home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Manfaat Ceramide untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Berbagai Manfaat Ceramide untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Anda mungkin sering melihat kandungan ceramide dalam produk perawatan kulit (skincare). Ceramide memang sering menjadi salah satu bahan yang diunggulkan karena dianggap dapat memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk kecantikan kulit.

Apa itu ceramide?

Ceramide adalah salah satu jenis asam lemak bernama lipid yang secara alami terdapat pada sel kulit manusia dan membentuk sekitar 50% lapisan kulit terluar (epidermis).

Pada awalnya, sebenarnya ceramide lebih dikenal sebagai komponen untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf. Namun karena potensinya, ceramide mulai banyak dimanfaatkan menjadi bahan dalam produk perawatan kulit atau kosmetik.

Ceramide bertindak seperti semen pada struktur kulit, yang berfungsi untuk melindungi dan menghalangi kulit dari paparan luar yang bisa merusak lapisan kulit. Selain itu, ceramide dapat mencegah keluarnya air yang memberi kelembapan pada kulit.

Ada lebih dari sembilan jenis ceramide berbeda, dua di antaranya bernama Sphingosine dan Phytosphingosine.

Apa saja manfaat ceramide?

Di bawah ini beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari adanya ceramide.

1. Bantu menjaga kelembapan kulit

Salah satu fungsi utama ceramide yakni menjaga kulit Anda terhidrasi sehingga tampilannya tampak lembap dan tidak kering. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ceramide bekerja dengan menahan dan mengunci air pada lapisan kulit.

Tanpa ceramide, kulit bisa kehilangan air sehingga akan mengalami dehidrasi, kekeringan, serta iritasi. Ceramide juga memperbaiki dan memperkuat lapisan kulit yang berfungsi untuk mengembalikan zat pelembap kulit.

2. Bantu cegah jerawat

Jerawat bisa timbul karena adanya minyak berlebih dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Maka dari itu, kulit sangat membutuhkan peran lapisan pelindung guna mencegah berbagai bakteri dan kotoran masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Dengan manfaat ceramide yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit, bakteri dan zat asing lainnya pun akan terhalangi.

3. Bantu cegah penuaan

Produksi ceramide alami dalam kulit akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia dan penuaan kulit (aging skin), terutama saat menginjak usia 30-an. Akibatnya, pelindung kulit melemah. Karena itu kulit juga cenderung lebih mudah kering.

Maka itu, kulit membutuhkan ceramide tambahan dari produk perawatan kulit. Ceramide membantu memperkuat fungsi pelindung kulit, membuat kulit tampak lebih lembut. Keriput pada kulit juga jadi berkurang bila ceramide digunakan rutin.

4. Bantu mengatasi eksim

Penelitian pada 2019 menunjukkan ceramide dapat meringankan kondisi kulit eksim. Eksim yaitu gangguan kulit yang ditandai munculnya roma kemerahan, kulit kering pecah-pecah, dan rasa gatal. Kondisi ini dikenal juga dengan nama dermatitis atopik.

Pada orang yang mengalami eksim, lipid pada kulit mengalami kekurangan sehingga menyebabkan tampilan kulit menjadi kering berkerak. Nah, untuk menggantikan lipid tersebut, Anda bisa mengoleskan produk seperti losion yang mengandung ceramide.

Adakah risiko dari pemakaian ceramide?

Pemakaian ceramide umumnya aman mengingat kulit juga mengandung ceramide. Bilapun terjadi efek samping, hal ini berasal dari kandungan lain dalam produk tersebut. Pastikan Anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap suatu kandungan tertentu.

Untuk mengetahuinya, lakukan uji tempel guna melihat reaksi kulit Anda. Oleskan tipis-tipis pada bagian kecil kulit Anda, lalu tunggu hingga 24 jam. Bila mengalami kemerahan, gatal, atau iritasi, segera bilas bagian yang terkena dan hentikan penggunaan.

Jika Anda tidak mengalami gejala apa pun, artinya produk aman untuk digunakan.

Bagi Anda yang masih merasa belum yakin akan penggunaan produk ceramide, konsultasikan langsung kepada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Coderch, L., López, O., de la Maza, A., & Parra, J. L. (2003). Ceramides and skin function. American journal of clinical dermatology, 4(2), 107–129. Retrieved 26 April 2021.

Tessema, E., Gebre-Mariam, T., Neubert, R. and Wohlrab, J., 2017. Potential Applications of Phyto-Derived Ceramides in Improving Epidermal Barrier Function. Skin Pharmacology and Physiology, 30(3), pp.115-138. Retrieved 26 April 2021.

Elsner, P. and Agner, T., 2019. Hand eczema: treatment. Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, 34(S1), pp.13-21. Retrieved 26 April 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 27/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x