Jawab & Dapatkan Saldo Gopay: Berenang Saat Haid Boleh atau Tidak?

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Lakukan 7 Cara Ini untuk Melancarkan Haid Setelah KB Suntik 3 Bulan

Lakukan 7 Cara Ini untuk Melancarkan Haid Setelah KB Suntik 3 Bulan

Beberapa wanita mengalami haid yang tidak teratur setelah menggunakan KB suntik 3 bulan untuk mencegah kehamilan. Meski begitu, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk kembali melancarkan haid setelah menggunakan KB suntik 3 bulan ini. Bagaimana caranya?

Pengaruh KB suntik pada siklus menstruasi

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kehamilan.

Salah satunya yaitu menggunakan alat kontrasepsi (KB) hormonal, contohnya KB suntik 3 bulan.

Sebagai alat kontrasepsi hormonal, KB suntik mengandung hormon progestin yang dapat mencegah ovarium untuk melepaskan sel telur.

Kondisi ini memungkinkan sperma tidak bertemu dengan sel telur yang berperan penting dalam proses pembuahan dan terbentuknya kehamilan.

Progestin juga membantu mengentalkan lendir serviks Anda sehingga mencegah sperma mencapai sel telur di dalam rahim.

Akibat proses tersebut, beberapa wanita sering kali mengalami perubahan dalam siklus menstruasinya selama mendapat KB suntik per 3 bulan ini.

Ini bisa berupa haid yang tidak teratur atau justru tidak menstruasi sama sekali.

Di sisi lain, beberapa orang justru menggunakan KB suntik untuk dapat mengatasi masalah pada menstruasinya.

Planned Parenthood menyebut, hormon dalam KB suntik dapat membantu meredakan premenstrual syndrome (PMS) dan membuat menstruasi Anda jadi lebih ringan.

Apakah haid bisa langsung teratur setelah berhenti KB suntik 3 bulan?

efek samping suntik kb

Efek samping KB suntik pada siklus menstruasi umumnya hanya terjadi sementara.

Setelah Anda berhenti menggunakan KB suntik 3 bulan ini, semua efek samping yang muncul akan hilang dan tubuh Anda akan kembali seperti semula.

Artinya, jika haid Anda tidak teratur akibat menggunakan KB suntik, Anda akan kembali menstruasi yang teratur setelah menghentikan dosis suntikannya.

Meski begitu, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk dapat kembali ke siklus menstruasi yang normal.

Waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 6-10 bulan setelah dosis suntikan terakhir Anda. Namun, pada beberapa wanita, waktunya bisa lebih cepat atau lama.

Jadi, tidak ada patokan yang pasti untuk mengetahui kapan Anda akan kembali mendapat siklus haid normal setelah KB suntik 3 bulan.

Pasalnya, tubuh setiap orang berbeda, dan tubuh Anda pun berubah seiring waktu.

Meski begitu, perlu Anda pahami, beberapa wanita diketahui hamil segera setelah menghentikan dosis KB suntik, meski menstruasinya belum kembali normal.

Oleh karena itu, jika Anda berhenti menggunakan KB suntik tetapi tidak ingin hamil, pastikan Anda menggunakan alat kontrasepsi lain untuk mencegah terjadinya pembuahan.

Cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan

Haid yang tidak teratur setelah menghentikan dosis KB suntik memang wajar terjadi dan akan kembali normal setelah beberapa bulan.

Meski begitu, ada beberapa cara melancarkan haid yang dapat Anda lakukan setelah menghentikan KB suntik 3 bulan.

Cara melancarkan haid ini dapat membantu mengembalikan kerja hormon seperti sedia kala sehingga haid Anda kembali teratur.

Apa saja caranya? Berikut tipsnya yang bisa Anda coba.

1. Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan merupakan salah satu penyebab haid tidak teratur.

Pasalnya, lemak ekstra yang ada dalam tubuh menghasilkan hormon estrogen.

Hal ini menyebabkan estrogen di dalam tubuh menjadi berlebihan sehingga mengganggu siklus hormon dan menimbulkan haid tidak teratur.

Sebaliknya, memiliki berat badan ideal (tidak berlebih dan kurang) bisa membantu menjaga siklus hormon dan membantu memperlancar haid Anda, termasuk setelah KB suntik 3 bulan.

Untuk tahu indeks massa tubuh (IMT), Anda bisa mengeceknya melalui kalkulator BMI ini.

2. Rutin olahraga

Belum ada studi yang membuktikan bahwa olahraga dapat menjadi cara melancarkan haid, termasuk setelah berhenti KB suntik 3 bulan.

Meski demikian, rutin olahraga diketahui dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Tujuannya agar Anda terhindar dari obesitas yang menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur.

Bukan cuma itu, rutin olahraga juga diketahui dapat membantu meredakan dismenore dengan mengurangi intensitas dan durasi nyerinya.

3. Makan makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi bisa menjadi salah satu cara untuk membantu melancarkan haid Anda setelah berhenti KB suntik 3 bulan.

Dengan mengonsumsi makanan bergizi, Anda bisa memiliki berat badan yang ideal dan tubuh yang sehat.

Cara ini bisa membantu membuat haid Anda menjadi lebih teratur.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan dengan gizi lengkap yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, ikan serta sumber omega-3 dan protein lainnya, dan batasi makanan berlemak.

4. Mengontrol stres

Stres memang diketahui dapat memengaruhi kesehatan fisik.

Salah satunya dapat menyebabkan haid menjadi tidak teratur, termasuk bagi Anda yang berhenti KB suntik.

Pasalnya, hormon kortisol yang dilepaskan tubuh saat stres dapat mengganggu bagian otak hipotalamus yang berperan dalam memicu menstruasi.

Oleh karena itu, mengontrol stres dapat menjadi cara untuk melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan.

Anda bisa coba mengontrol stres dengan meditasi atau sekadar menjalankan hobi Anda.

5. Tidur yang cukup

Tidur pakai makeup

Jika dalam beberapa bulan siklus menstruasi Anda belum juga kembali normal setelah KB suntik, coba atur kembali jadwal tidur Anda.

Pasalnya, kurang tidur dan tidur yang tidak berkualitas bisa menyebabkan tubuh stres sehingga membuat haid Anda terlambat datang atau tidak menstruasi sama sekali.

Pastikan Anda mendapat waktu tidur yang cukup, seperti tidur lebih cepat dan hindari begadang.

Ini bisa membantu Anda mendapatkan siklus menstruasi normal Anda kembali.

6. Mengganti alat kontrasepsi

Sebaiknya konsultasikan kepada dokter bila Anda masih tidak mendapatkan haid yang normal setelah berbulan-bulan berhenti KB suntik.

Dokter mungkin akan memberikan Anda alat kontrasepsi hormonal lain untuk dapat membantu mengontrol hormon wanita yang mengatur siklus menstruasi dan ovulasi.

Anda mungkin saja akan mendapat pil KB atau jenis alat kontrasepsi lainnya, tergantung kondisi.

Konsultasikan dengan dokter untuk pilihan alat kontrasepsi yang tepat.

7. Mengatasi penyakit yang menjadi penyebabnya

Bila Anda sudah melakukan cara-cara untuk melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan dan tidak berhasil, Anda mungkin memiliki penyakit tertentu yang menyebabkan haid tidak teratur.

Berikut beberapa kondisi medis atau penyakit yang bisa menyebabkan haid tidak teratur.

Jika Anda khawatir kondisi-kondisi medis di atas yang menjadi penyebab haid tidak teratur Anda, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Abnormal Menstruation (Periods): Types, Causes & Treatment. Cleveland Clinic. (2022). Retrieved 14 February 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14633-abnormal-menstruation-periods#symptoms-and-causes

Are there birth control shot side effects?. Plannedparenthood.org. (2022). Retrieved 14 February 2022, from https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/birth-control-shot/birth-control-shot-side-effects

Birth Control Shot – What It Does, How Long It Lasts & More | Kaiser Permanente. Healthy.kaiserpermanente.org. (2022). Retrieved 14 February 2022, from https://healthy.kaiserpermanente.org/health-wellness/birth-control/types/birth-control-shot

Can Stress Cause You to Skip a Period?. Cleveland Clinic. (2022). Retrieved 14 February 2022, from https://health.clevelandclinic.org/can-stress-cause-you-to-skip-a-period/#:~:text=Stress%20impacts%20your%20menstrual%20cycle&text=Enter%20cortisol%2C%20which%20is%20a,stress%2C%20your%20body%20produces%20cortisol

Depo-Provera (contraceptive injection) – Mayo Clinic. Mayoclinic.org. (2022). Retrieved 14 February 2022, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/depo-provera/about/pac-20392204

Depo-Provera® (Birth Control Shot): How It Works, Risks & Benefits. Cleveland Clinic. (2022). Retrieved 14 February 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/4086-depo-provera%C2%AE-birth-control-shot

Exercise, diet & periods. The Royal Women’s Hospital. (2022). Retrieved 14 February 2022, from https://www.thewomens.org.au/health-information/periods/healthy-periods/exercise-diet-periods

How Soon Can You Get Pregnant After Stopping Birth Control?. Healthcare.utah.edu. (2022). Retrieved 14 February 2022, from https://healthcare.utah.edu/the-scope/shows.php?shows=1_38px3nd9

Irregular periods – management & treatment. Jean Hailes. (2022). Retrieved 14 February 2022, from https://www.jeanhailes.org.au/health-a-z/pcos/irregular-periods-management-treatment#what-are-irregular-periods

Period problems | Office on Women’s Health. Womenshealth.gov. (2022). Retrieved 14 February 2022, from https://www.womenshealth.gov/menstrual-cycle/period-problems#references

Sleep and Mood | Need Sleep. Healthysleep.med.harvard.edu. (2022). Retrieved 14 February 2022, from https://healthysleep.med.harvard.edu/need-sleep/whats-in-it-for-you/mood#:~:text=Sleep%20and%20mood%20are%20closely,such%20as%20anxiety%20or%20depression

Cronk, N., Zweig, A., & Deane, K. (2021). Is exercise an effective treatment for dysmenorrhea? Evidence-Based Practice. 24(7): 32-33. doi: 10.1097/EBP.0000000000001138

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui Feb 24
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto