Yuk, Berkenalan Dengan Berbagai Bagian Otak Manusia dan Fungsinya

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 12/11/2017
Bagikan sekarang

Otak merupakan organ yang menjadi pusat perintah dan sistem saraf manusia. Kecerdasan, kreativitas, emosi, ingatan, dan pergerakan tubuh adalah beberapa dari banyak hal yang diatur oleh otak. Jika Anda ingin melakukan sesuatu, maka otaklah yang memerintah dan mengaturnya. Bagaimana? Caranya dengan menerima masukan dari organ sensoris dan mengirimkan output ke otot berupa tindakan. Tapi otak bukan merupakan satu entitas. Ada banyak bagian otak yang bertanggung jawab untuk berbagai fungsi tubuh. Yuk, berkenalan!

Bagian otak dan fungsinya

Otak dilindungi oleh tulang tengkorak agar melindungi otak dari cedera kepala ringan. Tengkorak tersebut terbentuk dari delapan tulang yang menyatu yang meliputi, frontal, parietal, temporal, sphenoid, oksipital dan etmoid.

Lalu apa saja bagian otak yang menjalankan masing-masing fungsinya? Simak penjelasan di bawah ini, ya.

Otak besar

Otak besar (serebrum) merupakan bagian otak terbesar yang terdiri dari otak kanan dan otak kiri. Permukaan serebrum memiliki tampilan lipatan yang disebut korteks. Korteks mengandung sekitar 70 persen dari sekitar 100 miliar sel saraf.

Serebrum berfungsi mengatur segala tindakan dan pikiran. Pada bagian ini terdiri dari empat bagian yang disebut lobus, yaitu:

  • Lobus frontal. Bagian dari belahan otak yang terletak di belakang dahi. Berfungsi untuk mengatur pengambilan keputusan, kepribadian, gerakan, proses intelektual, dan interaksi. Lobus frontal penting untuk mengendalikan pikiran, penalaran, dan perilaku.
  • Lobus parietal. Bagian otak ini adalah yang bertanggung jawab soal lima indra manusia. Yaitu perabaan, pengecapan, penglihatan, pendengaran, dan pembau.
  • Lobus oksipital. Lobus ini sangat penting untuk menerima, memproses, dan menafsirkan informasi sensoris.
  • Lobus temporal. Bagian ini memainkan peran penting dalam mengatur input sensoris, persepsi pendengaran, produksi bahasa dan ucapan, serta daya ingat.

Otak kanan dan otak kiri

Otak kiri merupakan belahan otak besar yang berada di sebelah kiri. Secara umum belahan otak kanan mengendalikan kreativitas, kemampuan spasial, artistik, dan keterampilan bermusik.

Kemudian, otak kiri merupakan belahan otak besar yang berada di sebelah kanan. Secara umum, belahan otak kiri mengendalikan ucapan, pemahaman, aritmatika, dan tulisan.

Menurut My Field Clinic, belahan otak kiri dominan dalam penggunaan tangan dan bahasa pada sekitar 92% orang.  Kedua otak ini dihubungakan oleh sebuah akson, yaitu corpus callosum.

Otak tengah dan batang otak

Bagian otak tengah terdiri dari tektum dan tegmentum. Sering kali otak tengah, pons, dan medula oblongata disebut bersama sebagai batang otak. Bagian ini berfungsi untuk menghubungkan serebrum dan serebelum ke sumsum tulang belakang. Selain itu, bagian ini juga melakukan banyak fungsi otomatis seperti pernapasan, detak jantung, suhu tubuh, siklus bangun dan tidur, pencernaan, bersin, batuk, muntah, dan menelan.

Otak belakang

Bagian otak belakang terdiri dari serebelum, pons dan medula. Serebelum disebut juga otak kecil ini terletak di bawah otak besar. Fungsinya untuk menyelaraskan gerakan otot, menjaga postur tubuh, dan keseimbangan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Rutin Makan Buah Bermanfaat Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Studi menunjukkan manfaat makan buah rutin bisa untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Namun, benarkah demikian? Yuk, ulas lebih dalam di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Direkomendasikan untuk Anda

warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020