Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Manfaat Daun Insulin untuk Menurunkan Gula Darah dan Kesehatan Diabetesi

    Manfaat Daun Insulin untuk Menurunkan Gula Darah dan Kesehatan Diabetesi

    Tidak sedikit orang dengan diabetes melitus (diabetesi) yang mencari alternatif obat alami. Salah satu “obat” alami yang paling populer adalah daun insulin, alias tanaman dengan nama latin Costus igneus.

    Tanaman ini dinamakan daun insulin karena diyakini memiliki fungsi yang sama dengan suntik insulin, yaitu mengendalikan kadar gula dalam darah.

    Namun, apakah benar tanaman insulin ini memberikan manfaat bagi pasien diabetes?

    Potensi manfaat daun insulin untuk menurunkan gula darah

    tanaman insulin

    Mengonsumsi daun insulin diyakini dapat menurunkan kadar gula darah. Pernyataan ini diperkuat oleh penelitian dari Kasturba Medical College yang dilakukan di India.

    Tim peneliti tersebut membandingkan efektivitas tanaman insulin dengan keampuhan obat diabetes.

    Pada penelitian ini, mereka menggunakan tanaman insulin yang telah dikeringkan selama dua bulan, tepatnya pada bulan September dan Oktober.

    Setelah dikeringkan, daun ditumbuk halus sampai menjadi bubuk. Bubuk tanaman insulin itu kemudian dibagi ke dalam beberapa dosis dan dilarutkan dengan air. Larutan ini lalu diberikan kepada tikus jantan.

    Tikus dibagi ke dalam enam kelompok. Kelompok 1 merupakan kelompok kontrol yang tidak diberikan apa-apa.

    Sementara itu, kelompok 2–6 diberikan deksametason selama 10 hari terlebih dahulu supaya kadar gulanya naik menyerupai kondisi diabetes.

    Pada hari ke-10, dilakukan tes gula darah puasa (GDP) dan postprandial 2 jam setelah makan (GD2PP).

    GDP menunjukkan kerja insulin dalam menyimpan gula, sedangkan GD2PP menunjukkan kerja insulin dalam memindahkan gula ke dalam sel.

    Pada hari ke-11 sampai ke-29, kelompok 3, 4, dan 5 diberikan daun insulin dengan dosis yang berbeda.

    Sementara itu, kelompok 6 diberikan obat glibenklamid. Tes GDP dan GD2PP lalu diulang kembali pada hari ke-20.

    Hasilnya, terjadi penurunan nilai GD2PP pada tikus yang diberikan larutan daun insulin. Penurunan ini setara dengan tingkat penurunan kadar gula darah 2 jam setelah makan dengan pengobatan menggunakan glibenklamid.

    Peneliti melaporkan bahwa daun insulin menurunkan kadar gula darah puasa (GDP) dan kadar GD2PP (2 jam setelah makan) ke taraf normal pada tikus lab yang mengalami hiperglikemia setelah dipicu dengan obat deksametason.

    Memang belum jelas seperti apa atau bagaimana mekanisme tanaman insulin ini bisa menurunkan gula darah yang tinggi.

    Akan tetapi, penelitian ini memberikan hasil yang menjanjikan dalam pengobatan diabetes.

    Khasiat lain dari tanaman insulin untuk kesehatan tubuh

    tes gula darah puasa

    Manfaat daun insulin untuk diabetes sejauh ini belum sepenuhnya terbukti oleh penelitian medis. Namun, sejumlah studi melaporkan tanaman insulin juga memiliki potensi khasiat lain sebagai berikut.

    1. Menurunkan tekanan darah tinggi

    Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Pharmacognosy Reviews, daun insulin mampu menurunkan tekanan darah dengan cara kerja yang mirip furosemide. Furosemide bekerja dengan meningkatkan produksi urine sehingga tekanan darah menurun.

    Penelitian ini membandingkan efek daun insulin dosis 100 dan 200 mg/kg berat badan dengan furosemide per 4 mg/kg pada tikus. Hasilnya, terjadi penurunan kadar kalium dan natrium yang sama banyaknya.

    Kadar natrium dan kalium yang tinggi dalam darah memang menjadi penyebab naiknya tekanan darah. Dengan menurunkan kadar keduanya, tekanan darah pun bisa kembali turun seiring waktu.

    2. Melawan efek radikal bebas

    bahaya radikal bebas

    Radikal bebas merupakan molekul berbahaya dari lingkungan yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan sejumlah penyakit kronis.

    Salah satu cara melawan dampak radikal bebas yakni dengan mengonsumsi antioksidan.

    Tanaman insulin dilaporkan mengandung dua senyawa antioksidan bernama quercetin dan diosgenin. Keduanya berpotensi melawan efek radikal bebas pada hati, pankreas, dan ginjal tikus yang mengalami diabetes.

    Quercetin dan diosgenin juga termasuk antioksidan kuat dengan banyak manfaat.

    Meski tidak secara langsung mengobati diabetes, kedua antioksidan tersebut bisa melindungi organ-organ penting dari kerusakan lebih lanjut akibat radikal bebas.

    3. Mencegah infeksi bakteri

    Ekstrak metanol dari kandungan pada tanaman insulin menunjukkan sifat antibakteri yang bekerja melawan perkembangan bakteri tertentu.

    Beberapa bakteri yang ampuh dihentikan aktivitasnya oleh daun insulin meliputi Bacillus megaterium, Micrococcus luteus, Staphylococcus aureus dan lactis, serta bakteri Pseudomonas aeruginosa negatif.

    Ekstrak etanol daun ini juga ditemukan menunjukkan aktivitas antibakteri dan antijamur terhadap bakteri E. coli dan Candida albicans. Keduanya umum menyebabkan penyakit infeksi pada manusia.

    Cara lain menurunkan gula darah untuk orang diabetes

    tips hidup sehat untuk penderita hemofilia

    Sama seperti jamu serta obat herbal lainnya, penggunaan daun insulin harus di bawah pengawasan dokter.

    Jadi, konsultasikan dulu dengan dokter yang menangani Anda jika ingin mencoba menggunakan tanaman insulin untuk mengelola diabetes.

    Patut diketahui bahwa tanaman ini tidak dapat menggantikan pengobatan utama untuk diabetes.

    Selain itu, tidak semua tanaman atau obat herbal akan memunculkan efek yang seragam pada setiap pasien diabetes.

    Jamu dan obat-obatan herbal juga tidak memiliki standar dosis yang tepat. Salah dosis atau cara pemakaian obat herbal mungkin malah dapat berisiko memperburuk kondisi Anda.

    Penggunaan tanaman insulin tanpa dosis yang tepat mungkin berpotensi menimbulkan komplikasi diabetes. Ini membuat penggunaan tanaman insulin sebagai pengobatan diabetes masih berisiko.

    Berikut beberapa cara alternatif yang juga efektif untuk membantu menurunkan gula darah dan mengatasi gejala diabetes selain dengan menggunakan daun insulin.

    • Suntik insulin. Diabetesi membutuhkan hormon insulin buatan dari suntikan untuk mengendalikan gula darahnya.
    • Banyak minum air putih. Diabetes akan membuat Anda sering haus. Asupan cairan yang cukup dapat mencegah dehidrasi akibat hiperglikemia.
    • Olahraga secara rutin. Aktivitas fisik membantu mengontrol kadar gula darah dan menjaga fungsi jantung. Pilih jenis olahraga yang aman untuk diabetesi.
    • Membatasi asupan gula. Konsumsi gula berlebih meningkatkan risiko diabetes. Bila ingin menggunakan pemanis, cobalah alternatif pemanis yang aman untuk diabetes.

    Daun insulin memang memiliki potensi dalam pengobatan diabetes, tapi hasil penelitian terkait manfaat tanaman ini masih sangat terbatas.

    Penggunaan tanaman insulin pun masih berisiko dan tidak bisa menggantikan obat diabetes.

    Guna menjaga kestabilan gula darah, ikuti anjuran makan untuk diabetesi dan lakukan aktivitas fisik secara rutin.

    Jangan lupa, periksa gula darah Anda secara berkala untuk memastikan nilainya berada dalam rentang yang aman.


    Anda atau keluarga hidup dengan diabetes?

    Anda tidak sendiri. Ayo gabung bersama komunitas pasien diabetes dan temukan berbagai cerita bermanfaat dari pasien lainnya. Daftar sekarang!


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    How to Bring Down High Blood Sugar Levels. (2019). Retrieved 20 December 2021, from https://www.diabetes.co.uk/how-to/bring-down-high-blood-sugar-levels.html

    Insulin Plant – Defeat Diabetes Foundation. (2021). Retrieved 20 December 2021, from https://defeatdiabetes.org/resources/healthful-eating/mindful-eating/insulin-plant/

    Shetty, A., Choudhury, D., Rejeesh, Nair, V., Kuruvilla, M., & Kotian, S. (2010). Effect of the insulin plant (Costus igneus) leaves on dexamethasone-induced hyperglycemia. International Journal Of Ayurveda Research, 1(2), 100. doi: 10.4103/0974-7788.64396

    Hegde, P., Rao, H., & Rao, P. (2014). A Review on Insulin Plant (Costus igneus Nak). Pharmacognosy Reviews, 8(15), 61-66.

    Ashwini, S., Bobby, Z., Joseph, M., Jacob, S., & Padmapriya, R. (2015). Insulin plant (Costus pictus) extract improves insulin sensitivity and ameliorates atherogenic dyslipidaemia in fructose induced insulin resistant rats: Molecular mechanism. Journal Of Functional Foods, 17, 749-760. doi: 10.1016/j.jff.2015.06.024

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui Dec 21, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Jimmy Tandradynata, Sp.PD
    Next article: