5 Menu Takjil Buka Puasa yang Nikmat Tapi Tetap Sehat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda boleh saja memenuhi rasa lapar dan dahaga Anda ketika berbuka puasa, tapi jangan lupa untuk memilih-milih takjil atau makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Jangan bingung menentukan mana yang akan menjadi menu takjil buka puasa, karena beberapa menu di bawah ini ternyata sehat dan baik untuk tubuh Anda, kok. Apa saja menu takjil buka puasa yang sehat?

Menu takjil buka puasa yang sehat nan lezat

Biasanya, makanan takjil terdiri dari berbagai macam makanan yang didominasi oleh rasa manis. Tak heran memang jika berbuka puasa sebaiknya dengan makanan atau minuman yang manis, sebab tubuh bisa langsung mendapatkan energi baru dari asupan gula. Tapi, jangan asal pilih menu takjil saja ya, karena Anda juga harus memerhatikan kandungan gizi di dalamnya.

Nah, berikut adalah beberapa pilihan menu takjil sehat yang bisa Anda santap di waktu berbuka.

1. Smoothies buah

Manisnya segelas smoothies bisa menghilangkan dahaga Anda seketika. Ya, smoothies yang biasanya terbuat dari campuran yogurt atau susu dengan potongan buah segar ini tentu saja sehat.

Bila Anda ingin smoothies yang sehat, maka sebaiknya pilih susu atau yogurt yang mengandung rendah lemak dan rendah gula. Rasa manis bisa Anda dapatkan dari buah-buahan, kok. Anda hanya perlu tambahkan gula sedikit saja atau bahkan tidak perlu. Jadi jangan khawatir rasanya tidak enak.

Minuman penuh serat ini bisa Anda coba sebagai menu takjil buka puasa. Tak perlu banyak-banyak, cukup satu cangkir saja Anda akan terasa kenyang dan rasa haus pun hilang. Satu gelas smoothies memiliki kalori sekitar 200-300 kalori, tergantung buah dan jenis susu apa yang digunakan. Ingin mencobanya? Lihat berbagai resep smoothies yang mudah di sini.

2. Kolak pisang tanpa santan

Tak ada kolak di saat berbuka puasa pasti tak lengkap rasanya. Bagi Anda yang tak suka makanan bersantan atau takut mengonsumsi kolak akibat kandungan santannya, jangan khawatir, Anda masih bisa mengakalinya, kok.

Santan campuran kolak tersebut ternyata bisa Anda ganti dengan susu. Susu yang dipilih tentunya juga susu yang mengandung rendah lemak atau skim milk. Dengan begitu, Anda bisa lega karena tak ada bayang-bayang kandungan lemak yang tinggi.

Lalu bagaimana dengan gulanya? Anda dapat mengganti gula merah – yang pada dasarnya sama saja seperti gula putih – dengan pemanis buatan yang rendah kalori. Pemanis buatan akan membuat kolak Anda tetap manis, tetapi tetap aman untuk kadar gula darah Anda.

3. Lumpia buah basah

Nah, kalau yang ini seperti lumpia basah pada umumnya namun isi lumpia diganti dengan buah-buahan. Lumpia basah ini bisa Anda isikan dengan berbagai jenis buah, seperti mangga, buah naga, kiwi, nanas, strawbery, atau buah-buahan lainnya.

Bila Anda ingin praktis dan tak mau ada proses pemasakan, maka Anda dapat memilih jenis kulit lumpia yang bisa langsung dimakan. Namun, bisa juga, kok, Anda memasaknya dengan cara dipanggang, sehingga tidak perlu goreng menggoreng. Kemudian, di akhir tambahkan saus lemon campur madu. Dan semua bahan serta cara membuatnya, bisa Anda lihat di sini.

4. Puding buah

Ya, puding buah mungkin menu ini juga sudah jadi langganan dalam menu berbuka puasa. Menu ini bisa jadi pilihan menu sehat jika memang Anda menggunakan buah-buahan yang beragam serta sedikit gula. Selain itu, untuk mengurangi lemak, Anda juga bisa membuat fla atau ‘saus puding’ dari susu yang rendah lemak.

5. Es buah

Dan menu takjil buka puasa ini hampir selalu hadir di waktu berbuka. Ya, es buah juga bisa berubah menjadi sehat, lho. Anda bisa menggunakan satu jenis pemanis saja, misalnya bila sudah menggunakan sirup, tak usah lagi menambahkan gula ke dalamnya. Atau jika Anda ingin alternatif es buah yang sehat tapi segar, Anda bisa menggunakan campuran air, perasan lemon, dan madu untuk kuahnya.

Sedangkan isinya, tentu pilihlah berbagai macam buah-buahan dengan bermacam-macam warna. Tak hanya buat es buah semakin menarik, tetapi Anda akan semakin banyak mendapatkan zat gizi yang berbeda-beda dari es buah tersebut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Bagi korban KDRT, meninggalkan pasangan yang abusive tak semudah itu. Ini dia alasan korban KDRT bertahan meski hubungannya sarat kekerasan dan kekejaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Perceraian memang bukan sesuatu yang tabu. Tapi keutuhan rumah tangga adalah cita-cita banyak orang. Bagaimana cara menghindari perceraian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Psikologi, Seks & Asmara 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Meski tampaknya selalu bersemangat soal urusan di ranjang, ada banyak juga masalah seks yang dapat mengganggu pria. Yuk, ketahui apa saja!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Meski sedang hamil, ibu tetap direpotkan untuk melakukan pekerjaan rumah. Namun, apakah semua pekerjaan rumah tangga saat hamil aman untuk dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Penyebab sakit pinggang

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
makanan pedas atasi migrain

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
arti warna dahak

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit