Benarkah Diet Jamur Ampuh Mengecilkan Pinggang dan Paha?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/05/2018
Bagikan sekarang

Sekarang ini, makin banyak diet yang digadang-gadang dapat menurunkan berat badan. Salah satu diet yang mungkin pernah Anda dengar dan sedang populer saat ini adalah diet jamur. Diet ini dilakukan oleh beberapa artis luar negeri untuk menurunkan berat badan dalam waktu 14 hari. Beberapa sumber juga banyak yang mengatakan bahwa penurunan berat badan ini ditujukan untuk mengurangi berat badan dari paha hingga pinggul, tapi bukan dari bagian dada atau payudara.

Jamur memang memang memiliki kandungan gizi yang baik, seperti tinggi serat dan rendah akan natrium, lemak, serta kolesterol. Selain itu, jamur juga punya kandungan antioksidan yang tinggi. Karena kandungan seratnya yang tinggi, diet jamur dipercaya dapat menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. Namun, apakah diet ini sehat?

Apa itu sebenarnya diet jamur?

Diet jamur atau sering disebut juga dengan M-plan adalah diet yang dilakukan dengan menggantikan satu kali waktu makan Anda dengan makanan-makanan yang berbahan dasar jamur setiap harinya. Contohnya, menggantikan menu daging dalam makan malam Anda menjadi menu olahan jamur.

Diet ini dijalankan selama 14 hari dan diklaim dapat membuat paha dan pinggul yang lebih kecil, kecuali bagian payudaranya yang tidak menyusut. Ibaratnya, diet ini dianggap bisa membantu kaum wanita mendapatkan bentuk badan yang ideal an proporsional.

Jenis jamur apapun bisa digunakan dalam diet ini. Tidak ada aturan juga dalam mengolah jamur yang akan dikonsumsi, entah itu dimakan mentah, dipanggang, dikukus, atau ditumis dengan minyak sesedikit mungkin. Namun bila pengolahan jamur disertai dengan banyak saus-saus tambahan, maka diet selama 14 hari ini diklaim tidak akan berhasil.

resep jamur

Apakah diet ini benar-benar bisa menurunkan berat badan?

Dilansir dalam laman Verywell, seorang ahli gizi Heidi Diller, RD mengatakan bahwa mengganti makanan-makanan yang tinggi kalori dengan jamur yang rendah kalori secara logis memang bisa menurunkan berat badan.

Pasalnya, selain jamur kalorinya rendah, cara mengolahnya yang menggunakan sedikit minyak juga membantu memangkas jumlah kalori. Jamur juga kaya serat, vitamin, dan mineral sehingga bisa menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama, dan jamur juga membantu metabolisme dalam tubuh semakin lancar.

Tentu, jika Anda mengganti daging dengan jamur, kalori yang Anda dapatkan akan jauh lebih sedikit. Jadi, klaim diet ini dapat membantu menurunkan berat badan bisa saja terwujud.

Lalu, apakah diet ini boleh dilakukan?

Jika Anda mencari cara sederhana untuk menurunkan berat badan, diet jamur bisa saja dilakukan. Tidak masalah jika Anda ingin mengganti satu kali waktu makan Anda dengan segala hidangan vegetarian yang sehat seperti jamur. Namun sayangnya, jamur tidak memiliki kekuatan ajaib untuk menjaga payudara tetap besar sementara bagian bawah tubuh Anda mengecil.

Sampai saat ini, tidak ada bukti ilmiah bahwa suatu jenis diet bisa menurunkan berat badan hanya di satu bagian titik tertentu saja di tubuh. Jika ingin membentuk satu bagian tubuh, lakukan dengan olahraga, pilihlah olahraga yang cocok untuk titik tubuh yang Anda inginkan, misalnya mengencangkan perut atau paha.

Selain itu, untuk menurunkan berat badan sebenarnya juga bukan hanya dengan jamur, menggantikan salah satu waktu makan Anda dengan sayuran lainnya juga bisa membantu orang menurunnkan berat badan. Sebab kalori pada sayuran juga rendah sama seperti jamur.

Mengenai targetnya selama 14 hari, sebenarnya belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa selama 14 hari diet ini sudah menunjukan perubahan seperti apa. Namun memang ketika kalori yang masuk turun karena makan makanan rendah kalori seperti jamur, tubuh akan mengalami penurunan berat badan. Selama 14 hari itu sangat mungkin kalau berat badan mulai turun perlahan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Segudang Manfaat yang Ditawarkan Dari Bermain Golf yang Sayang Dilewatkan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup populer di segala usia. Manfaat dari bermain golf pun cukup banyak, apa saja ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

4 Jenis Olahraga Saat Menopause untuk Menurunkan Berat Badan

Saat menopause, tubuh wanita cenderung mengalami berat badan. Lantas, apa jenis olahraga saat menopause yang disarankan untuk menurunkan berat badan?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Bagi yang sedang diet, konsumsi beras atau nasi mungkin akan dibatasi. Beras merah atau beras shirataki dapat menjadi pilihan, tapi mana yang lebih efektif?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Nutrisi, Hidup Sehat 29/03/2020

5 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Menopause

Menopause menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, termasuk berat badan. Meski demikian, Anda dapat menurunkan berat badan setelah menopause dengan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

makanan lebaran sehat

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020
sirtfood diet

Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020
Manfaat masak sendiri

Manfaat Masak Sendiri bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020
tips puasa untuk penderita maag

Panduan Berpuasa Bagi Penderita Maag

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020