Kehidupan seorang mahasiswa biasanya tidak lepas dari jadwal kuliah yang padat, tugas menumpuk, dan ujian yang membuat stres. Kesibukan tersebut sering membuat mahasiswa menerapkan gaya hidup yang tidak sehat dan sembarangan. Oleh karena itu, berikut tips-tips cara mengubah pola hidup mahasiswa menjadi lebih sehat dan tetap bugar.

Tips menjadi mahasiswa sehat dan bugar

Salah satu hal penting untuk memulai hidup sebagai mahasiswa yang sehat adalah dengan berolahraga. Gerakan-gerakan menyehatkan ini tentunya dapat dilakukan di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh mahasiswa dan bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk menjadi lebih bugar.

1. Gunakan fasilitas kampus

Biasanya, setiap kampus memiliki fasilitas ruang olahraga untuk para mahasiswanya. Mulai dari kolam renang, lapangan basket, lapangan bola, trek lari, hingga gym. Umumnya, mahasiswa yang terdaftar di kampus mendapatkan keanggotaan tanpa perlu membayar, alias gratis.

Selain itu, program ini mengikuti jadwal kuliah mahasiswa, sehingga mudah untuk digunakan. Mulailah memakai fasilitas kampus untuk tubuh yang lebih bugar.

2. Mengikuti ekstrakulikuler olahraga

Suka bermain futsal, basket, tenis, atau ingin menjadi pelari? Di setiap kampus pun pasti ada kegiatan-kegiatan semacam itu. Di samping untuk menjaga kesehatan, aktivitas ini juga dapat melihat apakah kita memiliki keahlian untuk menjadi salah satu pemain profesional.

Selain menjadi sehat, Anda juga bisa menambah daftar hobi yang dapat ditekuni untuk masa depan yang lebih baik. Ini namanya menyelam sambil minum air, bukan?

3. Berolahraga di kamarĀ 

Jika jadwal kita benar-benar padat sampai tidak dapat menyisihkan waktu sedikit pun, cobalah untuk berolahraga di kosan atau kamar. Walaupun mungkin tempatnya kecil, usahakan untuk menyediakan sedikit ruang untuk kita bergerak.

Berbagai macam gerakan olahraga dapat dilakukan di dalam ruangan, seperti melakukan gerakan olahraga efektif dalam 7 menit. Nah, selain gerakan ini kita juga bisa menggunakan internet untuk mencari tahu, olahraga apa saja yang dapat dilakukan di dalam ruangan. Hidup sehat dan bugar untuk mahasiswa, kenapa tidak?

4. Berjalan ke kampus

Jika kosan atau rumah kita jaraknya cukup dekat dengan kampus, usahakan untuk tidak berkendara atau naik transportasi umum. Cukup berjalan kaki atau bersepeda menuju kampus di pagi hari, menikmati udara pagi yang segar, dan mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari. Selain hemat, mahasiswa pun dapat tetap bugar di kala tugas menumpuk.

5. Ajak teman atau pasangan

Pada umumnya, sebagian besar dari kita bersemangat melakukan rutinitas sehat ini pada awalnya saja. Tanamkan di dalam diri bahwa kita harus menjadi contoh mahasiswa yang sehat dan bugar.

Cobalah untuk mengajak teman-teman yang tertarik dengan program sehat kita. Selain dapat terhindar dari penyakit yang dapat mengganggu aktivitas kuliah, berolahraga bersama juga dapat mempererat tali pertemanan, karena senang susah bersama.

Nah, tips-tips di atas memang baik untuk tetap menjaga kebugaran seorang mahasiswa. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan terlalu berdampak pada kesehatan kita, jika pola makan pun masih berantakan. Mulailah untuk menjadi pribadi yang sehat dari luar dan dalam.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca