Meglitinida merupakan kelompok obat yang memiliki respon serupa seperti sulfonilurea, tapi beraksi dalam waktu yang lebih singkat. Obat ini meningkatkan sekresi insulin oleh pankreas. Ia juga membantu tubuh memproduksi lebih banyak insulin dalam waktu singkat setelah makan. Insulin membantu menjaga gula darah agar tidak terlalu tinggi setelah makan, masalah yang biasa dihadapi para penderita diabetes.

Meglitinida digunakan untuk pengobatan diabetes tipe 2 pada orang yang kadar gulanya tidak tetap, meskipun orang tersebut aktif secara fisik dan juga mengonsumsi makanan sehat.

Meglitinida tergolong ke dalam kelompok nateglinida dan repaglinide.

Cara kerja meglitinida

Meglitinida dan sulfonilurea merupakan obat yang dapat memicu peningkatan kadar insulin oleh pankreas, tapi ada beberapa orang yang bermasalah dengan berat badan serta gula darah rendah akibat penggunaan sulfonilurea. Meglitinida tidak menyebabkan berat badan turun dan gula darah rendah jika dibandingkan dengan sulfonilurea.

Meglitinida bekerja dengan cepat dan tidak menetap terlalu lama di dalam tubuh, oleh karenanya obat ini baik digunakan untuk orang-orang yang tidak bisa makan pada jam yang teratur setiap harinya.

Meglitinida bekerja dengan cara merangsang pankreas untuk melepaskan insulin saat merespon makanan. Obat ini menghalangi saluran kalium ATP-dependent yang mangaktifkan sel beta pankreas. Penghambatan saluran kalium ini akan mendepolarisasi sel beta pankreas yang memicu terbukanya saluran kalsium, sehingga mengakibatkan masuknya kalsium. Peningkatan kalsium intraseluler akan merangsang sekresi insulin.

Meglitinida bekerja dengan cepat dan tidak tinggal di dalam tubuh untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, sebaiknya minum obat ini sebelum jam makan tiba.

Apa saja efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan meglitinida?

Hubungi 112 atau layanan darurat jika Anda mengalami:

  • Kesulitan bernafas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • Kejang-kejang

Hubungi dokter jika Anda mengalami:

  • Gatal-gatal
  • Gejala pilek seperti batuk, pilek, hidung tersumbat, atau sakit tenggorokan

Efek samping yang umum terjadi akibat penggunaan obat ini antara lain:

  • Gula darah turun
  • Nyeri sendi
  • Sakit punggung atau sakit kepala
  • Sakit perut

Yang perlu diperhatikan

Sebelum menggunakan meglitinida, ada baiknya Anda bicarakan terlebih dahulu dengan dokter Anda, apabila:

  • Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui
  • Anda memiliki penyakit hati/liver

Tindak lanjut adalah bagian penting dari perawatan dan keselamatan Anda. Temui dan hubungi dokter jika Anda mengalami masalah.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca