home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Jangan Sembarangan, Ini 3 Tips Memilih Produk Alami untuk Kulit Kombinasi

Jangan Sembarangan, Ini 3 Tips Memilih Produk Alami untuk Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi membutuhkan jenis perawatan kulit yang sedikit berbeda dari kulit berminyak atau kulit kering. Daripada harus mengeluarkan banyak uang untuk perawatan kulit jenis ini, ketahui beragam tips memilih produk alami untuk kulit kombinasi dalam artikel ini. Apa saja?

Sekilas tentang kulit kombinasi

Kulit kombinasi, seperti namanya, memiliki masalah yang berbeda di masing-masing area wajah; berminyak dan kering atau normal dan berminyak. Kulit kombinasi muncul karena faktor genetik, hormonal, atau bahkan perubahan cuaca.

Umumnya, orang-orang dengan kulit kombinasi mempunyai daerah T (area dahi, hidung, dan dagu) yang berminyak. Hal ini membuat wajah pemilih kulit kombinasi nampak berkilau di area T tersebut. Produksi minyak yang berlebihan bila tidak ditangani secara tepat akan tercampur dengan tumpukan sel kulit mati yang menyebabkan sumbatan pori-pori di kulit. Bila sumbatan ini mengalami infeksi oleh bakteri, maka jerawat jadi rentan untuk muncul di wajah Anda.

Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan wajah yang tepat untuk jenis kulit satu ini. Hal ini dilakukan agar kelembapan kulit tetap terjaga tapi tidak menambah minyak berlebih di wajah Anda.

Tips memilih produk alami untuk kulit kombinasi

Tidak perlu rangkaian perawatan kulit terkini dan mahal harganya. Cukup senjatai diri Anda dengan beberapa tips perawatan alami berikut ini, dan merawat kulit kombinasi tidak akan lagi menjadi masalah besar. Meskipun belum diketahui efektivitasnya, berikut bahan alami yang dapat Anda coba. Pastikan Anda tidak alergi terhadap produk-produk tersebut sebelum Anda menggunakannya.

1. Pembersih alami

Pembersih alami yang baik untuk kulit jenis ini adalah adalah madu murni. Pastikan Anda memakai madu murni, bukan madu botolan siap pakai yang sering Anda jumpai di supermarket atau pasar. Madu murni memiliki agen penyembuh dan membantu menjaga area kulit yang kering agar tetap lembap.

Madu mempunyai efek menenangkan kulit dan kaya akan mineral, vitamin (seperti vitamin B dan bition), serta antioksidan. Efek antiseptik dari madu akan membantu melawan timbulnya jerawat pada area kulit yang berminyak dengan mengurangi bakteri pada kulit.

2. Toner alami

Toner adalah bagian penting dari setiap perawatan wajah, terlebih untuk perawatan kulit kombinasi. Hal ini karena toner dapat membantu menyeimbangkan kondisi kulit Anda. Toner berfungsi mengangkat sisa-sisa pembersih dari kulit, menghilangkan, dan mendistribusikan kelebihan sebum dari area berminyak, sekaligus secara halus melembapkan area yang kering.

Anda bisa menggunakan campuran mentimun dan air yang telah disuling sebagai toner setelah menggunakan pembersih wajah. Campuran air mawar atau hydrosol lainnya juga bisa menjadi toner alami yang sangat baik untuk kulit kombinasi.

Toner astringent seperti jus lemon mungkin agak keras untuk kulit kombinasi. Produk-produk astringent akan benar-benar menghilangkan minyak dari kulit, sehingga pada akhirnya, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk menggantikan kehilangan tersebut.

3. Pelembap alami

Gunakan gliserin untuk melembapkan kulit kombinasi secara alami. Campur gliserin dan air bersih dengan perbandingan 1:4 dan gunakan ujung jari untuk mengoleskannya ke kulit. Saat cuaca dingin, coba tambahkan setetes minyak esensial, contohnya minyak almond atau lavender, pada area kering untuk memelihara kelembapan kulit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan dua tetes minyak zaitun untuk membantu melembapkan wajah Anda di bagian yang kering.

Bereksperimenlah dengan jenis minyak yang berbeda. Namun, Anda harus berhati-hati. Pasalnya beberapa jenis minyak lebih keras dari yang lain, dan tiap jenis minyak mempunyai aroma alami yang khas. Gliserin tidak memberikan perlindungan yang efektif terhadap sinar matahari, namun ada beberapa produk alami di pasaran yang mengandung sunscreen. Produk-produk ini biasanya mengandung zinc oxide atau oksida titanium, bukan bahan-bahan kimia.

Lebih baik konsultasikan dulu dengan ahli herbal atau dokter kulit Anda sebelum mencoba bahan-bahan alami untuk kulit kombinasi Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Natural Skin Care Tips for Combination Skin – http://www.livestrong.com/article/23022-natural-skin-care-tips-combinatio accessed date March 6th, 2018

What’s Your Type Skin – https://www.webmd.com/beauty/whats-your-skin-type#1 accessed date March 6th, 2018

The Basic of Healthy Skin Care – https://www.verywell.com/skin-care-101-1069529 accessed date March 6th, 2018

 


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 27/03/2018
x