7 Fakta Menarik Tentang Pusar Alias “Udel” Manusia

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pusar atau sering juga disebut “udel” adalah bagian tubuh yang seringnya luput untuk diperhatikan. Tidak jarang, bagian tubuh satu ini berbau tidak sedap karena tidak rutin dibersihkan. Namun, tahukah Anda, jika para peneliti telah lama memperhatikan pusar dan menemukan beberapa fakta menarik mengenai bagian ini yang mungkin belum Anda ketahui? Simak penjelasan selengkapnya seputar fakta pusar manusia dalam artikel ini.

Fakta pusar manusia

Sebelum mengetahui lebih lanjut soal fakta pusar, ada baiknya kita kenali dulu jenis-jenis pusar. Secara umum, manusia memiliki dua jenis pusar, yaitu outie dan innies. Pusar “outie” adalah sebutan untuk pusar yang menonjol keluar, alias pusar bodong. Sedangkan pusar “innies” adalah pusar yang masuk ke dalam. Meski begitu, bentuk dan ukuran pusar setiap manusia berbeda. Ada orang yang mungkin memiliki pusar bodong dan menjorok ke dalam secara sempurna, hanya sebagian, atau rata.

Berikut ini beberapa fakta menarik terkait pusar manusia yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Rumah bagi kuman dan bakteri

Anda jarang membersihkan pusar? Hmmm.. mulai sekarang Anda harus mengubah kebiasaan buruk ini. Pasalnya, kuman dan bakteri bisa menempel pada kulit manusia. Dan hal yang sama juga terjadi pada pusar.

Menurut para peneliti di North Carolina State University, pusar merupakan rumah bagi 67 jenis bakteri. Sementara penelitian yang diterbitkan dalam Toronto Star menunjukkan bahwa dalam pusar terdapat setidaknya 1.400 jenis bakteri yang berbeda-beda.

2. Harus dibersihkan dengan hati-hati

Jika Anda ingin membersihkan pusar, Anda harus hati-hati. Pasalnya pusar merupakan bagian sensitif sehingga apabila dibersihkan secara asal justru akan membuat luka bahkan iritasi. Nah, jika Anda ingin membersihkan pusar, gunakan penyeka kapas, kain katun ataupun cotton bud yang diberi sedikit alkohol untuk menghilangkan kotoran tersembunyi di dalam pusar.

Alkohol yang digunakan untuk membersihkan pusar baiknya hanya sedikit saja karena dapat membuat daerah di sekitar pusar menjadi kering jika terlalu kebanyakan. Selain itu, Anda dapat membersihkan pusar dengan bantuan sabun dan air secara teratur ketika sehabis mandi.

3. Bentuk pusar akan berubah ketika hamil

Saat hamil, perut akan mengalami perubahan bentuk sehingga berpengaruh pada bentuk pusar. Pembesaran pada bagian abdomen menyebabkan bagian dalam pusar terdorong keluar dan membuat pusar terlihat bodong. Namun, tenang saja, menurut Dr Karen Marie Jaffee dari University Hospital of Cleveland, bentuk pusar Anda yang bodong selama kehamilan akan kembali ke bentuk semula setelah melahirkan.

4. Zona sensitif seksual

Perut bagian bawah adalah daerah yang sangat sensitif bagi pria dan wanita, dan pusar merupakan bagian utama dari daerah itu. Pasalnya bagian ini memiliki banyak ujung saraf yang akan membuat Anda lebih sensitif terhadap rangsangan. Menurut Intim Medicine, stimulasi pusar dapat menghasilkan sensasi ‘kesemutan’ bahkan geli pada klitoris wanita dan pada penis bagi pria.

5. Ada orang yang tidak memiliki pusar

Meskipun jarang ditemui kasus seperti ini, beberapa orang bisa saja lahir tanpa pusar. Hal ini disebabkan akibat kondisi medis tertentu seperti hernia umbilikalis dan gastroschisis, yaitu kondisi cacat lahir dengan perut dan usus yang keluar dari lubang di dinding perut

6. Kebanyakan orang memiliki pusar yang menjorok ke dalam

Satu fakta pusar yang menarik lainnya adalah bahwa kebanyakan orang di dunia memiliki pusar yang menjorok ke dalam. Jadi, jika Anda termasuk orang yang memiliki pusar bodong, berarti Anda termasuk orang yang memiliki jenis pusar yang tak biasa.

7. Pusar yang seksi

Dalam beberapa kasus, ada seseorang yang memang memiliki bentuk  pusar lebih seksi daripada yang lain. Hal ini dibuktikan secara ilmiah oleh Aki Sinkkonen seorang peneliti dari University of Helsinki yang mengatakan bahwa kebanyakan orang menyukai pusar berbentuk T, atau oval, dan vertikal. Sementara itu, penelitian yang dilaporkan di LiveScience pada tahun 2009 menjelaskan bahwa kebanyakan orang tak menyukai pusar yang bodong.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Anda pasti sudah akrab dengan manfaat daun sirih untuk hentikan mimisan. Meski begitu, masih ada banyak lagi khasiat daun sirih untuk kesehatan. Penasaran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ternyata menonton film sedih bukan cuma membuat kita menangis, tapi ada juga manfaat lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mencium bau

Sering Mencium Sesuatu Tapi Tak Ada Wujudnya? Mungkin Anda Mengalami Phantosmia!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
bahaya rokok, bahaya merokok bagi kesehatan, dampak rokok, efek rokok, berhenti merokok

Bahaya Merokok Terhadap Daya Tahan Tubuh Manusia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit