Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Pusar Terasa Sakit, Ketahui Penyebabnya Berikut ini

Pusar Terasa Sakit, Ketahui Penyebabnya Berikut ini

Keberadaan pusar sering dipandang sebelah mata. Padahal, kondisi pusar Anda bisa memberi tahu kondisi kesehatan Anda secara umum. Pusar yang terasa sakit tidak boleh Anda abaikan karena bisa jadi merupakan tanda penyakit tertentu, bahkan yang cukup serius.

Penyebab pusar sakit

Inilah berbagai kemungkinan penyebab sakit perut bagian pusar.

1. Dispepsia

Dispepsia atau yang biasa sering disebut maag adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan rasa nyeri atau sensasi terbakar di perut.

Rasa sakit dan sensasi terbakar ini biasanya terasa di bagian perut atas, lalu menjalar menuju pusar. Tak heran, pusar pun terasa sakit ketika Anda mengalami maag.

Kondisi ini bisa jadi menandakan adanya berbagai penyakit pencernaan lainnya.

Berolahraga tepat setelah makan pun bisa memicu rasa nyeri pada dispepsia. Berikan jeda minimal satu jam untuk menghindari risiko masalah pencernaan setelah berolahraga.

2. Sembelit

Sembelit adalah sulit BAB dengan frekuensi kurang dari tiga kali dalam seminggu. Tak hanya itu, sembelit pun ditandai dengan feses keras, kering, dan terasa sakit jika dikeluarkan.

Jika terjadi dalam jangka pendek, kondisi ini tidak berbahaya. Anda hanya memerlukan obat pencahar yang dijual bebas sekaligus menambah asupan serat dan air.

Tak jarang, sembelit disertai nyeri perut yang tajam karena adanya gas yang menumpuk di dalam saluran pencernaan.

Lagi-lagi, gejala ini akan merambat hingga sakit di bagian pusar tak terhindari.

3. Batu empedu

Batu empedu adalah hasil endapan kolesterol yang mengeras dan terbentuk di dalam kantong empedu.

Batu empedu biasanya dialami oleh orang-orang berusia 40 tahun ke atas, berat badan berlebih, dan sering makan makanan berlemak.

Gejala batu empedu yang paling umum adalah sakit perut yang tiba-tiba dan intens pada bagian kanan atas, lalu turun ke bagian tengah perut hingga menuju tulang dada dan pusar.

Kondisi ini bisa disembuhkan dengan operasi pengangkatan batu empedu.

4. Apendisitis

Radang usus buntu penyebab pusar terasa sakit

Apendisitis adalah peradangan pada usus buntu yang ditandai dengan pusar terasa sakit dan tak tertahankan.

Mengutip buku yang diterbitkan StatPearls (2022), penyebab penyakit pemicu sakit perut bagian pusar ini adalah menyumbatnya usus buntu hingga pecah.

Penyebab penyumbatan pada usus buntu seringkali tidak diketahui dokter, tetapi ada kemungkinan muncul akibat tumor dan pembentukan batu.

Ketika usus buntu tersumbat, bakteri menumpuk dan menyebabkan radang dan benjolan berisi nanah.

Dalam kasus yang lebih parah, usus buntu bisa pecah dan pecahannya akan menyebarkan infeksi ke seluruh perut.

5. Pankreatitis

Pankreatitis adalah peradangan yang terjadi pada pankreas. Kondisi ini bisa berlangsung singkat atau akut.

Tak jarang, pankreatitis juga bisa muncul dalam jangka waktu yang panjang dan menyebabkan kerusakan atau kronis.

Mengutip situs National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, gejala pankreatitis yang paling umum adalah sakit perut pada bagian atas, lalu menjalar hingga bagian punggung. Seringkali, gejala ini juga membuat pusar juga terasa sakit.

Ketika kondisi sudah kronis, sakit di bagian pusar tidak sepenuhnya hilang. Anda hanya bisa mengurangi gejalanya dengan pengobatan pankreatitis.

6. Kehamilan

Pusar terasa sakit juga bisa jadi akibat kehamilan.

Saat hamil, pertumbuhan janin di dalam rahim membuat Anda mengalami nyeri ligamen bundar yang ditandai dengan rasa sakit yang tajam di bagian dekat pusar.

Nyeri ligamen bundar biasanya muncul saat memasuki usia kehamilan trimester dua. Ligamen bundar ini menyambungkan bagian depan rahim dengan selangkangan, lalu meregang saat hamil agar bisa menopang rahim.

Beberapa gerakan bisa memicu nyeri ligamen bundar, seperti berdiri dengan cepat, batuk, dan tertawa.

Ketiga kegiatan ini membuat ligamen bundar mengencang dengan cepat hingga terasa nyeri, tetapi hanya berlangsung sesaat.

Kondisi ini tidak bahaya dan umum terjadi saat Anda hamil.

7. Gastroenteritis

Gastroenteritis atau yang biasa disebut flu perut adalah peradangan pada dinding usus yang diakibatkan virus rotavirus dan norovirus, bakteri salmonella, dan parasit giardia.

Kondisi ini menyebabkan munculnya berbagai gejala penyakit saluran pencernaan, seperti perut dan pusar terasa sakit, diare, muntah, dan demam.

Virus, parasit, dan bakteri penyebab gastroenteritis bisa menular dengan sangat cepat melalui tangan, benda-benda, atau makanan yang sudah terkontaminasi.

Masalah pencernaan ini hanya berlangsung selama beberapa hari dan biasanya tidak membutuhkan perawatan khusus.

Anda mungkin hanya mendapatkan obat-obatan untuk muntah dan diare serta memenuhi asupan cairan.

Jika Anda menunjukkan tanda-tanda dehidrasi dan kondisi tidak membaik lebih dari dua hari, segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan segera.

8. Gastritis dan tukak lambung

gastritis penyebab pusar terasa sakit

Gastritis adalah peradangan pada lapisan lambung. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori, menggunakan obat pereda nyeri dalam jangka panjang, atau konsumsi alkohol berlebihan.

Tanda yang paling kentara pada gastritis adalah sakit perut bagian atas yang merambah ke bagian pusar.

Lalu, gejala lain yang timbul adalah mual, muntah, serta perut terasa kembung setelah makan.

Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menyebabkan lambung terluka atau tukak lambung, bahkan mengalami perdarahan. Ini pun akan meningkatkan risiko kanker perut.

Biasanya dokter akan memberikan pengobatan dengan antibiotik untuk mengurangi rasa sakit dan gejala lainnya yang mungkin muncul.

9. Hernia umbilikalis

Hernia umbilikalis adalah kondisi pusar yang mencuat keluar yang diakibatkan oleh tonjolan usus, tetapi ini bukan pusar bodong.

Hernia umbilikalis kerap terjadi pada bayi baru lahir dan bisa sembuh dengan sendirinya pada usia dua hingga lima tahun. Akan tetapi, kondisi ini bisa berlanjut hingga dewasa.

Meskipun tidak selalu menimbulkan masalah, usus yang menonjol ini bisa terperangkap sehingga kekurangan pasokan darah.

Jika suplai darah terputus, jaringan dapat mati dan berpotensi menyebabkan infeksi yang bisa mengancam jiwa.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki hernia umbilikalis dan pusar terasa sakit disertai kemerahan atau ungu di tonjolannya, segera periksakan ke dokter, apalagi diikuti dengan sembelit, demam, perut bengkak, dan muntah.

10. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih menyerang berbagai jenis organ yang terlibat saat buang air kecil, seperti kandung kemih, uretra, dan ginjal.

Selain nyeri dan sensasi terbakar saat buang air kecil, gejala yang biasanya terasa adalah sakit pada perut di sekitar pusar, rusuk, hingga punggung.

Penyebab infeksi saluran kemih pada perempuan adalah bakteri dari usus besar yang terbawa hingga uretra dan kandung kemih.

Pada laki-laki, kondisi ini muncul akibat aliran urine yang terhambat, seperti pada pembesaran prostat.

Kondisi ini bisa diobati dengan mengonsumsi obat antibiotik.

Segera ke dokter jika mengalami gejala berikut

Pusar terasa sakit memiliki lebih dari satu kemungkinan penyebab. Umumnya, rasa sakit ini bukanlah pertanda serius. Akan tetapi, dalam beberapa kasus bisa menjadi hal yang serius jika disertai gejala tertentu. Jika Anda mengalami gejala pusar sakit di bawah ini, tandanya Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter.
  • Rasa sakit yang cukup parah dan memengaruhi serta menghambat aktivitas harian.
  • Rasa sakit yang menyebabkan Anda terbangun di malam hari.
  • Sakit perut hebat disertai dengan muntah yang hebat.
  • BAB terasa sakit, bahkan berdarah.

Pusar terasa sakit bisa terjadi akibat beberapa masalah kesehatan yang terjadi pada organ yang terletak di dalam perut.

Segera periksakan ke dokter jika Anda merasa pusar sakit disertai satu atau lebih gejala-gejala tersebut untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Indigestion (Dyspepsia): Causes & Treatment . (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/7316-indigestion-dyspepsia

Constipation | NIDDK. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/constipation

Why Does My Stomach Hurt?. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/5-reasons-your-stomach-may-hurt

Gallstones. (2017). Retrieved 20 May 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/gallstones/

Gallstones – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gallstones/symptoms-causes/syc-20354214

Appendicitis – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/appendicitis/symptoms-causes/syc-20369543

Jones, M., Lopez, R., & Deppen, J. (2022). Appendicitis. Statpearls Publishing. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK493193/#article-17784.s3

Pancreatitis | NIDDK. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/pancreatitis

Round Ligament Pain: What Does It Feel Like, Causes & Treatment. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/21642-round-ligament-pain

Gastroenteritis. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.healthdirect.gov.au/gastroenteritis

Viral gastroenteritis (stomach flu) – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/viral-gastroenteritis/symptoms-causes/syc-20378847

Gastritis – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gastritis/symptoms-causes/syc-20355807

Umbilical Hernia. (2021). Retrieved 20 May 2022, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/hernias/umbilical-hernia

Umbilical hernia – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/umbilical-hernia/symptoms-causes/syc-20378685

Bladder Infection (Urinary Tract Infection—UTI) in Adults | NIDDK. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/urologic-diseases/bladder-infection-uti-in-adults

Urinary tract infections (UTIs). (2017). Retrieved 20 May 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/urinary-tract-infections-utis/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari Diperbarui 6 days ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro