Pewarna Rambut Permanen Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020
Bagikan sekarang

Selain mengganti model rambut, mewarnai rambut merupakan salah satu metode lain bagi Anda yang ingin mengubah suasana. Bahkan, beberapa orang melakukannya hanya untuk menutupi uban yang sudah mengganti warna rambut mereka. Namun, tahukah Anda bahwa pewarna atau cat rambut dapat meningkatkan risiko kanker payudara?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui penjelasannya. 

Pewarna rambut ternyata meningkatkan risiko kanker payudara

mewarnai rambut

Sebelumnya, mungkin sudah terdengar kabar bahwa cat rambut dapat menyebabkan kanker. Hal ini dikarenakan terdapat lebih dari 5.000 zat kimia yang ada dalam pewarna rambut. Salah satu diantaranya adalah aromatic amines yang ditemukan dapat menyebabkan kanker pada binatang. 

Bahkan, baru-baru ini penelitian dari International Journal of Cancer mengungkapkan bahwa pewarna rambut, terutama jenis permanen, dapat meningkatkan risiko kanker payudara. 

Di dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan 46.709 data dari Sister Study. Mereka kemudian menemukan bahwa para wanita yang sering menggunakan cat rambut permanen lebih mungkin terkena kanker payudara 9% lebih banyak. 

Hasil tersebut dibandingkan dengan wanita yang tidak menggunakan cat rambut dan ternyata tidak berpotensi terkena kanker payudara. 

mewarnai rambut menyebabkan kanker

Pada penelitian ini digunakan data wanita keturunan Afrika-Amerika. Para wanita tersebut ternyata menggunakan pewarna rambut setiap 5-8 minggu dan meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak 60%. 

Namun, dari penelitian tersebut hanya ditemukan sedikit peningkatan risiko kanker payudara pada penggunaan pewarna semi-permanen dan temporer. 

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendalaminya. Hal ini dikarenakan sudah banyak penelitian dilakukan tentang kandungan cat rambut dan kanker, tetapi hasilnya masih belum terlalu jelas. 

Mengapa pewarna rambut permanen dikatakan berbahaya?

pilih produk

Dari penelitian tersebut, terlihat bahwa kandungan pewarna rambut permanen perlu diwaspadai sebagai penyebab.

Jenis cat rambut yang satu ini sifatnya mengubah zat kimia pada batang rambut secara permanen. Sebutan lain dari cat rambut permanen ini adalah coal-tar dyes karena mengandung zat kimia di dalamnya, seperti aromatic amines dan phenols

Jika digabungkan dengan hidrogen peroksida (H2O2), kedua senyawa tersebut dapat bereaksi menjadi pewarna permanen. 

Namun, yang membuat pewarna rambut permanen perlu diwaspadai adalah kandungan aromatic amines yang cukup berisiko terhadap kanker payudara. 

Aromatic amines adalah senyawa kimia sampingan yang biasa ditemukan pada produk plastik, bahan kimia industri, dan produk lainnya. Senyawa kimia ini dibagi menjadi tiga kategori dan kemungkinan besar bersifat karsinogen terhadap manusia. 

Maka itu, pewarna rambut permanen dikatakan berpotensi untuk menyebabkan kanker payudara karena mengandung aromatic amines yang cukup tinggi.

makanan penyebab kanker payudara, gejala kanker payudara, ciri-ciri kanker payudara

Hal ini dikarenakan sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aromatic amines berkaitan erat dengan kanker payudara. 

Seperti yang dilansir dari laman Breast Cancer Prevention Partners, ternyata ada beberapa kasus terkait aromatic amines yang menyebabkan risiko kanker payudara meningkat.

Misalnya, para wanita yang bekerja di pabrik karet dan terpapar senyawa ini memiliki risiko kanker payudara yang cukup tinggi. Bahkan, angkanya pun meningkat sebesar 3-10 kali lipat.

Selain itu, aromatic amines juga dapat terbentuk pada daging yang terlalu matang. Wanita yang sering mengonsumsi daging tersebut pun lebih berpotensi terkena kanker payudara. 

Oleh karena itu, pewarna rambut yang mengandung aromatic amines dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita yang sering menggunakannya. 

Haruskah mengurangi penggunaan cat rambut?

Sumber: Lifealth

Menurut American Cancer Society, belum ada imbauan khusus untuk para pecinta pewarna rambut untuk mengurangi risiko kanker payudara sampai saat ini. 

Namun, beberapa orang mungkin menghindari atau mengurangi penggunaan pewarna rambut karena dapat menyebabkan reaksi alergi atau rambut rontok. Bahkan, beberapa dokter menyarankan ibu hamil untuk tidak mewarnai rambut mereka sampai melahirkan agar lebih aman. 

Walaupun demikian, ada beberapa langkah yang mungkin dapat membantu Anda untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat mewarnai rambut:

  • Selalu ikuti instruksi dari label kemasan produk
  • Melakukan patch test sebelum penggunaan untuk melihat apakah Anda alergi atau tidak
  • Menggunakan sarung tangan ketika mengoleskan warna rambut
  • Tidak membiarkan pewarna pada rambut Anda lebih lama dari waktu yang seharusnya
  • Bilas rambut dan kulit kepala sampai bersih dengan air
  • Tidak mencampurkan produk pewarna rambut yang berbeda
  • Tidak mewarnai alis atau bulu mata dengan pewarna rambut

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana cat rambut dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Namun, tidak ada salahnya untuk mengurangi penggunaan pewarna rambut agar risikonya pun berkurang.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Dibanding Susu Rendah Lemak, Susu Murni Lebih Ampuh Mencegah Obesitas pada Anak

Alih-alih menyebabkan gemuk, susu murni justru berpotensi mencegah obesitas pada anak-anak. Ini kata penelitian terbaru tentang manfaat susu murni.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat April 3, 2020

Kapan Boleh Berhenti Periksa Mamografi?

Mamografi adalah salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara sejak usia 40 tahun. Lalu, kapan boleh berhenti periksa mamografi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Metastase Kanker Payudara

Metastase atau penyebaran kanker payudara juga bisa disebut sebagai kanker payudara stadium 4. Temukan gejala hingga angka harapan hidupnya di sini!

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kanker Payudara, Health Centers Februari 29, 2020

Manfaat Kedekatan Ibu dan Anak: Bisa Terhindar dari Risiko Kekerasan Hubungan

Kedekatan antara ibu dan anak tentu bisa memberi manfaat pada kesehatan mental mereka. Bahkan, anak bisa juga terhindar dari hubungan abusive nantinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik Februari 25, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

gejala alergi cat rambut

Ingin Warnai Rambut? Hati-hati, Kenali Dulu Gejala Alergi Cat Rambut

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Tanggal tayang Mei 13, 2020
wangi mengingatkan kenangan

Wangi Tertentu Ternyata Dapat Mengembalikan Ingatan Masa Lalu, Lho!

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Tanggal tayang April 29, 2020
merawat pasien kanker payudara

7 Tips Merawat Pasien Kanker Payudara dalam Pengobatan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Tanggal tayang April 18, 2020
seberapa sering tes mamografi

Seberapa Sering Wanita Perlu Melakukan Tes Mamografi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Tanggal tayang April 7, 2020