home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tidak Pede Karena Payudara Kendur? Atasi dengan 16 Tips Berikut

Tidak Pede Karena Payudara Kendur? Atasi dengan 16 Tips Berikut

Payudara kendur seringkali membuat perempuan merasa kurang percaya diri. Bagaimana cara mengencangkan payudara kendur? Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini ya!

Berbagai cara untuk mengencangkan payudara kendur

mengencangkan payudara

Anda bisa memilih cara mana yang paling efektif agar bentuk payudara Anda menjadi indah, berikut pilihannya.

1. Menurunkan berat badan secara perlahan

Menurunkan berat badan secara drastis dapat membuat payudara kehilangan lemak tiba-tiba. Hal inilah yang kemudian membuatnya kendur.

Oleh karena itu, turunkanlah berat badan Anda secara perlahan. Sekitar setengah kilogram atau maksimal 1 kilogram per minggunya.

2. Rutin push-up untuk mengencangkan payudara kendur

Melatih otot tubuh bagian atas dapat membantu untuk membuat payudara lebih kencang. Cobalah gerakan seperti plank dan push-up untuk membentuk otot yang menopang payudara.

Melansir dari American College of Sports Medicine, lakukanlah latihan ini paling sedikit sekitar dua kali seminggu untuk mengencangkan payudara yang kendur.

3. Lakukan yoga untuk mengencangkan payudara kendur

Menurut Parvesh Handa dalam buku Secret Benefits of Yoga and Naturopathy for Women, beberapa gerakan yoga seperti triangle pose, cobra pose, dan standing forward bend dapat membantu memperkuat otot dada untuk menyokong payudara.

Selain itu, gerakan headstands, backbends, dan inverted leg stretch dapat mengurangi pengaruh gravitasi yang mengakibatkan payudara kendur.

4. Gunakan bra yang tepat untuk mengencangkan payudara kendur

Melansir dari Breast Research Australia, lebih dari 70% wanita di dunia memakai bra yang tidak tepat termasuk ukuran dan desainnya.

Padahal mengenakan bra yang tepat dapat mencegah rasa nyeri saat berolahraga dan menjaga ligamen payudara agar tidak kendur.

5. Lakukan pijatan untuk mengencangkan payudara kendur

Lakukan pijatan dengan cara melakukan gerakan ke atas sekitar 15 menit sehari. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah pada payudara, serta menguatkan otot dan jaringan di sekitarnya.

Selain membuat buah dada menjadi lebih kencang, pijatan juga membantu Anda mengetahui jika ada benjolan di payudara.

6. Minyak zaitun untuk mengencangkan payudara kendur

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun saat memijat payudara. Oleskan pada buah dada dengan cara menggosok searah jarum jam, kemudian berlawan dengan arah jarum jam.

Minyak zaitun bermanfaat untuk menutrisi kulit agar lebih kencang sehingga mencegah payudara kendur.

7. Lakukan pijat menggunakan es

Selain menggunakan minyak zaitun, Anda juga dapat mencoba menggunakan es batu saat memijat. Caranya dengan mengoleskan masing-masing buah dada dengan es batu kecil dengan gerakan memutar ke arah atas.

Suhu yang dingin dapat membantu memperlambat pergerakan otot sehingga mencegah kendur. Namun, jangan terlalu lama menggunakan es batu karena payudara sangat sensitif.

Lakukan selama maksimal 1 menit saja. Selain itu,hindari menempelkan es batu langsung ke kulit Anda. Sebaiknya lapisi dengan kain terlebih dahulu

kista payudara

8. Gunakan masker untuk mengencangkan payudara kendur

Selain memijat, Anda juga dapat menggunakan masker sebagai cara mengatasi payudara kendur secara alami.

Anda bisa membuat sendiri masker dengan bahan-bahan alami seperti kuning telur dan mentimun atau dengan menggunakan minyak vitamin E.

Telur mengandung protein yang dapat menjaga elastisitas kulit, sedangkan mentimun kaya akan antioksidan yang mencegah penuaan sel kulit.

9. Mengoleskan shea butter

Shea butter cukup populer di Indonesia untuk menjaga kecantikan kulit. Krim yang satu ini dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara memperkencang buah dada Anda.

Menurut International Journal of Molecular Science, kandungan antiradang pada shea butter dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah proses penuaan.

Untuk membantu mengencangkan payudara kendur, gunakanlah bahan ini saat memijat atau campurkan dengan bahan lain untuk dijadikan masker payudara.

10. Mengonsumsi susu, keju, dan yoghurt

Selain melakukan cara-cara dari luar seperti pijatan dan masker, Anda juga dapat melakukan upaya dari dalam untuk mengencangkan payudara kendur.

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi susu dan bahan-bahan olahannya seperti keju dan yoghurt dapat membantu menutrisi payudara.

Payudara yang ternutrisi dengan baik dapat lebih sehat dan terjaga ukuran dan kekencangannya.

11. Perbanyak minum air putih

Selain mengonsumsi makanan tertentu, minum air putih ternyata dapat membantu mengencangkan payudara yang kendur lho.

Air putih bermanfaat untuk menghidrasi kulit sehingga terjaga kekencangannya secara alami. Minumlah air putih sekitar 1,8 liter setiap harinya agar tubuh terhidrasi dengan baik dan payudara menjadi lebih kencang.

12. Tidur telentang untuk mengencangkan payudara kendur

Ternyata tidur miring ke kanan maupun ke kiri dapat menyebabkan payudara menjadi mudah kendur karena pengaruh gaya gravitasi bumi.

Cara yang terbaik adalah tidur telentang. Tujuannya adalah menjaga posisi payudara. Tentu hasilnya tidak instan, maka biasakanlah Anda tidur dengan posisi ini secara rutin setiap malam.

13. Memperbaiki postur tubuh untuk mencegah payudara kendur

Selain posisi tidur, postur tubuh juga ternyata membawa efek pada bentuk dan kekencangan payudara. Tubuh yang terlalu membungkuk dapat membuat payudara turun dan kendur.

Lakukan latihan untuk perbaikan postur tubuh seperti yoga, gerakan balet, atau gerakan senam tertentu. Anda juga dapat mengenakan bra khusus atau korset yang dapat membantu punggung Anda agar lebih tegak.

14. Berhenti merokok dan tidak meminum alkohol

Merokok dan minum alkohol adalah dua kebiasaan yang dapat merusak kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda hentikan.

Tidak hanya dapat meningkatkan risiko kanker payudara, nikotin dan alkohol juga dapat merusak sel-sel tubuh sehingga mempercepat penuaan dan dapat menyebabkan payudara kendur.

15. Menjaga kesehatan paru-paru

Payudara kendur bisa jadi disebabkan karena menderita penyakit pada paru-paru, seperti batuk menahun, TBC, dan lainnya.

Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatan paru-paru Anda. Hal ini dilakukan agar tubuh Anda lebih sehat dan bentuk tubuh lebih indah.

makanan untuk mengencangkan payudara

16. Operasi memperbesar payudara

Jika ingin hasil yang instan untuk mengencangkan payudara kendur, Anda dapat mencoba jalan operasi.

Meskipun masih menuai pro dan kontra, operasi payudara dapat Anda pertimbangkan untuk membuat payudara lebih indah.

Berkonsultasilah ke dokter jika Anda ingin melakukan operasi. Pastikan pula tindakan ini dilakukan oleh tenaga medis yang profesional dan berpengalaman.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Six Common Causes Of Breast Sagging | Piedmont Healthcare. (2021). Retrieved 19 March 2021, from https://www.piedmont.org/living-better/6-causes-of-breast-sagging

Breast Research Australia (BRA) – University of Wollongong – UOW. (2021). Retrieved 19 March 2021, from https://www.uow.edu.au/science-medicine-health/research/brl/bra/

Lin, T., Zhong, L., & Santiago, J. (2017). Anti-Inflammatory and Skin Barrier Repair Effects of Topical Application of Some Plant Oils. International Journal Of Molecular Sciences, 19(1), 70. doi: 10.3390/ijms19010070

How To Reduce Breast Size With Yoga Asanas – Women Fitness Org. (2021). Retrieved 19 March 2021, from https://www.womenfitness.org/reduce-breast-size-yoga-asanas/

Barbosa, J., Amorim, M., Zandonade, E., & Delaprane, M. (2013). Avaliação da postura corporal em mulheres com câncer de mama. Revista Brasileira De Ginecologia E Obstetrícia, 35(5), 215-220. doi: 10.1590/s0100-72032013000500005

Gaskins, A., Pereira, A., Quintiliano, D., Shepherd, J., Uauy, R., Corvalán, C., & Michels, K. (2017). Dairy intake in relation to breast and pubertal development in Chilean girls. The American Journal Of Clinical Nutrition, 105(5), 1166-1175. doi: 10.3945/ajcn.116.150359

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 22/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x