Diabetes yang ditandai dengan kenaikan insulin dan kadar gula darah dapat memicu berbagai kerusakan organ dan gangguan fungsi tubuh. Akibatnya, daya tahan tubuh (sistem imun) Anda menurun. Anda pun jadi lebih rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Apakah hal ini bisa diatasi? Simak tips-tips meningkatkan daya tahan tubuh bagi orang diabetes berikut ini.

Kenapa diabetes membuat daya tahan tubuh melemah?

Daya tahan tubuh orang dengan diabetes, khususnya diabetes tipe 2, rentan menurun sebab tubuh mengalami peradangan kronis. Ini terjadi akibat peningkatan sitokin yang dipicu oleh penggunaan hormon insulin yang tidak efektif atau karena resistensi insulin. Penurunan daya tahan tubuh membuat Anda tak mampu menangkal penyakit dengan optimal. Selain itu, gangguan aliran darah karena sudah kebanyakan kadar gula membuat tubuh orang diabetes lebih rentan mengalami infeksi.

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh bagi orang diabetes?

1. Atur asupan karbohidrat dan kalori

Kenaikan kadar gula darah merupakan hal yang paling sering dialami oleh penderita diabetes. Terutama setelah mengonsumsi makanan tertentu. Itulah sebabnya pengendalian kadar gula darah dengan membatasi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi merupakan hal penting bagi orang diabetes.

Karbohidrat sederhana seperti dari makanan dan minuman manis, nasi putih, serta olahan tepung merupakan jenis makanan dengan kandungan kalori yang cukup tinggi dan bisa menaikan kadar gula darah dengan cepat.

Jadi, pastikan Anda tidak kebanyakan makan karbohidrat yang cepat meningkatkan gula darah. Selalu seimbangkan porsi makan Anda dengan sumber protein, vitamin, serat, dan mineral. Misalnya dari telur, sayur, dan buah. Anda bisa minta bantuan ahli gizi untuk menentukan seberapa porsi makan yang tepat dan apa saja nutrisi yang harus dipenuhi.

2. Konsumsi makanan penambah imun

Berikut beberapa bahan makanan yang dapat Anda tambahkan ke menu harian untuk menjaga daya tahan tubuh

  • Bawang bombai dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan kuman penyebab penyakit dan mencegah infeksi.
  • Jamur juga mengandung antioksidan tinggi sekaligus berperan sebagai antivirus dan antibakteri alami. Di samping itu, jamur mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan untuk daya tahan tubuh seperti mineral selenium dan tembaga serta vitamin B.
  • Yogurt memiliki kandungan utama bakteri baik yang merangsang kerja sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan penyakit.
  • Jahe merah adalah bahan makanan dengan kandungan antiradang yang cukup tinggi. Kandungan jahe merah juga diketahui membantu mengeluarkan racun yang mengganggu kekebalan tubuh.

3. Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa menurunkan kekebalan tubuh orang diabetes. Pasalnya, kurang tidur akan mengacaukan keseimbangan hormon dan zat kimia lainnya dalam tubuh yang berperan penting dalam menjaga sistem imun. Tidur yang cukup juga akan membantu memperbaiki kerusakan pada beragam sel serta jaringan tubuh.

4. Olahraga teratur

Rutin berolahraga merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Maka, orang diabetes sangat dianjurkan untuk berolahraga secara teratur atau selalu aktif bergerak. Olahraga dengan intensitas yang rendah sekalipun mampu meningkatkan asupan oksigen dan melancarkan aliran darah. Olahraga secara teratur juga diperlukan untuk mencegah kegemukan, mengatasi gangguan tidur, dan mengendalikan stres.

5. Berhenti merokok dan batasi konsumsi minuman beralkohol

Merokok dapat meningkatkan kerentanan saluran pernapasan terhadap infeksi bakteri serta gangguan pada pembuluh darah.

Sedangkan alkohol dapat mengganggu daya tahan tubuh karena dapat menekan kerja sistem imun. Karena itu, usahakan untuk berhenti merokok dan jangan minum minuman alkohol secara berlebihan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca