Daftar Makanan Bebas Gula untuk Anda yang Sedang Diet Gula

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Siapa yang tidak suka cokelat, permen, atau donat? Wah, makanan yang manis dan enak tersebut memang digemari banyak orang, termasuk Anda. Sayangnya, bisa berefek buruk jika dimakan terlalu banyak. Misalnya, gigi berlubang, jerawat bertambah banyak, dan bisa membuat berat badan Anda naik. Dalam jangka panjang, risiko penyakit kronis, seperti diabetes juga bisa Anda dapatkan.

Nah, itulah sebabnya Anda harus memerhatikan kembali makanan mengandung gula yang sering Anda konsumsi. Beberapa makanan bebas gula berikut bisa membantu Anda yang menjalani diet bebas gula.

Berbagai macam makanan bebas gula

Tubuh membutuhkan energi setiap hari untuk melakukan berbagai aktivitas. Energi tersebut dihasilkan dari karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Karbohidrat menjadi sumber utama untuk energi, sementara lemak dan protein menjadi energi cadangan.

Saat menjalani diet rendah gula, berarti Anda mengganti sumber energi tubuh dari makanan yang mengandung lemak atau protein. Berikut daftar makanan yang mengandung bebas gula.

1. Daging segar

ayam probiotik

Daging sapi, domba, kalkun, ayam tidak mengandung gula apabila masih segar dan tidak diproses. Bukan daging yang sudah dikemas, seperti sosis, bakso, atau pun daging asap. Daging yang dikemas biasanya sudah ditambahkan gula untuk menambah rasa sekaligus pengawet. Begitu juga dengan cara pengolahan, contohnya dilapisi tepung roti akan ada tambahan karbohidrat dari gula.

Bila Anda melakukan diet rendah gula, Anda akan mendapatkan karbohidrat dari lemak dan protein pada daging. Banyaknya karbohidrat pun tergantung dari jenis daging hewan yang Anda makan. Anda bisa menikmati daging sapi tanpa lemak atau daging ayam yang lebih sehat.

2. Ikan segar

kulit ikan salmon

Ikan segar tidak mengandung karbohidrat dan gula, tetapi kaya dengan protein. Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak tidak jenuh, yaitu omega 3 yang penting untuk menjaga kesehatan jantung, fungsi otak, dan kadara kolesterol. Asam lemak tidak jenuh ini terdapat pada ikan tuna, salmon, atau teri.

Tapi ingat hanya ikan segar saja yang bebas gula, ikan yang dikemas dalam kaleng atau diproses dengan dilapisi tepung sudah mengandung karbohidrat tambahan dari gula.

3. Sayur-mayur

sayur rendah karbohidrat

Kentang atau labu merupakan jenis sayur yang memang memiliki kandungan gula alami cukup tinggi. Namun, tidak lantas membuat semua sayur memiliki kadar gula alami yang sama. Ada beberapa sayur yang memiliki kurang dari 1 gram gula per 50 gram beratnya. Sangat kecil, bukan?

Beberapa sayuran tersebut adalah kembang kol, seledri, terong, kubis, asparagus, selada, jamur, lobak, tomat, bayam, buncis, brokoli, dan mentimun. Semua sayuran tersebut mengandung vitamin, mineral, serat, dan air yang membantu tubuh untuk mengatur keseimbangan gula darah.

Bahkan, penderita diabetes bebas mengonsumsi sayuran-sayuran tersebut dalam menu makanan atau camilan, menurut American Diabetes Association, speerti dilansir dari Live Strong.

4. Kacang-kacangan

kacang panggang

Kacang-kacangan yang tidak diproses merupakan makanan bebas gula yang tinggi kandungan lemak tak jenuh ganda. Bahkan, mudah untuk dikombinasikan pada makanan lain, seperti salad, topping yogurt, bahkan untuk camilan.

Kacang-kacangan yang sudah dikemas biasanya ditambahkan gula atau garam dan kandungan minyaknya sudah dikeluarkan. Beberapa kacang yang rendah gula meliputi kacang almond, kacang hazelnut, atau kacang walnut.

Perhatikan juga cara mengolah makanan dan minuman yang bisa memengaruhi jumlah gula

Walaupun ikan, daging, sayur, dan kacang-kacangan itu merupakan makanan bebas gula. Saat diolah atau dimasak, Anda tidak mungkinkan tidak ingin menambahkan rasa asin, pedas, asam, tentunya rasa manis pada makanan tersebut. Tenang saja, Anda tetap bisa menambahkan rasa manis dengan gula rendah kalori.

Untuk menggoreng ikan dan daging atau menumis sayur, sebaiknya gunakan minyak zaitun. Begitu pun dengan kopi atau teh, Anda bebas memilih untuk tidak menggunakan pemanis atau menggunakan pemanis tambahan yang rendah kalori.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca