Sistem pencernaan yang bekerja dengan baik dapat membuat Anda lebih nyaman. Tentu, ini adalah dambaan setiap orang. Selain itu, sistem pencernaan yang baik juga dapat membantu mempertahankan kesehatan Anda. Tubuh mampu menyerap nutrisi dari makanan yang Anda makan dengan baik, sehingga kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi. Namun terkadang, makanan yang salah atau kebiasaan Anda yang buruk dapat membuat pencernaan Anda bermasalah atau perut Anda terasa tidak nyaman.

Apa saja yang harus dilakukan memperlancarĀ sistem pencernaan?

Jangan khawatir, Anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini untuk membuat sistem pencernaan Anda menjadi lebih baik. Kebiasaan-kebiasaan buruk Anda mungkin harus Anda ubah mulai dari sekarang.

1. Makan banyak serat

Serat merupakan hal wajib yang harus Anda penuhi setiap hari. Memenuhi kebutuhan serat harian Anda (sekitar 25 gram) dapat membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih lancar. Sehingga, kesehatan pencernaan Anda pun terjaga, Anda dapat terhindar dari masalah pencernaan, seperti sembelit, divertikulosis, hemoroid (wasir), dan sindrom iritasi usus. Makan banyak serat juga dapat membantu mempertahankan berat badan. Anda bisa mendapatkan serat dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Konsumsi probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang mirip dengan bakteri dalam usus Anda. Bakteri ini dapat membantu tubuh dalam melawan bakteri jahat, meningkatkan penyerapan nutrisi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, mengonsumsi makanan probiotik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Probiotik bisa Anda dapatkan dari makanan fermentasi, seperti tempe, yogurt, oncom, dan masih banyak lagi.

3. Batasi konsumsi lemak

Lemak merupakan nutrisi yang sulit untuk dicerna tubuh, sehingga membuatnya bertahan lebih lama dalam sistem pencernaan Anda. Anda mungkin juga akan merasa sangat kenyang setelah makan makanan berlemak, membuat Anda merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi lemak Anda. Lebih baik untuk makan makanan yang dipanggang, ditumis, direbus, atau dikukus, dibandingkan dengan makanan yang digoreng.

4. Minum banyak air

Minum banyak air dapat membantu sistem pencernaan Anda dalam melakukan kerjanya. Air dalam sistem pencernaan dapat membantu memecah lemak dan serat larut air, sehingga tubuh dapat mencernanya lebih mudah.

5. Makan dengan perlahan

Makan secara perlahan dapat memberikan sedikit waktu bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan lebih baik. Sehingga, nutrisi dari makanan yang Anda makan dapat diserap seluruhnya oleh tubuh. Makan dengan perlahan juga dapat memudahkan sistem pencernaan dalam mencerna makanan.

6. Jangan tidur setelah makan

Tubuh dapat mencerna makanan dengan lancar dalam posisi yang tegak. Tidur setelah makan saat tubuh Anda sedang mencerna makanan dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda. Jika Anda merasa ngantuk dan ingin tidur setelah makan, setidaknya tunggu 2-3 jam terlebih dahulu. Tunggu sampai makanan dicerna oleh tubuh Anda.

7. Aktif bergerak

Tahukah Anda bahwa olahraga atau kegiatan lain yang membuat tubuh Anda aktif bergerak dapat membantu kerja sistem pencernaan? Orang yang aktif bergerak cenderung mempunyai sistem pencernaan yang lancar daripada orang sedenter (yang banyak menghabiskan waktunya untuk duduk). Aktif bergerak dapat membantu melancarkan pergerakan makanan dalam usus Anda. Olahraga juga dapat membantu mempertahankan berat badan Anda dan mencegah Anda dari penyakit degeneratif (seperti, diabetes dan penyakit jantung).

Namun, yang juga harus Anda perhatikan adalah waktu Anda melakukan olahraga. Ini penting. Jangan melakukan olahraga setelah Anda makan. Ini hanya akan membuat masalah pada pencernaan Anda. Sebaiknya, olahraga sebelum makan atau setidaknya satu jam setelah makan. Seperti kata banyak orang, tunggu makanan Anda turun dulu.

8. Hindari stres

Stres sangat memengaruhi tubuh Anda secara keseluruhan, termasuk memengaruhi sistem pencernaan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya jauhi stres. Temukan cara Anda sendiri untuk mengatasi stres Anda, sehingga dampak stres Anda masih bisa terkontrol.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca