. I. (2013). Efficacy of petrolatum jelly for the prevention of diaper rash: a randomized clinical trial. Journal for specialists in pediatric nursing : JSPN, 18(2), 123–132. doi: 10.1111/jspn.12022.

Foto Penulis
Ditulis oleh Widya Citra Andini pada 03/03/2019
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x