10 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Mencegah Kanker Payudara

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 September 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Pola makan sehat perlu diterapkan untuk para wanita guna menurunkan risiko kanker payudara. Selain itu, pola makan sehat juga diperlukan untuk membantu proses pemulihan selama pengobatan kanker payudara, maupun membantu mencegah risiko kembalinya sel kanker. Lantas, apa jenis makanan untuk kanker payudara yang disarankan sebagai cara pencegahan kanker payudara dan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit yang satu ini?

Makanan untuk mencegah kanker payudara

Tak hanya memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, beberapa makanan sehat pun diyakini dapat membantu memperlambat perkembangan sel kanker. Makanan-makanan ini umumnya mengandung serat tinggi dan lemak jenuh yang rendah.

Pasalnya, lemak jenuh disinyalir sebagai salah satu zat dalam makanan yang menyebabkan kanker payudara. Sementara serat, seperti dalam sayuran dan buah-buahan, justru dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Penelitian yang dipublikasikan The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, menjalankan pola makan yang didominasi sayur dan buah bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga 15 persen. Oleh karena itu, penderita kanker payudara dianjurkan mengonsumsi makanan tersebut minimal 5 porsi yang beragam setiap harinya.

Lalu, makanan berserat apa yang baik untuk pencegahan sekaligus untuk penderita kanker payudara? Berikut daftarnya untuk Anda:

1. Sayuran berbonggol

resep brokoli

Sayuran berbonggol atau termasuk dalam keluarga cruciferous, seperti kembang kol, sawi hijau (caisim), brokoli, dan kubis hijau, diyakini bisa menjadi makanan pencegah kanker payudara.

Jenis sayuran ini kaya akan antioksidan dan glukosinolat. Glukosinolat merupakan zat dalam makanan yang membantu melindungi sel dari kerusakan DNA. Zat ini juga dapat mematikan sel kanker dengan menghambat pembentukan pembuluh darah tumor dan migrasi sel tumor yang memicu metastasis.

2. Sayuran hijau

Makanan sehat yang baik untuk penderita kanker payudara lainnya, yaitu sayuran hijau, seperti bayam, kale, lobak, atau selada. Jenis sayuran ini pun mengandung antioksidan dan serat yang tinggi. Adapun antioksidan membantu melawan efek radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel sehat dan memicu kanker.

Dilansir dari Breastcancer.org, umumnya, buah dan sayuran berwarna gelap mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan buah atau sayur lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sayuran hijau yang berwarna lebih gelap agar mendapat manfaat tersebut lebih optimal.

3. Wortel, tomat, dan jeruk

Ketiganya mengandung karotenoid yang tinggi. Karotenoid adalah pigmen berwarna merah, kuning, dan oranye terang yang ditemukan dalam banyak buah dan sayuran. Senyawa ini mengandung antioksidan penting untuk membantu melawan radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kanker payudara.

Selain wortel, tomat dan jeruk, Anda juga dapat mengonsumsi jambu biji, mangga, tomat, ubi manis, labu, dan semangka.

4. Seledri, kemangi, dan ketumbar

Seledri, kemangi dan ketumbar mengandung apigenin, yaitu jenis antioksidan flavonoid yang diketahui memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan antikanker. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal HHS Public Access, apigenin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara HER2. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kesimpulan tersebut.

Selain mengonsumsi seledri, kemangi, dan ketumbar, Anda juga dapat mengonsumsi teh chamomile juga termasuk sumber apigenin.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu sumber lemak omega 3. Dibandingkan dengan lemak trans dan lemak jenuh, pilihlah sumber makanan dengan lemak sehat, seperti asam lemak omega-3.

Penelitian dalam jurnal Breast Cancer Research menyebutkan, wanita pengidap kanker payudara yang rutin mengonsumsi asam lemak omega 3 memiliki peluang kambuh lebih rendah 25% dalam 7 tahun setelah diagnosis. Hal ini diduga karena asam lemak omega 3 mampu mengurangi peradangan dalam tubuh yang jadi salah satu penyebab kanker payudara.

Selain minyak zaitun, beberapa jenis makanan lain dengan kandungan asam lemak omega-3, yaitu ikan salmon, ikan sarden, minyak ikan cod, kacang kenari dan alpukat.

6. Buah beri

jenis buah beri

Buah beri, seperti blueberry, stroberi, raspberry, dan cranberry, mengandung senyawa antosianin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antitumor, termasuk tumor di payudara. Oleh sebab itu, buah beri bisa jadi salah satu makanan yang baik untuk penderita kanker payudara dan bisa menjadi pencegah terhadap penyakit satu ini.

7. Kedelai

Kedelai merupakan salah satu sumber makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita kanker payudara karena kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Tak hanya itu, kedelai juga mengandung antioksidan yang dinamakan isoflavon.

Sebuah penelitian pada 2017 menemukan fakta bahwa asupan isoflavon yang tinggi dikaitkan dengan penurunan angka kematian karena berbagai penyebab. Hal inilah yang membuat makanan kaya isoflavon direkomendasikan bagi penderita kanker payudara.

Kedelai biasanya diolah dalam berbagai jenis makanan, seperti tahu, tempe, atau susu kedelai. Anda juga bisa makan kedelai edamame untuk mendapatkan manfaatnya.

8. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh adalah makanan yang baik bagi penderita kanker payudara dan bisa jadi pencegah penyakit satu ini. Pasalnya, makanan ini tidak melewati banyak proses sehingga nutrisi di dalamnya cenderung padat dan tidak terkikis.

Makanan yang satu ini pun kaya akan karbohidrat kompleks, serat, fitokimia, vitamin, dan mineral. Adapun dilansir dari Cleveland Clinic, peneliti di Tiongkok menemukan fakta bahwa asupan serat yang tinggi bisa mengubah kerja hormon pada kanker payudara.

Makanan yang termasuk ke dalam biji-bijian utuh yaitu beras merah, beras hitam, gandum, jagung, dan sorgum.

9. Susu tanpa lemak

Susu dan produk susu memang merupakan salah satu makanan yang perlu dihindari karena mengandung lemak yang tinggi. Namun, kandungan vitamin D di dalam susu dan produk susu bermanfaat bagi penderita kanker payudara. Oleh karena itu, susu dan produk susu tanpa lemak bisa menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita kanker payudara.

Penelitian menunjukkan, wanita dengan kadar vitamin D yang rendah memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Pasalnya, vitamin D diyakini berperan dalam mengontrol pertumbuhan sel payudara normal dan mungkin dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa memilih makanan lainnya yang juga mengandung vitamin D, seperti ikan, susu kedelai, atau telur.

10. Bawang

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan dari University of Puerto Rico, wanita yang mengonsumsi lebih banyak bawang mengalami penurunan risiko terhadap kanker payudara hingga 67% dibanding wanita yang tidak memakannya.

Kesimpulan ini didapat setelah melakukan penelitian selama 6 tahun di Puerto Rico. Wilayah tersebut dipilih karena jumlah pengidap kanker payudaranya lebih rendah dibanding wilayah lain di Amerika Serikat atau Eropa. Partisipan di wilayah tersebut pun cenderung mengonsumsi lebih banyak bawang, salah satunya dari masakan dengan bumbu sofrito.

Namun, studi ini masih dilakukan dalam skala kecil, sehingga masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan makanan ini dapat membantu mencegah kanker payudara.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Tidur yang Sehat, Dengan Lampu Menyala atau Mati?

    Anda sering tidur dalam keadaan terang benderang dan lampu menyala? Mungkin ini saatnya mulai belajar tidur dalam gelap.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adinda Rudystina
    Hidup Sehat, Fakta Unik 23 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

    Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

    Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Nutrisi, Hidup Sehat 28 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

    Apa Alat Thermal Scanner yang Dipakai untuk Mendeteksi COVID-19?

    Beberapa bandara melakukan uji menggunakan thermal scanner sebagai antisipasi pencegahan coronavirus. Apa itu sebenarnya thermal scanner?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Coronavirus, COVID-19 18 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit

    Deretan Makanan yang Berpotensi Mencegah Penyakit Kanker

    Menurunkan risiko kanker bisa Anda dilakukan dengan mengonsumsi makanan pencegah kanker. Lantas, makanan apa saja yang punya potensi sebagai anti kanker?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Kanker, Penyakit Kanker 13 Desember 2019 . Waktu baca 8 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    bra kawat

    Mana yang Lebih Sehat Buat Payudara: Bra Biasa Atau Berkawat?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    kanker payudara ciri-ciri gejala penyebab obat

    Kanker Payudara

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 13 menit
    obat, pengobatan, dan cara mengobati kanker payudara

    Jenis Obat dan Pengobatan Kanker Payudara yang Dapat Direkomendasikan Dokter

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 8 September 2020 . Waktu baca 13 menit
    benjolan di ketiak

    Ada Benjolan di Ketiak Anda? Ini Beberapa Penyebabnya

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 24 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit