7 Cara Ampuh Mengatasi Gigi Ngilu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Mempunyai gigi yang sensitif kadang sangat mengganggu. Ngilu dan nyut-nyutan tajam yang timbul saat sedang menikmati makanan dapat membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Bahkan, nyeri yang timbul bisa dirasakan berjam-jam setelah makan. Cari tahu cara yang ampuh mengatasi sensasi ngilu akibat gigi sensitif di sini!

Cara mengatasi gigi yang ngilu

Gigi sensitif bisa terjadi di usia berapa pun. Dikutip dari Mayo Clinic, sensitivitas disebabkan oleh lapisan tengah gigi (dentin) yang sangat lembut terpapar beragam hal dari lingkungan luar. Padahal, dentin seharusnya terlindungi oleh email dan enamel gigi.

Ketika lapisan terluar gigi atau enamel gigi menipis, dentin akan terekspor udara serta suhu dari luar sehingga gigi terasa ngilu.

Biasanya Anda akan merasakan ngilu pada gigi saat makan es krim atau hanya sekadar minum minuman dingin. Terkadang juga muncul saat makan atau minum yang panas. Rasa ngilu dapat datang dan pergi, kadang juga terasa tidak tertahankan.

Dengan cara yang benar, Anda dapat mengurangi sensitivitas pada gigi. Anda bisa menangani gigi sensitif mulai dari mengubah kebiasaan Anda menyikat gigi setiap hari. Simak cara mengatasi juga mengobati gigi ngilu atau sensitif di bawah ini.

1. Menggosok gigi dengan benar

Apakah Anda sudah menggosok gigi dengan cara yang tepat? Misalnya, menggosok gigi dengan teratur yaitu dua kali dalam sehari. Tidak cukup sampai disitu saja, gunakan pula teknik menyikat gigi yang benar untuk membersihkan seluruh bagian gigi dan mulut.

Sikat dengan lembut dan hati-hati di sekitar garis gusi sehingga Anda tidak menghilangkan jaringan pada gusi. Menyikat gigi dengan keras dapat membuat lapisan enamel menjadi tipis, sehingga sensitivitas gigi Anda meningkat.

Pegang sikat gigi Anda pada sudut 45 derajat. Sikat perlahan dalam gerakan melingkar, dan tahan sikat gigi di ujung jari Anda, jangan di telapak tangan Anda.

Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan jenis sikat gigi yang berbulu lembut sebagai cara mengatasi gigi ngilu atau sensitif. Selain itu, Anda pun bisa menggunakan bantuan benang gigi.

2. Menggunakan pasta gigi khusus

Anda juga bisa menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif yang mengandung fluoride. Pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif beberapa mengandung bahan aktif yang disebut dengan potasium nitrat.

Kandungan tersebut membantu untuk menghalangi tubulus kecil di dentin yang sensitif. Tidak hanya itu saja, Pasta gigi ini mengandung senyawa yang membantu menghalangi penyebaran sensasi dari permukaan gigi ke saraf.

Biasanya membutuhkan beberapa kali penggunaan sebelum sensitivitas gigi berkurang. Setelah beberapa kali penggunaan, pasta gigi dapat menghilangkan rasa nyeri yang berhubungan dengan gigi sensitif.

Sekarang ini tampaknya sudah banyak produk yang menawarkan jenis pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, sehingga Anda tidak susah untuk mencarinya.

Jika Anda menggunakannya secara teratur, ini akan menjadi cara untuk mengatasi masalah gigi ngilu atau sensitif.

3. Hindari makanan dan minuman yang asam

Makanan atau minuman asam dapat mengikis lapisan enamel sehingga gigi makin sensitif.

Sebaiknya, mulai batasi konsumsi makanan dan minuman asam sebagai cara mengatasi gigi ngilu atau sensitif.

Jangan lupakan untuk menyikat gigi Anda 20 menit setelah memakan makanan asam sebagai cara mengatasi gigi yang ngilu.

Jika jarak waktunya kurang dari 20 menit, menyikat gigi dapat menyakiti enamel Anda. Mempunyai gigi sensitif atau tidak, sebaiknya perhatikan makanan dan minuman Anda karena penipisan enamel tidak dapat dihalangi.

4. Berkumur dengan hidrogen peroksida

Daripada menggunakan obat kumur yang mempunyai kandungan alkohol, Anda bisa beralih dengan menggunakan hidrogen peroksida. Ini merupakan salah satu antiseptik yang ringan dan mempunyai fungsi disinfektan.

Tidak hanya untuk mensterilkan luka, produk ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi gigi ngilu juga sensitif. Selain itu, obat ini juga dapat menyembuhkan masalah gusi juga peradangan.

5. Menggunakan pelindung gigi

Apakah Anda mempunyai kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur di malam hari? Ternyata, kabiasaan ini pun dapat mengikis enamel serta menjadikan gigi jadi lebih sensitif. Lalu, hal yang bisa terjadi adalah sakit di bagian rahang juga kepala.

Maka dari itu, menggunakan pelindung gigi dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasi gigi ngilu juga sensitif. Lalu, jangan lupa untuk mengubah posisi tidur.

6. Merawat gusi yang bermasalah

Akar pada gigi biasanya tertutup oleh jaringan gusi. Namun, apabila Anda mengalami masalah seperti penyakit gusi, maka bagian akar akan terekspos.

Hal ini pula yang membuat gigi menjadi ngilu dan berujung sakit. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu juga sensitif ini adalah dengan pergi ke dokter gigi untuk melakukan perawatan yang mampu mengembalikan jaringan gusi.

Beberapa masalah yang biasa dirasakan pada gusi adalah gingivitis serta periodontitis.

7. Periksakan gigi Anda ke dokter gigi

Sebaiknya periksakan gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi, tergantung dari kondisi Anda. Jika Anda merasa ada yang tidak nyaman pada gigi, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi, pasti ia dapat membantu.

Dokter gigi mungkin akan memberikan satu dari berbagai macam perawatan tergantung dari kondisi Anda. Perawatan yang bisa Anda terima sebagai cara mengatasi gigi ngilu atau sensitif, seperti:

  • Fluoride. Fluoride berfungsi untuk memperkuat enamel gigi dan mengurangi penyebaran sensasi nyeri. Dokter gigi Anda mungkin akan mengoleskan fluoride pada daerah sensitif gigi Anda. Juga, mungkin akan menyarankan Anda untuk menggunakan resep fluoride ini untuk digunakan di rumah.
  • Penebalan atau pengikatan. Permukaan akar gigi yang terpapar dapat diobati dengan mengaplikasikan lapisan (resin) pengikat pada permukaan akar gigi yang sensitif. Mungkin bius lokal dibutuhkan pada saat pengaplikasian.
  • Bedah gusi. Jika akar gigi kehilangan lapisan gusi, sejumlah kecil jaringan gusi dapat diambil dari bagian lain untuk dilekatkan pada bagian gusi yang hilang ini. Hal ini bertujuan untuk melindungi akar gigi dan mengurangi sensitivitas.
  • Perawatan saluran akar (root canal). Jika gigi sensitif sudah parah dan perawatan lain tidak dapat membantu, dokter gigi Anda mungkin akan menyarankan perawatan ini untuk mengatasi masalah tersebut. Saluran akar merupakan prosedur yang digunakan untuk mengobati masalah pada pulpa gigi. Ini merupakan teknik yang paling berhasil sebagai cara mengatasi dan mengobat gigi sensitif.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

MMR adalah singkatan dari tiga macam penyakit infeksi fatal yang paling rentan menyerang anak-anak di tahun pertama kehidupannya. Kapan harus vaksin MMR?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Jangan sampai berbagai efek samping imunisasi (vaksin) bikin Anda takut apalagi ragu diimunisasi. Pelajari dulu seluk-beluknya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

11 Prinsip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-hari

Banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa Anda sadari dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut dan gigi. Begini cara mengakalinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Sakit Gigi

Sakit gigi adalah penyakit sejuta umat. Cari tahu inof lengkap dari gejala, penyebab, serta cara mencegah dan mengobati gigi ngilu di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 16 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bikin kopi yang sehat

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
daging ayam belum matang

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
perlukah lansia minum susu

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
bahaya makanan asin

Kenapa Kita Tak Boleh Terlalu Banyak Makan Makanan Asin?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit