6 Buah Terbaik untuk Mengatasi Sembelit

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28/04/2020
Bagikan sekarang

Susah buang air besar akibat sembelit memang sangat mengganggu, tapi sebetulnya cukup mudah diatasi dengan minum obat pencahar. Meski demikian, minum obat umumnya dijadikan solusi terakhir karena kebanyakan orang lebih mengutamakan melancarkan BAB dengan cara yang alami. Ambil contoh dengan makan buah. Memangnya, buah apa saja yang paling bagus untuk melancarkan BAB karena sembelit? Mari lihat rekomendasinya berikut ini.

Buah adalah obat alami untuk melancarkan BAB

Buah diketahui mengandung serat yang bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ada dua jenis serat, yaitu serat larut air dan tidak larut air.

Serat larut air membuat feses menyerap lebih banyak air sehingga teksturnya jadi lebih lunak dan lembut. Sementara itu, serat tidak larut membuat massa feses jadi lebih berat dan memperlancar proses perjalanannya melewati usus.

Semua buah mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Akan tetapi, beberapa buah memang digadang lebih berpotensi untuk memperlancar BAB. Nah sebelum buru-buru minum obat atau sembari menunggu jadwal konsul ke dokter, berikut adalah buah yang bisa Anda kudap:

1. Pir

manfaat buah pir

Satu buah pir berukuran sedang bisa mengandung sekitar 5,5 gram serat yang baik untuk melancarkan BAB saat sembelit. Dengan makan satu buah pir ukuran sedang saja, asupan serat harian Anda juga dapat terpenuhi sebanyak 22 persen.

Di samping tinggi serat, pir mengandung gula fruktosa dan sorbitol yang lebih banyak daripada buah lain. Fruktosa dan sorbitol adalah jenis gula yang tidak dapat dicerna oleh tubuh sehingga kemudian akan dialirkan ke usus besar.

Gula yang terbuang ini akan menarik lebih banyak air dan membuat feses jadi lebih lunak. Selain itu, gula ini juga merangsang gerakan usus lebih cepat sehingga feses mudah dikeluarkan. Manfaat inilah yang membuat pir cocok menjadi buah untuk melancarkan BAB yang keras saat sembelit.

Nikmati buah ini utuh dengan kulitnya agar manfaatnya lebih optimal.

2. Berry

manfaat buah stroberi

Kelompok buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry bisa Anda jadikan camilan sehat untuk melancarkan BAB yang keras akibat sembelit. Ketiga buah tersebut merupakan buah yang memiliki kandungan serat tinggi.

Setidaknya 72 gram stroberi segar memberikan Anda asupan 2 gram serat. Blackberry dalam ukuran yang sama, memberikan 3,8 gram serat, sedangkan raspberry memberikan 4 gram serat.

Anda bisa memakan buahnya langsung, dicampur ke salad buah, atau diiris sebagai topping oatmeal untuk sarapan jika ingin mengatasi sembelit di pagi hari.

3. Apel

buah apel

Satu buah apel ukuran sedang memberikan Anda 2,8 gram serat tidak larut air dan 1,2 gram serat larut air. Sebagian besar serat pada buah untuk melancarkan BAB ini disebut dengan pektin.

Di dalam usus, pektin akan difermentasi secara cepat oleh bakteri dan menghasilkan asam lemak rantai pendek. Asam lemak tersebut kemudian menarik air lebih banyak ke usus sehingga membantu melunakkan feses. Itu artinya bila Anda makan apel, gejala sembelit akan berkurang.

Makan buah apel adalah cara mudah untuk mengatasi sembelit. Anda bisa menikmati buah ini secara langsung, dibuat jus, atau dicampurkan pada salad.

4. Kiwi

makan kiwi saat hamil

Selain apel, buah kiwi juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi sembelit. Satu buah kiwi kurang sedang mengandung 2,3 gram serat dan dapat memenuhi asupan serat harian sebanyak 9 persen.

Manfaat kiwi tidak hanya pada seratnya saja. Buah ini juga baik untuk melancarkan BAB karena mengandung enzim actinidain yang bisa merangsang gerakan usus jadi lebih optimal. Dengan begitu, Anda jadi lebih rutin buang air besar.

Buah untuk melancarkan sembelit ini bisa Anda nikmati langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad buah.

5. Berbagai jenis buah jeruk

khasiat jeruk

Berbagai jenis jeruk, seperti jeruk bali, jeruk manis, jeruk mandarin adalah buah yang umumnya dijadikan camilan. Serat dari buah ini tidak hanya menunda lapar, tapi juga baik untuk pencernaan.

Sama seperti apel, jeruk juga kaya dengan pektin. Selain itu, buah untuk mengatasi sembelit ini juga mengandung antioksidan naringenin. Antioksidan ini diketahui dapat meningkatkan sekresi cairan ke dalam usus sehingga feses jadi lebih lunak.

Cara mudah untuk mengonsumsi buah untuk melancarkan BAB ini adalah dimakan langsung, ketimbang dibuat jus.

6. Plum

buah plum kering untuk diet

Tiga buah plum mengandung 2 gram serat, salah satunya serat selulosa. Serat dari buah ini bisa melancarkan BAB dengan meningkatkan jumlah air pada feses untuk melunakkan feses.

Manfaat buah untuk mengatasi sembelit ini juga kata dengan senyawa fenolik yang baik untuk bakteri di usus. Guna mendapatkan serat utuh, ada baiknya buah plum dimakan langsung.

Aturan makan buah untuk melancarkan BAB karena sembelit

Meskipun buah yang disebutkan di atas dapat meredakan sembelit, konsumsinya tidak boleh asal. Alih-alih mengatasi sembelit, konsumsi buah yang tidak benar malah bisa menyebabkan masalah nantinya.

Oleh karena itu, patuhi aturan makan buah untuk mengatasi sembelit berikut ini.

Pilih buah yang segar untuk melancarkan BAB

Mengatasi sembelit dengan makan buah tidak hanya Anda perhatikan jenis buahnya saja. Anda juga perlu melihat kondisi buah. Nutrisi buah terbaik untuk meredakan susah buang air besar yakni ada pada buah yang masih segar.

Jangan berlebihan porsinya

Konsumsi buah yang mengandung serat tidak boleh berlebihan. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics asupan serat untuk wanita adalah 25 gram per hari, sedangkan pria adalah 38 gram serat per hari.

Minum banyak air

Serat membutuhkan air untuk melunakkan feses. Jika Anda kurang minum, serat dari buah tidak akan bekerja secara optimal. Jadi, seimbangkan makan makanan berserat ini dengan cukup minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

Hindari kopi, alkohol, soft drink, atau minuman bersoda. Meskipun mengandung cairan, minuman ini mengandung zat aktif yang bisa memperburuk sembelit jika terlalu berlebihan dikonsumsi.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hati-hati, Bu, Ketahui Dampak Buruk Bayi Sering Mengejan

Ketika bayi sering mengejan akibat sembelit, perlu segera dilakukan upaya untuk kembali melancarkan pencernaan agar tidak menyebabkan dampak buruk.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Anak Suka Mengejan Saat BAB, Waspada Gejala Sembelit

Apakah anak suka mengejan saat BAB? Bisa jadi ini gejala sembelit. Bila dibiarkan bisa saja meningkatkan risiko kondisi kesehatannya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Pilihan Susu Formula Agar Bayi Tidak Sembelit

Susu formula ternyata bisa membuat bayi sembelit. Lantas, seperti apa susu formula untuk bayi yang tidak bikin sembelit? Lihat beberapa pilihannya di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Cara Aman Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Mengatasi sembelit pada ibu hamil tidak boleh sembarangan. Apalagi dalam menggunakan obat susah BAB untuk ibu hamil. Lihat cara amannya di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat serat kenapa penting

Kenapa Penting Makan Makanan Berserat?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
sumber serat

5 Sumber Serat Selain Buah dan Sayur untuk Anak

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020
karbohidrat untuk diet

7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
pantangan makanan divertikulitis

Pantangan Makanan bagi Penderita Divertikulitis (Radang Kantung Usus Besar)

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020