Seperti prosedur lainnya, kemoterapi harus direncanakan sebelum Anda menjalani pengobatan. Namun, ketika Anda didiagnosis menderita kanker payudara, Anda mungkin tidak memedulikan apapun kecuali penyakit Anda. Biarkan artikel ini membantu Anda mengetahui bagaimana rencana pengobatan Anda dibentuk.

Yang perlu Anda tahu tentang kemoterapi kanker payudara

Kemoterapi dirancang berdasarkan jenis kanker payudara Anda, posisi kanker, dan kesehatan Anda secara umum.

Kemoterapi biasanya mencakup rangkaian pengobatan. Satu rangkai pengobatan biasanya terdiri dari 4 sampai 8 siklus. Satu siklus mencakup waktu pengobatan yang Anda terima dan jeda antara dua siklus. Dengan demikian, kemoterapi bisa berlangsung dari 3 sampai 6 bulan, atau dalam beberapa kasus bisa juga lebih lama. Satu siklus biasanya terdiri dari beberapa pengobatan. Setiap pengobatan bisa berlangsung beberapa jam, atau beberapa hari, tergantung dosis dan jenis obatnya.

Memberikan kemoterapi dalam beberapa siklus dapat membunuh lebih banyak sel kanker, dan tubuh Anda memiliki waktu untuk pulih.

Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan seberapa baik pengobatan bekerja sebelum Anda memulai siklus baru. Kemudian, dokter dapat menyesuaikan rencana pengobatan. Rencana ini membantu pengobatan berjalan dengan proses yang lancar.

Tes yang harus dijalani sebelum kemoterapi kanker payudara

Sebelum pengobatan, Anda akan dianjurkan untuk menjalani tes darah, X-ray, atau CT scan. Dokter akan membaca hasilnya untuk menentukan pengobatan Anda. Hasil ini juga disimpan untuk dibandingkan dengan hasil tes di kemudian hari. Ini membantu dokter untuk tahu apakah pengobatan Anda bekerja. Dokter juga akan memeriksa tinggi dan berat badan Anda untuk menentukan dosis obat.

Kemoterapi dapat membuat tulang berhenti melepaskan sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Oleh karena itu, dokter akan memeriksa darah Anda sebelum sebelum Anda memulai siklus baru.

Dokter juga dapat menganjurkan tes untuk paru-paru, jantung, ginjal, dan hati untuk memeriksa apakah Anda cocok dengan obat.

Pertanyaan untuk diajukan kepada dokter

Jangan ragu untuk bertanya mengenai pengobatan Anda. Ini bisa membantu dokter untuk membuat rencana pengobatan yang lebih sesuai. Jika Anda tidak setuju dengan rencana pengobatan yang dianjurkan dokter, Anda dapat mendiskusikannya dengan dokter untuk membuat penyesuaian. Tanyakan juga mengenai kemungkinan efek samping dari pengobatan dan apa yang dokter rencanakan untuk membantu Anda memecahkan masalah tersebut.

Kapan rencana Anda bisa berubah

Rencana pengobatan Anda bisa mengalami perubahan saat kemoterapi Anda dimulai. Perubahan akan tergantung pada hitung darah Anda (kadar sel-sel darah), alasan atau harapan pribadi Anda, atau apakah kanker payudara Anda semakin membaik. Rencana Anda bisa berubah untuk menyesuaikan situasi.

Bersiap terhadap efek samping kanker payudara

Tanyakan pada dokter mengenai kemungkinan efek samping sehingga Anda bisa membuat perencanaan jauh sebelumnya. Rambut rontok, dan kehilangan nafsu makan bisa terjadi. Jadi, Anda bisa menyiapkan penutup kepala, makanan sehat untuk meningkatkan nafsu makan, atau latihan yang dapat dilakukan oleh pasien kanker payudara.

Persiapan untuk kemoterapi pertama Anda

Tanyakan pada dokter atau personil kesehatan lainnya mengenai cara untuk mempersiapkan kemoterapi pertama Anda. Mintalah seseorang untuk membawa Anda ke rumah sakit dan merawat Anda selama sesi kemoterapi.

Kemoterapi direncanakan bagi setiap pasien untuk sesuai dengan kondisinya masing-masing dan mendukung efek pengobatan. Anda bisa mengambil bagian dalam proses perencanaan dengan mengetahui bagaimana rencana pengobatan dibentuk.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca