3 Cara Alami Memperbesar Payudara Tanpa Operasi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memperbesar payudara merupakan hal yang populer dilakukan wanita belakangan ini. Sebenarnya, payudara wanita akan membesar secara natural saat pubertas, namun ada beberapa orang yang tidak dapat merasakan proses pembesaran payudara tersebut. Banyak hal yang dapat mempengaruhi terhambatnya pertumbuhan payudara, seperti: hormon tak stabil, malnutrisi, rendahnya lemak dalam tubuh, penyumbatan energi, masalah emosional (seperti stres dan depresi), atau memang faktor genetik alias keturunan memiliki payudara berukuran kecil.

Bagi Anda yang ingin membesarkan payudara secara alami, tanpa bantuan obat-obatan kimia dan operasi, mari perhatikan beberapa cara berikut ini.

1. Memperbesar payudara dengan teknik pijat

Memijat payudara dapat meningkatkan bentuk dan kekencangan payudara Anda. Tekanan yang tepat dapat mendorong pertumbuhan dan pengencangan payudara secara sehat dan alami. Selain meningkatkan penampilan, pijatan juga dapat membantu Anda menentukan kondisi payudara Anda. Anda dapat menyadari adanya benjolan atau kelainan pada area payudara.

Beberapa salon atau panti pijat banyak yang menawarkan jenis layanan ini kepada klien. Khususnya di wilayah Asia, banyak yang percaya bahwa pijatan dapat memperbesar payudara secara alami. Beberapa wanita juga menggunakan pijat sebagai terapi pasca operasi mastektomi (pengangkatan payudara) atau operasi lainnya. Teknik ini juga memfasilitasi regenerasi jaringan secara alami dan mempercepat penyembuhan. Sama seperti pijat pada bagian tubuh lainnya, pijat payudara juga dapat melemaskan daerah-daerah di sekitar dada.

2. Membesarkan payudara dengan tumbuhan alami

Wanita dapat memilih berbagai jenis tumbuh-tumbuhan alami yang dapat membantu meningkatkan produksi estrogen (hormon seks wanita). Anda dapat menggunakan tumbuhan tersebut sebagai krim, sabun, losion, dan ramuan herbal.  Misalnya tumbuhan palmetto dan biji adas yang berguna bagi pertumbuhan payudara, selain itu Anda juga dapat menggunakan ginseng, blessed thistle, ubi liar, fenugreek, dandelion, dan kedelai.

Beberapa orang juga percaya dengan efektivitas bawang dalam meningkatkan ukuran payudara. Campuran bawang segar halus, bubuk kunyit, dan madu bisa menjadi krim pijat yang ampuh untuk mencegah payudara mengendur dan melorot. Setelah memijat, Anda harus mengenakan bra pada siang dan malam hari sebelum mencuci campuran tersebut keesokan harinya.

Selain itu, Anda perlu mengetahui berbagai kandungan yang dibutuhkan untuk memperbesar payudara. Berikut ini adalah berbagai kandungan penting pada tanaman herbal pembesar payudara:

Phyto-estrogen

Biasa ditemukan pada kedelai, gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Phyto-estrogen memiliki fungsi yang sama dengan estrogen, ia dapat memperbesar saluran susu yang akhirnya memperbesar ukuran payudara.

Anti-androgen

Androgen merupakan hormon pria yang diproduksi oleh testosteron. Tumbuhan dengan sifat anti-androgen dapat membantu meningkatkan ukuran payudara dengan mencegah hormon testosteron dalam memproduksi dihydrotestosterone (DHT, bentuk aktif testosteron). Tumbuhan yang memiliki anti-androgen adalah teh hijau, biji labu, thuja, dan saw palmetto.

Phyto-progestin

Progesteron nabati, atau biasa kita sebut sebagai phyto-progestin, juga membantu Anda untuk membuat kelenjar susu menjadi lebih besar. Selain meningkatkan ukuran payudara, ia juga membuat payudara bulat dan kencang.

Prolaktin

Hormon prolaktin membantu wanita untuk memproduksi susu. Hormon yang doproduksi oleh kelenjar hipofisis ini dapat memperbesar payudara secara efektif. Selain itu, prolaktin juga dapat membuat pertahanan kekebalan tubuh lebih kuat.

3. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan

Faktor utama pembentuk payudara adalah lobus dan lemak. Mereka adalah faktor yang menentukan ukuran dan bentuk payudara. Oleh karena itu, kandungan lemak tubuh yang rendah dan pola makan yang buruk adalah faktor yang dapat mencegah Anda untuk memiliki payudara yang lebih besar. Kenaikan berat badan umumnya juga akan meningkatkan ukuran payudara Anda.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa produksi hormon estrogen yang sedikit merupakan hal yang paling mempengaruhi kecilnya payudara. Oleh karena itu, makan makanan yang kaya akan phyto-estrogen adalah salah satu cara untuk memiliki payudara yang lebih besar dengan waktu yang singkat.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa phyto-estrogen dapat melindungi tubuh dari berbagai gangguan kesehatan seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, penyakit jantung, dan gangguan otak.

Berikut ini adalah makanan yang banyak mengandung phyto-estrogen:

  • Kacang tanah dan bibit minyak
  • Produk kedelai
  • Sereal dan roti gandum
  • Kacang-kacangan
  • Daging ayam
  • Sayuran (bit, wortel, mentimun, dll.)
  • Buah-buahan (apel, cherry, plum, dll.)

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Jenis-Jenis Pijat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Badan pegal bisa jadi lebih segar setelah dipijat. Ada beragam jenis pijat yang memberikan manfaat yang berbeda-beda. Anda lebih suka yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Pengobatan Alternatif, Pengobatan Herbal dan Alternatif 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mengenal Merkuri dan Berbagai Bahayanya untuk Kesehatan Anda

Sebenarnya, seberapa bahaya merkuri untuk kesehatan tubuh Anda? Apakah merkuri hanya ada di pertambangan? Cek selengkapnya di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan, Informasi Kesehatan 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Posisi Tidur yang Aman dan Nyaman Saat Sakit Leher

Posisi tidur yang salah sering kali membuat Anda terbangun dengan leher sakit. Tenang, coba posisi tidur ini untuk meredakan sakit leher Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Jenis Minuman yang Baik dan yang Perlu Dibatasi untuk Asam Lambung

Selain memilih jenis makanan yang dikonsumsi, Anda juga perlu tahu jenis minuman untuk asam lambung agar gejalanya tidak kambuh. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis dan Maag 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
daun mimba

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
tips pendinginan setelah lari

6 Jenis Pendinginan yang Wajib Dilakukan Setelah Lari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
obat infeksi jamur vagina

Jangan Digaruk! Ini 2 Jenis Obat Infeksi Jamur Vagina untuk Meredakan Gejala

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit