Daftar Makanan Dengan Indeks Glikemik Rendah yang Baik untuk Penderita DiabetesIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Anda tidak bisa sembarangan memilih makanan untuk diabetes. Pasalnya, semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut Anda, akan memengaruhi kadar gula darah yang seharusnya Anda kendalikan. Ya, salah satu cara agar Anda bisa hidup damai dengan diabetes adalah dengan memilih makanan yang tepat.

Kenapa penderita diabetes harus pilih makanan yang tepat?

Sudah menjadi rahasia umum, kalau orang yang menderita diabetes seharusnya mengurangi makanan yang manis, seperti permen, kue, gula, bahkan madu. Makanan seperti itu, hanya akan membuat gula darah Anda melonjak tak terkendali.

Tetapi, ada satu hal yang sering terlupakan ketika memilih makanan untuk diabetes. Sebagian besar penderita diabetes – mungkin termasuk Anda – tak mengetahui nilai glikemiks di dalamnya. Padahal nilai ini cukup berpengaruh terhadap naik-turunnya gula darah Anda.

Indeks glikemik adalah ukuran yang menunjukkan seberapa cepatsuatu makanan meningkatkan gula darah dalam tubuh. Kalau indeks glikemik dalam suatu makanan tinggi, tandanya makanan tersebut sangat mudah membuat  gula darah Anda meningkat dalam waktu yang singkat.

Sementara, sebaliknya, bila Anda mengonsumsi makanan dengan nilai glikemik yang rendah, maka gula darah Anda tidak akan meningkat dengan drastis, relative stabil. Makanan untuk diabetes yang dianjurkan adalah yang tidak mempunyai indeks glikemik tinggi, yaitu di atas 70.

mengatasi diabetes gestasional

Lantas, apa saja makanan untuk diabetes yang indeks glikemiknya rendah?

Sebenarnya, setiap makanan yang mengandung karbohidrat di dalamnya, pasti mempunyai nilai indeks glikemiknya masing-masing. Berikut adalah makanan untuk diabetes beserta nilai glikemiknya:

  • Makanan pokok. Sumber karbohidrat yang memiliki nilai glikemik yang rendah adalah jenis whole grain atau biji-bijian utuh, seperti havermut & beras merah.. Sementara, nasi putih atau kentang yang sering Anda makan, mengandung indeks glikemik diatas 70.
  • Sayuran. Sebenarnya, semua sayuran cukup aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pasalnya, rata-rata sayuran mengandung indeks glikemik yang sangat rendah hingga rendah. Contohnya adalah, wortel, brokoli, kol, dan bayam.
  • Buah-buahan. Meskipun manis, hampir semua buah-buahan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes kok. Tetapi, ada buah-buahan yang memang tidak dianjurkan untuk dimakan terlalu sering dan banyak. Sebaiknya pilih buah dengan indeks glikemik rendah seperti anggur, apel, stroberi, pisang, dan jeruk.

Bagaimana dengan lauk-pauk? Lauk-pauk hewani tak mempunyai nilai indeks glikemik karena tidak mengandung karbohidrat di dalamnya. Namun tetap saja Anda sebaiknya memilih sumber protein hewani yang mengandung lemak tidak jenuh yang lebih banyak.

Bagaimana dengan snack?

Mungkin selama ini hal yang Anda dengar penderita diabetes sebaiknya tidak ngemil, karena hanya akan membuat kadar gula darah dan berat badannya naik. Tapi, faktanya Anda tetap bisa snacking kok, meski memiliki diabetes.

Anda harus memilih snack yang sehat dan aman, yang tidak akan membuat gula darah naik dengan cepat. Tak perlu bingung memilih snack sehat yang punya indeks glikemik rendah, pilihlah yang memiliki indeks glikemiks kurang dari 50 dan memiliki protein tinggi, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Snack sehat ini, bisa dikonsumsi dua jam sebelum makan, jadi membuat Anda tidak makan karbohidrat berlebihan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca