home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

10 Pilihan Cara untuk Mengecilkan Payudara Besar yang Minim Risiko

10 Pilihan Cara untuk Mengecilkan Payudara Besar yang Minim Risiko

Meskipun bangga memiliki payudara besar, Anda mungkin merasa terganggu karena ukuran payudara yang terlalu besar. Ukuran payudara ini mungkin menyebabkan nyeri leher, bahu, dan punggung. Bahkan, tubuh Anda bisa saja kewalahan menahan bobot payudara. Nah, sebagai solusinya, Anda bisa mencoba beberapa cara mengecilkan payudara melalui artikel berikut. Simak, yuk!

Kenapa ada wanita yang punya payudara besar?

cara mengencangkan payudara kendur

Melansir situs National Breast Cancer Foundation, payudara wanita terbentuk dari jaringan adiposa yang berisi lemak dan jaringan glandular yang merupakan kelenjar ASI.

Perubahan pada jaringan tersebut dapat memengaruhi ukuran payudara. Ada beberapa hal yang menyebabkan kedua jaringan tersebut membesar.

Hal tersebut seperti pertambahan berat badan, efek samping obat, perubahan hormon saat menstruasi, kehamilan, atau menyusui.

Bila lemak pada jaringan adiposa berkurang, otomatis ukuran payudara Anda bisa mengecil.

Nah, cara mengurangi lemak di jaringan adiposa ini adalah dengan mengurangi berat badan dan menjaga keseimbangan hormon.

Namun, di sisi lain, sejumlah wanita memang terlahir memiliki payudara yang besar karena faktor keturunan.

Jika ibu Anda di masa muda dulu memang sudah punya sepasang payudara besar, bahkan sebelum hamil dan menyusui, artinya kemungkinan besar Anda juga punya payudara yang besar.

Cara mengecilkan payudara dengan cepat dan aman

apakah mastitis dapat menyebabkan kanker

Selain mempertimbangkan cara mengecilkan payudara dengan cepat, perhatikan pula faktor keamanannya. Hindari melakukan sembarangan cara untuk mengecilkan payudara wanita.

Berikut cara aman untuk memperkecil payudara yang bisa Anda coba.

1. Rutin berolahraga

Payudara sebagian besar tersusun dari jaringan lemak.

Nah, melakukan olahraga yang tepat dapat membantu membakar lemak di bagian dada sekaligus memperkuat otot di bawah payudara ukurannya jadi lebih kecil.

Pilihan olahraga yang bisa Anda coba yaitu lari, bersepeda, senam, dan latihan kekuatan seperti push-up.

Hal ini bertujuan untuk melatih otot dada agar payudara menjadi lebih padat dan menyusut.

Untuk memperoleh hasil yang optimal, Anda dianjurkan untuk berolahraga selama 30 menit dengan frekuensi 4 kali seminggu.

Melakukan olahraga secara teratur dapat menjadi cara mengecilkan payudara yang aman.

2. Melakukan gerakan yoga

Selain berolahraga, cara lain yang bisa Anda coba adalah yoga. Mengutip laman Women Fitness, beberapa gerakan yoga asanas dapat membantu Anda memperkecil payudara dengan cepat.

Beberapa pose yoga yang dianjurkan yaitu surya namaskar (sun salutation), bridge pose, the half moon pose, prayer pose, dan wall press.

Mintalah bantuan instruktur yoga untuk membantu Anda melakukan gerakan yang benar.

3. Makan makanan yang sehat

Di samping beraktivitas fisik seperti olahraga dan yoga, Anda perlu mengatur pola makan yang sehat untuk membantu mengecilkan payudara.

Mulailah kurangi makanan berlemak dan berminyak, kemudian ganti dengan makanan bergizi tinggi seperti sayur dan buah-buahan segar.

Pola makan sehat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama serta membatasi keinginan untuk ngemil makanan berkalori tinggi.

Menyantap makanan berkalori tinggi dapat menambah timbunan lemak. Hal ini dapat menyebabkan berat badan bertambah dan payudara semakin besar.

4. Kurangi berat badan

Meski tidak berlaku pada semua wanita, kelebihan berat badan juga dapat menambah ukuran payudara.

Oleh karena itu, menjalani diet untuk mengurangi berat badan juga dapat menjadi cara untuk mengecilkan payudara wanita dengan aman.

Namun, sebelum memulai diet, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter atau ahli gizi terpercaya.

Tujuannya untuk mendapatkan rekomendasi pola diet terbaik sesuai kebutuhan.

5. Menghentikan penggunaan alat kontrasepsi

Estrogen adalah hormon yang berperan penting dalam perkembangan jaringan payudara.

Beberapa orang yang memiliki masalah ketidakseimbangan hormon berisiko mengalami pembesaran payudara.

Ketidakseimbangan hormon dapat terjadi akibat efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi hormonal, seperti pil KB dalam jangka panjang.

Untuk mengecilkan payudara, cobalah berhenti minum obat-obatan tersebut. Namun sebelumnya, pastikan untuk berkonsultasi ke dokter lebih dulu.

cara membesarkan payudara secara alami dengan pasta gigi

6. Mengganti bra

Bra memang tidak dapat mengecilkan ukuran payudara wanita secara permanen. Akan tetapi, memakai bra yang tepat, seperti bra minimizer, dapat membuat payudara Anda terlihat lebih kecil.

Bra minimizer adalah jenis bra yang bisa membuat bentuk payudara terlihat lebih rata dan lebih tinggi di dada serta menjaga payudara agar tidak kendur.

Beberapa bra minimizer juga menawarkan tali bra bra besar sehingga dapat mengurangi nyeri punggung dan leher.

Menggunakan bra yang pas untuk ukuran payudara besar dapat membuat Anda lebih nyaman, percaya diri, serta mengurangi sakit pada punggung dan leher.

7. Chest binding

Jika merasa sulit mencari bra minimizer, chest binder dapat menjadi alternatif cara mengecilkan payudara yang bisa Anda coba.

Cara pakainya mirip seperti bedong bayi, yaitu dengan melilitkan kain binder mengelilingi payudara sehingga dada tampak lebih rata.

Namun, ada beberapa efek kesehatan yang harus diwaspadai akibat chest binding.

Melilitkan kain ketat di sekeliling dada dapat membuat Anda sesak dan menghambat jumlah udara yang masuk ke dalam paru-paru.

Di samping itu, ada juga risiko nyeri punggung dan perubahan bentuk ruas tulang belakang jika Anda menggunakannya dalam waktu yang lama.

Di sisi lain, lilitan yang terlalu kencang juga dapat mengiritasi kulit.

Oleh karena itu, pahamilah risikonya sebelum mencoba cara ini dan sebaiknya minta pertimbangan dokter lebih dulu.

8. Operasi mengecilkan payudara

Jika berbagai tips di atas tidak memberikan hasil memuaskan, operasi mammoplasty bisa menjadi pilihan cara memperkecil payudara lainnya dengan cepat dan ampuh.

Lewat operasi ini, dokter akan membedah payudara Anda dan mengangkat kelebihan jaringan lemak dan kulit dari payudara.

Cara ini bisa Anda pilih jika mengalami keluhan kesehatan yang tidak tertahankan akibat ukuran payudara yang terlalu besar, misalnya nyeri punggung yang parah dan sesak napas.

Selain itu, operasi pengecilan payudara dapat membantu meningkatkan aktivitas seksual Anda.

Menurut studi dari Journal of Plastic, Reconstructive & Aesthetic Surgery, wanita yang memiliki payudara kecil memiliki puting yang lebih sensitif terhadap rangsangan.

Namun, sebelum memutuskan menjalani operasi untuk mengecilkan payudara, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter bedah plastik yang berpengalaman dan bersertifikat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Breast Anatomy – National Breast Cancer Foundation. Retrieved 25 August 2021, from https://www.nationalbreastcancer.org/breast-anatomy

Breast reduction surgery – Mayo Clinic. (2020). Retrieved 25 August 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/breast-reduction-surgery/about/pac-20385246

Foods Containing Omega-3 Fatty Acids. (2020). Retrieved 25 August 2021, from https://www.breastcancer.org/tips/nutrition/reduce_risk/foods/omega3s

How To Reduce Breast Size With Yoga Asanas – Women Fitness Org. (2018). Retrieved 25 August 2021, from https://www.womenfitness.org/reduce-breast-size-yoga-asanas/

Yazdanparast, T., Hassanzadeh, H., Ahmad Nasrollahi, S., Firooz, A., Naimian, A., & Jamaati, H. et al. (2019). Cigarettes Smoking and Skin: A Comparison Study of the Biophysical Properties of Skin in Smokers and Non-Smokers. Taffanos: Journal Of Respiratory Diseases, Thoracic Surgery, Intensive Care And Tuberculosis, 18(2), 163-168. PMID: 32440305

Longo, B., Campanale, A., & Santanelli di Pompeo, F. (2014). Nipple–areola complex cutaneous sensitivity: A systematic approach to classification and breast volume. Journal Of Plastic, Reconstructive & Aesthetic Surgery, 67(12), 1630-1636. doi: 10.1016/j.bjps.2014.08.043

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x