Mengulik Hyaluronic Acid, Zat Pelembap yang Ampuh untuk Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Produk skincare yang mengandung hyaluronic acid konon sedang laris-larisnya diburu oleh pegiat kecantikan. Hyaluronic acid adalah versi buatan dari zat alami bernama sama yang ada di dalam tubuh setiap manusia. Sebagai bahan aktif, senyawa ini disebut-sebut punya banyak manfaat.

Apa itu hyaluronic acid?

skin care tidak bekerja

Hyaluronic acid, atau asam hialuronat, adalah bahan bening dan lengket yang secara alamiah dibentuk di dalam tubuh. Senyawa ini paling banyak ditemukan pada lapisan bening mata, jaringan ikat persendian, dan kulit.

Fungsi utama asam hialuronat adalah menahan air di dalam jaringan ikat dan kulit. Di dalam tubuh, senyawa yang juga dikenal sebagai hyaluronan ini mampu menahan air dengan bobot hingga ribuan kali melebihi berat aslinya.

Hal ini memungkinkan air untuk tetap berada dalam jaringan dan tidak menguap ke luar tubuh. Air adalah pelumas alami yang membuat jaringan tubuh selalu lembap, bisa menjalankan fungsinya dengan baik, serta terlindung dari kerusakan.

Seperti halnya kolagen, produksi asam hialuronat akan berkurang seiring pertambahan usia. Maka dari itu, asam hialuronat dalam bentuk skincare atau suplemen kerap diperlukan sebagai bentuk perawatan untuk kulit.

Manfaat hyaluronic acid untuk kulit

skincare bulan puasa

Hyaluronic acid adalah zat humektan alami dengan fungsi utama menjaga kelembapan kulit. Penggunaan rutin produk skincare mengandung senyawa ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut.

1. Melembapkan kulit

Jika jenis kulit Anda cenderung kering, pelembap yang mengandung asam hialuronat akan sangat membantu melembapkan kulit. Kulit yang lembap nantinya bisa tampak lebih kenyal, padat, dan bercahaya.

Hyaluronic acid juga baik bagi pemilik kulit kering berjerawat, sebab senyawa ini mampu mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi pemicu timbulnya jerawat.

2. Mengurangi kerutan pada wajah

Seiring bertambahnya usia, kulit akan semakin kering dan mengeriput karena tidak lagi membentuk kolagen sebanyak dulu. Anda bisa memperlambat munculnya keriput dengan menggunakan produk anti-aging mengandung asam hialuronat.

Menurut hasil uji klinis yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology, produk dengan kandungan hyaluronic acid mampu mengurangi kerutan di sekitar mata serta mengencangkan kulit yang kendur kurang lebih setelah 30 hari pemakaian rutin.

Dengan menahan air dalam jaringan kulit, asam hialuronat membantu mengisi ruang antarsel yang kosong karena kekurangan kolagen. Hal ini membuat kulit tampak lebih berisi, kenyal, serta bebas dari garis halus dan keriput.

3. Memperbaiki kulit yang terbakar matahari

Bagi orang yang sering bermasalah dengan kulit terbakar akibat beraktivitas di bawah terik matahari, krim pelembap hyaluronic acid dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

Sinar matahari memang bermanfaat untuk meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh. Akan tetapi, paparan sinar matahari secara berlebihan dapat merusak jaringan kulit, mempercepat penuaan kulit, dan bahkan meningkatkan risiko penyakit kanker.

Saat tubuh mendeteksi kerusakan pada kulit, hyaluronan segera membantu perbaikan kulit lewat reaksi peradangan yang terkendali. Senyawa ini merangsang pembentukan pembuluh darah pada area yang rusak sehingga kulit pulih lebih cepat.

Efek samping hyaluronic acid

tanda ganti skin care

Secara umum, asam hialuronat baik dalam bentuk suplemen, produk perawatan kulit, maupun suntikan tergolong aman asalkan dipakai sesuai anjuran. Namun, senyawa ini mungkin bisa memicu reaksi alergi kulit pada beberapa orang.

Orang yang pertama kali memakai produk mengandung asam hialuronat sebaiknya melakukan tes alergi dahulu dengan mengoleskan sedikit produk pada kulit. Jika tidak ada reaksi setelah 24 jam, kemungkinan produk ini aman bagi Anda.

Efek samping seperti nyeri, gatal, dan kemerahan umumnya berasal dari penggunaan asam hialuronat dalam bentuk suntikan. Akan tetapi, efek samping ini biasanya ringan dan akan hilang dalam seminggu.

Aturan pakai hyaluronic acid untuk kulit

Produk skin care alami

Asam hialuronat bisa digunakan kapan saja pada tipe kulit apa pun. Senyawa ini juga dapat digabungkan dengan eksfoliator, retinol untuk kulit, vitamin, maupun jenis asam lainnya.

Satu-satunya pengecualian adalah asam dengan pH rendah seperti glycolic acid. Ini karena asam dengan pH yang rendah dapat mengurangi keampuhan asam hialuronat dalam melembapkan kulit.

Anda mungkin juga perlu mencoba beberapa kali hingga menemukan produk dengan asam hialuronat yang paling cocok dengan kulit Anda. Ukuran molekul senyawa ini kadang terlalu besar untuk kulit sehingga tidak bisa menembus hingga ke dalam.

Walaupun tidak ada efek samping serius, hentikan pemakaian produk bila kulit Anda menunjukkan reaksi alergi ataupun reaksi negatif lainnya. Gantilah dengan produk pelembap lain yang lebih cocok dengan kulit Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Fakta Mengagumkan Soal Lutut Manusia yang Tangguh Tapi Rawan Cedera

Lutut manusia bertugas untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, cari tahu berbagai fakta menarik soal kesehatan lutut berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

BAB Sering Berdarah? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Kanker pada Saluran Cerna

Penyebab BAB berdarah bukan cuma ambeien alias wasir saja. Darah pada feses bisa jadi pertanda adanya kanker pada salah satu organ saluran cerna Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Kanker, Kanker Lambung 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan yang enak, gurih, dan lebih sehat. Simak beragam resep membuat bakwan yang mudah berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Resep Sehat, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

penyakit dari tikus

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
efek bleaching gigi

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
mie instan atau nasi

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit