Kenali Tanda-Tanda Darurat Pada Penderita Diabetes

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/12/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Salah satu hal yang harus diingat oleh penderita diabetes adalah penyakit yang dideritanya tidak bisa sembuh sampai kapan pun. Hal yang paling utama untuk dilakukan para pengidap diabetes yaitu memerhatikan dan mengendalikan kadar gula darahnya. Bila hal tersebut tidak dapat dilakukan, maka bukan tidak mungkin pengidap diabetes dalam keadaan darurat dan berbahaya. Berikut adalah tanda-tanda dari keadaan darurat pada penderita diabetes.

Berbagai keadaan darurat diabetes yang harus diwaspadai

Bila kadar gula darah tidak terkontrol dengan baik, maka bukan tidak mungkin penderita diabetes akan mengalami berbagai komplikasi kesehatan yang buruk. Beberapa kondisi yang mungkin terjadi pada penderita diabetes dalam keadaan darurat.

Kadar gula darah sangat rendah (hipoglikemia)

Kondisi ini sangat rentan terjadi pada penderita penyakit diabetes, apalagi bagi mereka yang menggunakan suntikan insulin Beberapa hal yang dapat menyebabkan hipoglikemia parah pada penderita penyakit diabetes yaitu:

  • Melakukan olahraga yang cukup keras, apalagi tidak diringi dengan konsumsi makanan yang sesuai
  • Melewatkan waktu makan. Pasien diabetes harus memiliki jadwal makan yang tepat dan teratur karena hal ini akan memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.
  • Mengonsumsi obat diabetes dalam dosis yang berlebihan.  

Kadar gula darah sangat tinggi (hiperglikemia)

Hiperglikema terjadi ketika kadar gula darah Anda melebihi 200 mg/dl. Bila kadar gula sangat tinggi, maka dapat membuat banyak jaringan tubuh rusak dan mati. Hal yang dapat menyebabkan kondisi ini adalah penderita diabetes tak mengatur makanan dengan baik dan tak mengonsumsi obat sesuai anjuran. 

Diabetes ketoasidosis

Diabetes ketoasidosis merupakan komplikasi yang cukup berbahaya yang dapat dialami oleh penderita penyakit diabetes. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin untuk memecah glukosa dan hormon yang menjadi ‘lawan’ dari insulin, kadarnya terlalu banyak. Hal ini menyebabkan tubuh memecah terlalu banyak lemak dan menghasilkan zat keton. Bila zat keton terlalu banyak dihasilkan maka tubuh akan mengalami ketoasidosis.

makanan untuk diabetes yang harus dihindari

Apa saja tanda darurat dari penyakit diabetes?

Berikut adalah tanda dan gejala yang menandakan bahwa kondisi kesehatan Anda sedang dalam bahaya, akibat penyakit diabetes yang Anda alami:

  • Tidak dapat fokus
  • Penglihatan kabur
  • Hilang kesadaran
  • Tangan atau kaki terasa baal.
  • Kejang-kejang.
  • Merasa otot tiba-tiba lemas.

Bila Anda atau orang yang Anda kenal memiliki penyakit diabetes dan mengalami gejala tersebut, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter, bahkan panggil ambulans jika perlu.

Bagaimana cara mencegah kondisi darurat pada penderita diabetes?

Hal utama yang harus dilakukan adalah terus menjaga dan mengendalikan kadar gula darah selalu normal. Meskipun para penderita diabetes tidak dapat sembuh dari kondisinya, namun dengan mengendalikan gula darah. berikut adalah cara untuk mencegah kondisi darurat pada penderita diabetes.

  • Mengonsumsi makanan yang sehat, tepat porsi, dan tepat jadwal.
  • Penderita diabetes sebaiknya memiliki jadwal makan yang teratur agar gula darahnya selalu normal. selain itu, perhatikan juga porsi serta pemilihan makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang mengandung gula serta kandungan indeks glikemiknya tinggi.
  • Hindari minuman yang mengandung gula tinggi.
  • Bila mengalami gejala atau tanda dari suatu penyakit infeksi, maka sebaiknya segera tangani. Penderita diabetes memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik, sehingga jika ada virus atau bakteri yang menginfeksi maka kondisi tubuhnya semakin parah.
  • Mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran. Sebagian besar obat-obatan yang dikonsumsi oleh para pengidap diabetes, memiliki fungsi untuk mengendalikan atau menekan kadar gula darah. Jadi, jangan sampai salah mengonsumsi obat, karena dapat menyebabkan penderita mengalami hipoglikemia atau hiperglikemia.
  • Melakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah. selain itu, berolahraga juga menurunkan risiko komplikasi yang mungkin terjadi pada penderita diabetes.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

ISK diakibatkan oleh bakteri yang biasanya lebih sering menyerang perempuan. Cari tahu obat dan cara alami sembuhkan infeksi saluran kencing.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Urologi Lainnya 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Suka menggerak-gerakan kaki saat tidur? Tidak nyaman jika tubuh berdiam diri? Mungkin Anda mengidap restless leg syndrome. Mari simak penjelasannya.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Poliuria membuat Anda sering buang air kecil sehingga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Ini cara mudah mengatasi sering buang air kecil akibat poliuria.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Anyang-anyangan alias infeksi saluran kencing membuat Anda sering kebelet dan terasa sakit saat buang air kecil. Apa saja penyebab infeksi saluran kencing?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Urologi Lainnya 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ingus

Memahami dari Mana Asal Ingus dan Ciri-Ciri Ingus yang Berbahaya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 14/08/2020 . Waktu baca 5 menit
sarang nyamuk

4 Tips Mencegah Rumah Menjadi Sarang Nyamuk

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 13/08/2020 . Waktu baca 4 menit
bibir gatal

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit
rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit