Ketika menderita diabetes, Anda mungkin akan mengalami banyak perubahan dalam tubuh. Mulai dari sering haus dan lapar, berat badan naik dan turun drastis, luka lambat sembuh, hingga sering buang air kecil. Ya, mengidap diabetes akan membuat Anda jadi lebih sering bolak-balik ke kamar mandi, terutama di malam hari. Hal ini sering kali membuat Anda jadi susah tidur nyenyak setiap malam.

Kenapa diabetes bikin sering buang air kecil?

sering kencing

Anda mesti waspada jika Anda merasa jadi lebih sering buang air kecil, terlebih di malam hari. Buang air kecil yang terlalu sering untuk waktu yang lama dapat menandakan berbagai kondisi medis tertentu, termasuk gejala diabetes.

Anda mungkin jadi bertanya-tanya, apa hubungannya diabetes dengan munculnya hasrat ingin buang air kecil terus-terusan? Ternyata, ini ada berkaitan dengan naiknya kadar gula darah dalam tubuh akibat diabetes.

Semestinya, gula darah akan disaring oleh ginjal dan diserap kembali ke dalam darah. Namun karena kadar gula darah jumlahnya berlebih, maka ginjal tentu tidak bisa menyerap semua gula. Harus ada sebagian gula yang keluar bersama air kencing supaya tidak membahayakan tubuh.

Ginjal harus bekerja ekstra untuk menyaring dan mengeluarkan kelebihan kadar gula darah tersebut melalui urine. Hal ini menyebabkan air kencing menjadi lebih kental, sehingga otomatis akan menarik lebih banyak air dari tubuh untuk mengencerkannya.

Nah, pada saat inilah tubuh akan mengirimkan sinyal haus ke otak supaya Anda minum lebih banyak dan membantu mengencerkan urine. Karena banyak minum, maka tubuh berusaha mengeluarkan cairan yang berlebih tersebut dan membuat Anda sering buang air kecil.

Membedakan sering buang air kecil karena diabetes atau penyakit lain

gejala diabetes pada pria

Sering buang air kecil memang menjadi gejala utama diabetes, baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2. Akan tetapi, gejala yang satu ini juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya.

Orang yang mengidap diabetes tidak hanya mengeluh sering buang air kecil saja, tapi biasanya juga disertai dengan gejala diabetes lainnya. Di antaranya:

1. Kelelahan

Para diabetesi cenderung gampang kecapekan karena tubuhnya tidak mampu mengubah glukosa menjadi energi secara maksimal. Maka itu, jangan sampai tubuh Anda mengalami dehidrasi karena bisa memperparah kelelahan.

2. Berat badan turun drastis

Jika Anda jadi sering buang air kecil disertai dengan berat badan turun drastis, bisa jadi Anda terkena diabetes. Hal ini terjadi akibat kombinasi dua hal, yaitu kadar insulin yang rendah dan ketidakmampuan tubuh untuk menyerap gula dalam darah.

Padahal, gula dalam darah merupakan hasil pencernaan makanan di dalam lambung, yang akan digunakan sebagai energi. Karena tubuh tidak mampu menyerap gula, tubuh malah akan memecah otot dan lemak sebagai energi. Maka tak heran kalau berat badan Anda jadi turun terus-terusan karena diabetes.

3. Pandangan kabur

Dehidrasi akibat diabetes bukan cuma memicu rasa haus, tapi juga mata kering yang cukup parah. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini bisa mengakibatkan pandangan jadi kabur dan mengganggu penglihatan.

4. Gusi bengkak

Orang dengan diabetes cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Tubuh jadi tidak mampu melawan berbagai infeksi dalam tubuh, salah satunya infeksi pada gusi.

Gusi Anda akan gampang membengkak, luka, atau bahkan muncul nanah di gusi. Bila Anda menyadari jadi sering buang air kecil disertai dengan salah satu gejala ini, segera periksakan diri ke dokter terdekat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca