home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Penyakit Berbahaya yang Bisa Membuat Perut Buncit

5 Penyakit Berbahaya yang Bisa Membuat Perut Buncit

Apakah perut Anda buncit? Jika iya, mungkin Anda merasa perut buncit tersebut mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa kurang percaya diri. Sebelum itu, ada baiknya Anda harus waspada karena perut buncit juga dapat disebabkan oleh penyakit. Apa saja penyakit penyebab perut buncit? Berikut ulasannya.

Perut buncit bagaimana yang berbahaya?

Perut buncit disebut juga obesitas perut atau obesitas sentral. Penyebab perut buncit selain disebabkan oleh penumpukan lemak pada bagian perut juga dapat disebabkan oleh penyakit yang membahayakan kesehatan Anda.

Sebagai langkah awal, untuk mengetahui apakah perut buncit Anda berbahaya atau tidak, ukurlah lingkar pinggang Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki obesitas perut. Anda dapat menggunakan meteran yang dilingkarkan di perut Anda. Posisi meteran adalah sejajar ujung tulang panggul dan pusar.

Seorang laki-laki dinyatakan menderita obesitas perut apabila lingkar pinggang melebihi 90 cm. Sedangkan pada perempuan, di atas 80 cm.

Apa saja penyakit penyebab perut buncit?

Terlepas dari apakah perut buncit Anda karena penumpukan lemak atau gaya hidup Anda yang tidak sehat, ada berbagai macam penyakit yang bisa membuat seseorang mengalami perut buncit. Penyakit itu bisa ringan bahkan juga bisa berat. Berikut ini adalah hal penyakit penyebab perut buncit.

1. Busung lapar

Salah satu penyakit yang menjadi penyebab perut buncit adalah busung lapar atau kwashiorkor. Penyakit ini sangat mudah Anda kenali, timbul dikarenakan tubuh kekurangan protein. Salah satu ciri orang yang terkena busung lapar adalah tubuhnya akan terlihat sangat kurus namun perutnya terlihat buncit.

Perut yang buncit menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan organ pencernaan tersebut. Busung lapar banyak menimpa bayi dan juga anak-anak, penyakit ini banyak dialami oleh anak-anak dan bayi yang ada di pedalaman Afrika. Namun, masih banyak kasus busung lapar yang ditemukan di Indonesia.

2. Gangguan hati

Salah satu penyakit yang ditandai dengan perut buncit adalah penyakit gangguan hati seperti mengalami gejala penyakit liver, sirosis hati, hepatitis dan berbagai macam gangguan hati lainnya.

Penyebab membuncitnya perut adalah karena organ hati merupakan alat ekskresi pada manusia, ekskresi adalah proses pembuangan sisa metabolisme dan benda tidak berguna lainnya. Jika organ hati terganggu, maka organ hati tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Fungsi hati adalah mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme keluar dari tubuh, hati yang terganggu justru membuat zat itu menumpuk di dalam tubuh. Hal tersebutlah yang menyebabkan perut menjadi membuncit.

3. Gagal ginjal

Penyakit yang ditandai dengan perut membuncit atau perut membengkak adalah penyakit ginjal. Sama halnya dengan hati, ginjal merupakan alat ekskresi yang akan mengeluarkan sisa metabolisme berupa urin melalui saluran kemih manusia.

Ginjal yang sudah terganggu fungsinya akan menumpuk cairan tersebut di dalam tubuh sehingga tubuh mengalami pembengkakan terutama di bagian kaki, tangan dan juga perut. Penumpukan cairan pada penderita penyakit ginjal khususnya gagal ginjal biasanya dikeluarkan dengan cara cuci darah.

4. Diabetes

Orang yang menderita diabetes akan memiliki penumpukan gula yang berlebihan di dalam tubuhnya. Gula yang berlebihan itu akan disimpan dalam bentuk lemak dan menumpuk di dalam perut selain itu juga di bagian tubuh yang lainnya, penyakit ini akan diperparah dengan adanya resistensi insulin di mana insulin menjadi tidak sensitif.

5. Kanker stadium akhir

Penyakit yang ditandai dengan perut buncit adalah kanker stadium akhir. Apapun jenis kankernya jika sudah ditandai dengan perut yang buncit maka bisa dipastikan bahwa kanker itu telah menyebar ke rongga perut.

Jika kanker telah menyebar ke rongga perut, harapan hidup penderita kanker semakin kecil. Tidak hanya itu saja, sel kanker yang menyebar ke bagian hati dan juga ke bagian ginjal juga akan memperparah penumpukan cairan yang ada di dalam perut penderita kanker tersebut.

Salah satu cara untuk mengeluarkan cairan tersebut adalah dengan menyedotnya, namun cairan itu bisa menumpuk kembali dikarenakan sel kanker yang sudah ada di rongga perut.

Penting untuk Anda mewaspadai lima penyakit penyebab perut buncit. Mulai dari sekarang Anda harus menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat. Perut buncit karena penumpukan lemak ataupun karena penyakit harus Anda cegah sebelum merugikan kesehatan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari
Tanggal diperbarui 09/03/2021
x