3 Bahaya yang Bisa Terjadi Akibat Kekurangan Vitamin A

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/04/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Di zaman yang sudah canggih dan serba modern ini, ternyata masih banyak orang yang kekurangan vitamin. Ini bahkan juga termasuk penduduk ibukota yang hidup berkecukupan.

Salah satu vitamin yang sering terabaikan adalah vitamin A. Vitamin ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, dan hanya bisa didapat lewat makanan. Vitamin A banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan ini memegang peranan penting. Bukan hanya untuk kesehatan mata, vitamin ini juga penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apa bahayanya jika tubuh kekurangan vitamin A?

1. Daya tahan tubuh menurun

Selain berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, tercukupinya vitamin A dalam tubuh juga berfungsi penting untuk menjaga dan bantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ini bisa mengakibatkan gangguan pada kulit dan rambut, bahkan melemahnya sistem imun tubuh.

2. Gangguan pada penglihatan, bahkan kebutaan pada anak-anak

Ketika tubuh Anda kekurangan vitamin A, hal ini akan berdampak pada penglihatan Anda, contohnya seperti mata kering (xeropthalmia),

Anda juga harus tahu, bahwa kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan yang sebetulnya dapat dicegah pada anak-anak di seluruh dunia. Diperkirakan, ada sekitar 200.000 sampai 500.000 anak di negara-negara berkembang yang menjadi buta setiap tahunnya karena kekurangan vitamin A. Sedangkan sebagian dari anak yang mengalami kebutan tersebut, meninggal dalam waktu setahun setelah kehilangan penglihatan mereka.

3. Mengganggu perkembangan janin pada ibu hamil

Selain anak-anak, ibu hamil pun menjadi golongan yang rentan mengalami kekurangan vitamin A. Risiko ini paling tinggi dialami saat trimester ketiga, di mana pertumbuhan janin berlangsung dengan pesat. Namun demikian, ini bukan berarti ibu hamil bisa seenaknya mengonsumsi suplemen vitamin A. Perlu diingat, bahwa konsumsi vitamin A yang sembarangan hingga berlebih justru dapat membahayakan janin.

Bagaimana cara mengecek apakah asupan vitamin A Anda sudah cukup?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahaya kekurangan vitamin A bukan hanya berimbas pada penglihatan Anda, tapi juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya.  Padalah, vitamin ini tidak bisa diproduksi tubuh saja, melainkan juga harus mendapat asupan dari luar.

Jangan tunggu sampai ini terjadi. Anda bisa aktif mengecek sendiri apakah asupan vitamin Anda sudah cukup, dengan cara menggunakan Vitamin Meter. Anda hanya perlu mengisi beberapa pertanyaan, dan hasilnya akan menunjukkan vitamin apa saja yang masih belum tercukupi hari ini.

Kalau ternyata masih kurang, dari mana kita bisa mendapatkan vitamin A?

Jika Vitamin Meter menunjukkan bahwa Anda masih kurang asupan vitamin A, Anda bisa memenuhinya lewat berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin A harian dari berbagai sayur mayur yang berwarna hijau ataupun gelap. Vitamin A dalam jumlah tinggi bisa ditemukan misalnya dalam ubi, wortel, kangkung, bayam, dan daun selada.

Selain sayuran, beberapa jenis buah-buahan tertentu juga dapat menjadi sumber vitamin A yang baik untuk tubuh. Di antaranya adalah buah mangga, semangka, pepaya, jambu biji, dan buah delima. Buah-buahan ini kaya akan karoten yang penting untuk kesehatan mata yang optimal.

Anda juga bisa mendapatkan kebutuhan vitamin A harian lewat jus buah yang praktis dan siap minum. Contohnya saja, Buavita Guava mengandung 100% vitamin A dari kebutuhan Anda, sehingga minum Buavita Guava bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin A harian Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit