Hidup dengan diabetes? Anda tidak sendiri. Ikut komunitas kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Jenis Ikan yang Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes dan Manfaatnya

Jenis Ikan yang Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes dan Manfaatnya

Siapa yang hobi makan ikan? Tak hanya rasanya yang lezat, ikan juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kabar baiknya, hal ini juga berlaku pada pasien diabetes (diabetesi), lho! Lantas, seberapa baik manfaat ikan untuk penderita diabetes dan apa jenis ikan yang bisa dipilih? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Manfaat makan ikan untuk penderita diabetes

Sejak dulu, Anda mungkin sudah tidak asing lagi menyantap ikan sebagai salah satu menu makanan sehari-hari.

Rasanya yang enak menjadikan ikan sebagai pilihan lauk yang mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan, mulai dari digoreng, dikukus, hingga dibakar.

Selain itu, ikan dikenal kaya manfaat baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Pasalnya, makanan laut alias seafood memang merupakan sumber vitamin dan mineral yang bergizi.

Nah, bagi Anda yang mengidap diabetes, ikan termasuk dalam salah satu makanan yang direkomendasikan untuk pasien diabetes, lho!

Seperti apa pengaruhnya mengonsumsi ikan untuk penderita diabetes?

1. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Manfaat pertama yang bisa didapat adalah memelihara kesehatan jantung Anda.

Tahukah Anda bahwa pengidap diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung dibanding dengan orang sehat?

Ya, tak hanya memengaruhi gula darah, diabetes juga meningkatkan aliran darah. Hal ini dapat memicu tekanan darah tinggi yang nantinya berisiko menyebabkan masalah jantung.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Makan ikan, terutama yang tinggi akan asam lemak omega-3, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung akibat diabetes.

Situs American Heart Association merekomendasikan Anda untuk makan ikan 2 kali seminggu demi jantung yang sehat.

Bahkan, akan lebih baik lagi jika Anda memilih ikan dengan kandungan omega-3.

2. Mengurangi risiko peradangan

Ikan juga memberi manfaat lain berupa penurunan risiko peradangan untuk penderita diabetes.

Orang dengan diabetes tidak dapat memproduksi atau menggunakan insulin dalam tubuh dengan baik. Hal ini dapat berdampak pada risiko peradangan yang lebih besar.

Kandungan DHA dan EPA, yakni jenis omega-3 yang ada di ikan, dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari peradangan, terutama pembuluh darah yang langsung berdampak pada kondisi jantung.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Sebagai pengidap diabetes, Anda tentu harus waspada dengan apa yang akan Anda konsumsi. Salah makan sedikit saja bisa berpengaruh pada kadar gula darah Anda.

Untungnya, konsumsi ikan tidak berpengaruh banyak pada kadar gula darah. Bahkan, ikan berpotensi membantu mengendalikannya.

Sebuah studi dari The British Journal of Nutrition meneliti efek konsumsi ikan berlemak pada 68 orang dewasa dengan obesitas.

Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi ikan berlemak mengalami penurunan kadar gula darah dibanding dengan partisipan yang makan ikan tanpa lemak.

Jenis ikan yang baik untuk penderita diabetes

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja manfaat mengonsumsi ikan bagi pasien pengidap diabetes.

Tak hanya baik untuk kestabilan gula darah, ikan juga mengurangi risiko penyakit jantung akibat diabetes dan peradangan parah.

Lalu, apa saja jenis ikan yang baik dikonsumsi pengidap diabetes?

1. Salmon

manfaat ikan salmon untuk kulit

Ikan salmon terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya yang tergolong tinggi.

Dengan makan ikan salmon, Anda bisa terhindar dari risiko komplikasi akibat diabetes.

2. Tuna

kandungan dan manfaat tuna

Selain salmon, ikan tuna juga baik untuk dikonsumsi pasien penderita diabetes.

Serupa dengan ikan salmon, tuna juga diperkaya dengan omega-3 yang baik untuk mengurangi peradangan dan menjaga kadar gula darah.

Namun, hati-hati dalam memilih ikan tuna yang akan Anda konsumsi. Pasalnya, beberapa jenis tuna mungkin telah terkontaminasi zat berbahaya yang berasal dari limbah.

3. Ikan makarel dan kembung

gambar ikan kembung, sajian ikan yang kaya akan omega-3 dan nutrisi

Jenis ikan lainnya yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah ikan makarel dan ikan kembung.

Keduanya berasal dari famili Scombridae yang juga masih bersaudara dengan ikan tuna.

Baik ikan makarel maupun kembung sama-sama memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan protein yang tinggi.

Hal ini tentunya akan berdampak baik pada kesehatan jantung, pembuluh darah, serta kadar gula darah Anda.

Nah, itulah manfaat dan jenis ikan yang baik dikonsumsi oleh pasien diabetes. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, disarankan Anda mengonsumsi ikan dengan cara direbus, dikukus, atau dibakar.

Menambahkan terlalu banyak minyak dan bumbu lainnya justru akan mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Ditambah lagi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi ikan secara berlebihan.

Untuk tahu porsi dan seberapa sering Anda boleh menyantap ikan dalam seminggu, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Anda atau keluarga hidup dengan diabetes?

Anda tidak sendiri. Ayo gabung bersama komunitas pasien diabetes dan temukan berbagai cerita bermanfaat dari pasien lainnya. Daftar sekarang!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5. Lifestyle Management: Standards of Medical Care in Diabetes—2019. (2018). Diabetes Care, 42(Supplement 1), S46-S60. https://doi.org/10.2337/dc19-S005

Xun, P., & He, K. (2012). Fish Consumption and Incidence of Diabetes: Meta-analysis of data from 438,000 individuals in 12 independent prospective cohorts with an average 11-year follow-up. Diabetes Care, 35(4), 930-938. https://doi.org/10.2337/dc11-1869

Karlström, B., Järvi, A., Byberg, L., Berglund, L., & Vessby, B. (2011). Fatty fish in the diet of patients with type 2 diabetes: comparison of the metabolic effects of foods rich in n–3 and n–6 fatty acids. The American Journal Of Clinical Nutrition, 94(1), 26-33. https://doi.org/10.3945/ajcn.110.006221

Rylander, C., Sandanger, T., Engeset, D., & Lund, E. (2014). Consumption of Lean Fish Reduces the Risk of Type 2 Diabetes Mellitus: A Prospective Population Based Cohort Study of Norwegian Women. Plos ONE, 9(2), e89845. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0089845

Chewcharat, A., Chewcharat, P., Rutirapong, A., & Papatheodorou, S. (2020). The effects of omega-3 fatty acids on diabetic nephropathy: A meta-analysis of randomized controlled trials. PLOS ONE, 15(2), e0228315. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0228315

Helland, A., Bratlie, M., Hagen, I. V., Mjøs, S. A., Sørnes, S., Ingvar Halstensen, A., Brokstad, K. A., Sveier, H., Rosenlund, G., Mellgren, G., & Gudbrandsen, O. A. (2017). High intake of fatty fish, but not of lean fish, improved postprandial glucose regulation and increased the n-3 PUFA content in the leucocyte membrane in healthy overweight adults: a randomised trial. The British journal of nutrition, 117(10), 1368–1378. https://doi.org/10.1017/S0007114517001234 

Bowen, K. J., Harris, W. S., & Kris-Etherton, P. M. (2016). Omega-3 Fatty Acids and Cardiovascular Disease: Are There Benefits?. Current treatment options in cardiovascular medicine, 18(11), 69. https://doi.org/10.1007/s11936-016-0487-1 

Kondo, K., Morino, K., Nishio, Y., Kondo, M., Nakao, K., Nakagawa, F., Ishikado, A., Sekine, O., Yoshizaki, T., Kashiwagi, A., Ugi, S., & Maegawa, H. (2014). A fish-based diet intervention improves endothelial function in postmenopausal women with type 2 diabetes mellitus: a randomized crossover trial. Metabolism: clinical and experimental, 63(7), 930–940. https://doi.org/10.1016/j.metabol.2014.04.005 

Zanetti, M., Grillo, A., Losurdo, P., Panizon, E., Mearelli, F., Cattin, L., Barazzoni, R., & Carretta, R. (2015). Omega-3 Polyunsaturated Fatty Acids: Structural and Functional Effects on the Vascular Wall. BioMed research international, 2015, 791978. https://doi.org/10.1155/2015/791978 

Fish and Omega-3 Fatty Acids – American Heart Association. (2017). Retrieved May 5, 2021, from https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/fats/fish-and-omega-3-fatty-acids 

Protein – American Diabetes Association. (n.d.). Retrieved May 5, 2021, from https://www.diabetes.org/healthy-living/recipes-nutrition/eating-well/protein 

Go Heart-Healthy – American Diabetes Association. (n.d.). Retrieved May 5, 2021, from https://www.diabetes.org/healthy-living/recipes-nutrition/meal-planning/go-heart-healthy 

What superfoods are good for diabetes? – American Diabetes Association. (n.d.). Retrieved May 5, 2021, from https://www.diabetes.org/healthy-living/recipes-nutrition/eating-well/diabetes-superfoods 

Diabetes and Your Heart – CDC. (2020). Retrieved May 5, 2021, from https://www.cdc.gov/diabetes/library/features/diabetes-and-heart.html 

Fish – Diabetes.co.uk. (2019). Retrieved May 5, 2021, from https://www.diabetes.co.uk/food/fish.html

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 08/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.