backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

19

Tanya Dokter
Simpan

7 Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur agar Kembali ke Jadwal Semula

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 21/09/2023

7 Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur agar Kembali ke Jadwal Semula

Ada berbagai cara untuk mengatasi haid tidak teratur yang bisa Anda lakukan. Tak perlu yang sulit, cara-cara mudah di bawah ini bisa Anda terapkan agar haid Anda kembali normal.

Cara mengatasi menstruasi tidak teratur 

Pada umumnya, siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari. Namun, beberapa wanita mengalami siklus dengan waktu yang lebih lama atau lebih cepat.

Siklus menstruasi Anda dapat dikatakan teratur jika datang setiap 24 sampai 38 hari. 

Akan tetapi, jika Anda mengalami datang bulan dengan siklus yang tidak menentu, maka hal tersebut dikatakan tidak teratur.

Ada beberapa hal yang menyebabkan haid tidak teratur, salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat. 

Namun, sebaiknya jangan panik dulu. Agar siklus haid dapat normal kembali, berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi haid tidak lancar. 

1. Yoga

yoga saat puasa

Gerakan yoga dipercaya dapat menjadi pengobatan efektif untuk masalah menstruasi. Sebuah penelitian meneliti hal ini pada wanita peserta yang melakukan yoga rutin selama 12 minggu.  

Penelitian yang dipublikasikan di Physical Exercise for Human Health tersebut membuktikan bahwa yoga mampu menyeimbangkan hormon sehingga mencegah siklus haid berantakan. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa gerakan yoga bisa mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, yoga juga dapat mengurangi rasa sakit saat PMS (premenstrual syndrome).

2. Rutin olahraga

Cara mengatasi menstruasi yang tidak lancar selanjutnya adalah rutin berolahraga. Anda mungkin tahu bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Olahraga juga dapat menjaga berat badan serta merupakan salah satu bentuk pengobatan dari PCOS (sindrom ovarium polikistik), yaitu salah satu penyebab jadwal menstruasi berantakan. 

Jadi, mulailah rutin berolahraga agar dapat mengatasi menstruasi Anda yang tidak teratur.

Anda bisa mulai rutinitas ini dengan cara melakukan aktivitas fisik, misalnya jogging, bersepeda, atau berenang, minimal 150 menit per minggu.

3. Makan nanas

Nanas diketahui mengandung vitamin C yang diyakini dapat menurunkan produksi hormon progesteron dan estrogen, sehingga bisa menyebabkan peluruhan dinding rahim.

Selain itu, kandungan enzim bromelain dari nanas juga dipercaya mampu meringankan gejala PMS, seperti kram perut.

Meski begitu, belum banyak penelitian yang membahas manfaat nanas sebagai cara untuk mengatasi siklus haid tidak teratur.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba camilan sehat nan segar ini. Mulailah konsumsi nanas untuk mengatasi menstruasi Anda yang tidak teratur. 

Tahukah Anda?

Wanita dianjurkan untuk mengonsumsi nanas minimal 80 gram per hari untuk mendapatkan manfaat di atas.

4. Konsumsi cuka apel

Rasa pahit yang ada di cuka apel ternyata bisa mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Tohoku Journal of Experimental Medicine mengungkapkan bahwa minum 15 mililiter cuka apel dapat mengembalikan siklus haid Anda.

Selain itu, cuka apel juga bisa membantu menurunkan berat badan, gula darah, dan kadar insulin.

Disarankan untuk meminumnya dengan campuran madu dan air secukupnya agar dapat menghilangkan sensasi pahit dari cuka apel. 

5. Menambah asupan vitamin

Makanan untul bulking workout

Salah satu vitamin yang ampuh untuk mengatasi siklus menstruasi tidak teratur adalah vitamin D.

Vitamin yang terdapat di dalam kuning telur, susu, dan minyak ikan ini dipercaya dapat membuat haid kita menjadi normal.

Selain itu, vitamin B juga sering dianjurkan untuk para wanita yang ingin mengubah siklus menstruasi mereka menjadi normal.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, seperti jagung, juga bisa meringankan gejala pramenstruasi.

6. Menjaga berat badan

Selain berolahraga, menjaga berat badan juga tidak kalah pentingnya.

Jika berat badan Anda tiba-tiba turun atau mengalami kenaikan yang cukup drastis, bisa saja memengaruhi siklus menstruasi Anda.

Oleh karena itu, apabila Anda merasa berat badan menjadi sumber masalah ketidakteraturan menstruasi Anda, silakan tanyakan ke dokter.

Tanyakan berapa berat badan yang ideal untuk Anda dan bagaimana mengatur diet untuk diri Anda.

7. Mengonsumsi obat herbal 

Untuk mengatasi haid yang tidak teratur, Anda juga dapat mengonsumsi obat herbal pelancar menstruasi, seperti jahe, kunyit, dan kayu manis.

Berbagai obat herbal tersebut diyakini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya haid yang tidak lancar.  

Meski demikian, belum ada penelitian yang dapat membuktikan efektivitas dari penggunaan obat tersebut untuk mengatasi masalah haid.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Apalagi, beberapa obat herbal tersebut dapat memberikan manfaat bagi tubuh secara keseluruhan. 

Apabila cara-cara di atas tidak bisa mengatasi menstruasi Anda yang tidak teratur, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dokter dapat menyarankan pengobatan yang dapat dilakukan dan mengetahui alasan di balik siklus haid Anda yang tidak teratur.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 21/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan